Advertorial

Sering Tidak Disadari, Ini 4 Kesalahan Menggunakan Produk SPF yang Banyak Dilakukan

Sebagai wanita yang tinggal di negara tropis, sinar matahari sepertinya sudah menjadi makanan sehari-hari. Apalagi kalau kamu setiap hari harus mengejar kendaraan umum untuk berangkat ke kantor sampai hangout bareng teman.

Tidak aneh, demi menjaga kelembaban kulit wajah dari paparan sinar matahari, kaum wanita selalu menyiapkan “senjata” di tas kesayangan, mulai dari pelembab wajah dengan UV protection, bedak kulit wajah, hingga sunblock dan produk ber-SPF lainnya.

Tapi walaupun begitu, banyak wanita yang suka skip dengan beberapa langkah yang justru malah membuat SPF tersebut tidak bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, kali ini kami ingin mengajak kamu untuk memahami beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para wanita ketika menggunakan produk SPF!

Tak Menggunakan Jumlah yang Cukup

Tahukah kamu, terkadang tanda disadari kamu tidak menggunakan jumlah SPF yang cukup pada tubuhmu. Kalau bingung bagaimana takaran menggunakan SPF? Cobalah ambil gelas kecil dari liquor cabinet dan perhatikan ukurannya. Itulah jumlah yang kamu butuhkan untuk menutupi sekujur tubuh.

Satu lagi nih, jangan lupa untuk menggunakan produk ber-SPF pada wajahmu sebelum berdandan, ya. Walaupun ada banyak produk makeup yang sudah dilengkapi dengan SPF, tak semuanya dapat melindungi kulitmu secara maksimal. Jadi pastikan kamu menggunakan produk ber-SPF seperti sunblock untuk melindungi wajah cantikmu.

Tidak Mengaplikasikan Ulang

Banyak wanita yang berpikiran mengoleskan sunblock dan sunscreen tidak perlu berkali-kali. Biasanya, kamu hanya menggunakannya saat akan pergi, betul kan? Padahal sebenarnya kamu harus mengaplikasikan ulang SPF tersebut sesuai dengan jumlah SPF yang disediakan.

Misalnya saja jika sunblock-mu SPF 30 kamu harus mengaplikasikannya kembali setelah 300 menit penggunaan. Jumlah SPF yang tertera itu bukan ketebalan proteksi ya, tapi seberapa lama sunblock tersebut bisa menjaga kulit cantikmu dari dampak sinar UV.

Membeli SPF yang Salah

Produk ber-SPF tinggi seperti sunblock dan sunscreen berfungsi untuk melindungimu dari sinar UVB, atau sinar matahari yang membuat kulitmu terbakar. Perlu diingat bahwa SPF tidak melindungi kulitmu dari sinar UVA, atau sinar yang menyebabkan penuaan dini.

Sedangkan angka SPF yang tertera tidak ada hubungannya dengan sekuat apa sunblock dan sunscreen tersebut dapat melindungi kulitmu. Sunblock dengan SPF 100 sekalipun tidak akan mencegah sinar matahari merusak kulitmu. Kekuatan dari SPF 100 sendiri hanya sampai 98%, jadi sebenarnya tidak benar-benar bulat 100 persen.

Nah, untuk lotion yang memiliki SPF 30, akan melindungi kulitmu hingga 95% dari sinar UV. Lalu, tak ada sunscreen dan sunblock yang sebenarnya memberikan perlindungan sempurna. Maka pilihlah tipe board spectrum sunscreen, yang menjaga kulit dari kedua tipe sinar UV. Sehingga kamu bisa melindungi kulitmu dari dampak sinar Ultraviolet yang jahat.

Tidak Menggunakan SPF Karena Berada Dalam Ruangan

Banyak yang tidak menyadari bahwa produk dengan SPF juga bermanfaat bahkan ketika kamu berada dalam sebuah ruangan. Jendela memberikan akses masuk untuk sinar UV dalam ruangan. Jadi, wajib hukumnya untuk memberikan perlindungan terhadap kulit walaupun kamu berada dalam ruangan sekalipun.

Tak hanya sinar UV, cahaya dari komputer dan smartphone bisa membuat kulitmu menjadi kusam. Selain di dalam, gunakanlah sunblock saat sedang mengemudi sangatlah penting. Sinar UV mampu menembus kaca mobil dan biasanya hanya mengenai sebagian sisi tubuh.

Baca juga: Tips Melakukan Facial Untuk Wajah Jerawatan

Pada dasarnya produk dengan SPF memang berfungsi untuk melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Tapi perlu diperhatikan juga bahwa belum ada satupun produk yang mampu melindungi kulitmu secara 100 persen. Untuk itu sangat disarankan untuk tidak berada di luar ruangan saat matahari sedang berada di atas kepala (sekitar jam 10.00 – 14.00).

Comments
To Top

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Agroindustri will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.