Industri

5 Aspek Kunci Dalam Melakukan Pelayanan Pelanggan

5 Aspek Kunci Dalam Melakukan Pelayanan Pelanggan

AGROINDUSTRI.ID – Melakukan penjualan terhadap produk hasil industri pertanian maupun jasa di bidang agroindustri sama saja dengan melakukan penjualan produk lain. Setidaknya ada lima aspek penting dalam pelayanan pelanggan yang bisa kita terapkan agar penjualan produk agroindustri bisa lebih berkembang dan optimal karena konsumen yang merasa puas.

 

Aspek Kunci Dalam Pelayanan Pelanggan

 

Pelayanan pelanggan atau customer service merupakan salah satu bagian pokok dalam divisi marketing, boleh percaya atau tidak kelihaian dalam menangani pelanggan menjadi nilai lebih dari sebuah perusahaan dalam menentukan konsumen akan tetap menggunakan produk kita atau beralih ke produk kompetitor, maka dari itu bagi anda para pelaku bisnis yang bergerak di bidang penjualan mulai dari sekarang harus menyadari dan mulai berbenah jika dirasa masih kurang dalam urusan pelayanan pelanggan.

Dalam pelayanan pelanggan setidaknya dikenal memiliki lima aspek kunci, yang pertama yaitu Reliabilitas, yang kedua Assurance, yang ketiga Tangibel, yang keempat Empati, dan yang terakhir Responsif. Pada artikel kali ini kita akan bahas satu persatu kelima aspek kunci dalam pelayanan pelanggan tersebut.

 

  1. Elemen 1 : Reliabilitas 

Aspek ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan apa yang dijanjikan dengan handal dan tepat serta akurat, misalnya apakah ketika kita berlanggan akses internet cepat Speedy, mereka mampu memberikan layanan sesuai dengan yang diiklankan yakni cepat, dan koneksi tidak pernah putus, atau saat kita menawarkan penjualan dengan metode pengiriman satu hari kerja. untuk mampu memenuhi aspek reliabilitas maka langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • 1) Memastikan bahwa kita telah mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan benar
  • 2) Menjanjikan hanya apa yang dapat kita berikan dan
  • 3) Menindaklanjuti untuk memastikan bahwa produk dan service telah diberikan sesuai dengan janji

 

  1. Elemen 2 : Assurance

Aspek assurance ini mencerminkan kemampuan untuk memberikan sesuatu yang dapat dipercaya (terjamin keandalannya).Strategi tindakan untuk mengembangkan assurance adalah : berikan layanan yang asertif dengan menggunakan teknik komunikasi yang positif dan menjelaskan produk dan service secara tepat, contohnya jaminan halal, jaminan keamanan pangan.

 

  1. Elemen 3 : Tangibel

Aspek Tangibel ini berkaitan dengan aspek fasilitas fisik/peralatan serta penampilan personal dari penyedia layanan, strategi tindakan yang layak dilakukan antara lain adalah menjaga ruang kerja apalagi yang langsung berhadapan dengan pelanggan agar tetap rapi. Lalu susunlah barang-barang dengan teratur serta berperilaku dan berpakaian secara profesional.

 

  1. Elemen 4 : Empati

Aspek empati ini berkaitan dengan tingkat kepedulian dan perhatian individu yang diberikan kepada pelanggan. Dalam pelayanan pelanggan trategi tindakan yang dapat dilakukan antara lain adalah

  • 1. Mendengarkan secara aktif pesan yang disampaikan pelanggan;
  • 2. Menempatkan diri anda dalam posisi mereka
  • 3. Merespon secara tepat guna menjawab keinginan yang menjadi perhatian mereka.

 

  1. Elemen 5 : Responsif

Aspek responsif ini mencerminkan kemampuan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang cepat atau responsif. Agar kita mampu bersikap responsif, maka kita perlu menampilkan sikap positif atau can-do attitude serta mengambil langkah dengan segera untuk membantu pelanggan, dan memenuhi kebutuhan mereka.

Kamu suka artikel seperti ini? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Informasi Industri Pertanian Indonesia

 

Comments
To Top