Connect with us

Agrowisata

Kampung Cokelat Blitar, Agrowisata Perkebunan & Pengolahan Cokelat

kampung cokelat blitar

AGROINDUSTRI.ID – Kampung Cokelat Blitar merupakan salah satu tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Tempat wisata ini tergolong unik, karena beda dengan jenis tempat wisata yang lainnya. tempat wisata ini sangat terkenal di Blitar.

Banyak kegiatan sehari-hari yang menguras pikiran dan tenaga membuat kita harus memenuhi kebutuhan jiwa untuk berekreasi. Mendapatkan suasana baru di tempat yang menarik dan nyaman. Dengan berekreasi, kita bisa mendapatkan kepuasan jiwa. Karena secara tidak langsung, pikiran kita akan refresh kembali. Menikmati tempat yang nyaman bersama teman atau keluarga semakin menambah indahnya rekerasi.

Kebanyakan orang akan memilih tempat wisata dengan suasana yang hijau. Ini dikarenakan kepenatan akan keramaian kota sudah kita rasakan setiap hari. Perasaan jenuh tentu selalu menghantui setiap harinya. Maka dari itu, daerah dataran tinggi seperti pegunungan menjadi salah satu tempat yang banyak dipilih orang-orang untuk berekreasi. Selain itu, air terjun, perbukitan, taman hutan, pantai, dan beberapa tempat rekereasi alam lainnya juga menjadi pilihan utama untuk rekreasi.

Kampung Cokelat Blitar

Agrowisata Kampung Cokelat ini terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Tepatnya adalah di Jalan banteng Blorok nomor 18 Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan. Kampung Cokelat Blitar adalah nama yang sangat dikenal oleh masyarakat Blitar dan sekitarnya. Di tempat ini, kita bisa menyegarkan pikiran dengan mengenal buah cokelat lebih dekat. Selain itu kita juga bisa melihat hamparan kebun cokelat yang sangat luas serta menikmati buah maupun olahan cokelat langsung di kebunnya.

Ada salah satu hal unik yang membuat Kampung Cokelat Blitar berbeda dengan tempat wisata yang lainnya, yaitu kita bisa bersantai di café cokelat dengan menikmati cokelat panas di bawah pohon cokelat langsung. Sensasi berlibur yang sangat menyenangkan dan sudah pasti akan membuat rekreasi bersama dengan keluarga lebih berkualitas.

Untuk masuk ke tempat wisata Kampung Cokelat Blitar ini, kita hanya akan dipungut biaya Rp5.000. Sangat terjangkau mengingat selain berwisata kita juga akan mendapatkan ilmu baru serta wawasan tentang tanaman cokelat. Kita pun bisa membeli oleh-oleh olahan cokelat dari kebun seluas 750 meter persegi ini.

Sejarah dan Inspirasi Berdirinya Kampung Cokelat

Berawal dari kegagalan berternak yang dialami oleh Bapak Kholid Mustofa, pencetus tempat wisata Kampung Cokelat. Beliau pun mulai melirik usaha perkebunan cokelat. Sehingga beliau memutuskan untuk membuka kebun cokelat dan mulai menekuninya.

Hasil awalnya pun sangat menjanjikan, tidak sampai disitu. Kemudian beliau rajin mengikuti pelatihan-pelatihan tentang tata cara berkebun cokelat yang baik. Selanjutnya ilmu yang didapatkannya itu ditularkan kepada rekan-rekannya. Sehingga banyak rekannya yang juga sukses menjadi pekebun cokelat.

Karena banyaknya orang yang sudah berhasil membuka kebun cokelat di bawah bimbingan bapak Kholid, kemudian dicetuskan untuk membuka sebuah tempat wisata pertanian atau yang lebih dikenal dengan istilah Agrowisata yang bernuansa edukasi, hingga saat ini dikenal dengan nama Kampung Cokelat Blitar atau kampung cokelat kademangan ini.

Inspirasi besar tersirat dari kisah Bapak Kholid yang pantang menyerah dan telah berhasil bangkit dari kegagalannya. Kini tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan lokal mapun wisatawan dari luar kota.

 

kampung cokelat kademangan blitar

Kampung cokelat kademangan blitar

Jam buka Kampung Cokelat Blitar

Alamat: Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Jl. Banteng – Blorok No. 18, Kademangan, Blitar, Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur 66161, Indonesia

Jam Buka: 07.00 WIB – 16.00 WIB.

Tiket Masuk Kampung Cokelat: Rp5,000

Peta Lokasi Kampung Cokelat Kademangan Blitar

Di Kampung Cokelat Blitar ini, kita bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang cokelat. Mulai dari proses penanamannya, berbagai jenis tanamannya, cara mengolah cokelatnya, dan berbagai jenis produk olahannya. Selain itu, lidah kita juga akan dimanjakan dengan banyaknya olahan cokelat yang tersedia di kampung cokelat kademangan Blitar ini, rasanya sangat nikmat dan menggugah selera. Dijamin ketika mengunjungi Kampung Cokelat Blitar ini, kita pasti tidak ingin segera pulang. Tempat dan suasananya yang nyaman akan membuat kita betah tinggal berlama-lama untuk sekedar menikmati udara kebun cokelat dan lezatnya olahan cokelat.

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Agrowisata