Peternakan

Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Terpal & Sistem Booster

cara budidaya ikan lele sistem booster ed
Foto: Superstock

AGROINDUSTRI.ID – Kolam terpal dan kolam budidaya ikan lele dengan sistem booster merupakan dua cara budidaya ikan lele alternatif dengan hasil yang cukup efektif dan efisien, maka dari itu tidak mengherankan jika banyak yang mencari informasi cara menerapkan sistem budidaya ini melalui internet.

Ikan lele mempunyai banyak vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama sebagai sumber energi. Ikan lele berfungsi membersihkan air kotor pada kolam, serta dapat membasmi sumber penyakit yang berasal dari nyamuk. Lele mempunyai beberapa jenis yaitu; lele Jumbo, Lele kampung, dan lele sangkuriang.

Cara Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Terpal

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat hidup dalam keadaan air yang jernih maupun keruh. Untuk membudidaya ikan lele sangat mudah dan menguntungkan. Untuk memelihara ikan lele tidak membutuhkan tempat yang luas, anda bisa menggunakan sebagian lahan di sekitar rumah anda.

Baca Juga: Pertanian Minapadi, Cara Kreatif dan Efektif Bertani

Berikut ini Cara budidaya ikan lele atau ternak lele dengan kolam terpal:

• Mempersiapkan terpal

Luas kolam terpal harus disesuaikan dengan jumlah bibitnya, untuk kolam ukuran 2,5×3 meter dapat menampung bibit lele dengan jumlah sekitar 300 ekor ikan lele. Penyesuaian luas kolam diperlukan agar lele dapat berkembang biak serta bergerak dengan leluasa dan agar mudah saat melakukan panen

• Perawatan

Perawatan ikan lele cukup mudah, hanya dengan memberinya pakan secara rutin. Keadaan air tidak mempengaruhi keadaan ikan lele, karena ikan lele dapat hidup pada air keruh bahkan d alam keadaan tanpa adanya air mengalir.

• Alat panen

Budidaya ikan lele tergolong mudah dan cepat saat melakukan panen. Untuk melakukan panen membutuhkan alat-alat untuk menangkap ikan lele seperti; kayu, papan, terpal, dan kerangka besi. Alat-alat tersebut dibutuhkan untuk memudahkan saat panen.

Budidaya Ikan Lele Dengan Sistem Booster

Cara lain membudidayakan ikan lele adalah dengan sistem booster, cara ini sangat mudah dan efektif, karena akan mendapatkan hasil panen yang banyak. Berikut ini merupakan budidaya ikan lele dengan sistem booster:

• Membangun konstruksi kolam

Kolam booster merupakan kolam buatan yang berbentuk bulat, dibuat dari bahan besi kemudian di buat dengan desain central drain. Desain ini bahan-bahan organik bisa terkumpul di tengah titik kolam, sehingga air akan mudah untuk dibuang.

• Manajemen Pengairan

Dalam menggunakan sistem booster untuk budidaya ikan lele manajemen air sangat diperhatikan. Caranya dengan membuka central drain yang berada pada tengah titik kolam saat air sudah kotor. Penggantian air harus dengan volume yang sedang saja, ini bertujuan untuk menghilangkan virus atau penyakit yang akan menyerang lele

• Managemen pakan

Budidaya ikan lele sistem booster harus memperhatikan pakan ikan lele, ini karena pakan berpengaruh terhadap hasil panen. Pemberian pakan bisa dengan menerapkan sistem adibitum, yaitu sistem dengan mengatur jumlah pakan dengan menambah multivitamin dan suplemen sesuai ukuran secara rutin agar proses pencernaan ikan lele dapat teratur, sehingga pertumbuhan ikan lele dapat meningkat.

Penjualan ikan lele relatif stabil dengan harga yang cukup rendah, sehingga hal ini yang menjadi kendala budidaya ikan lele. Kisaran harga ikan lele hanya seharga Rp. 16.000 sampai Rp. 20.000 per kilogram dari petaninya langsung. Dan untuk harga ikan lele di pasaran seharga Rp. 25.000 sampai Rp. 30.000 per kilo gram.

Mesin Pemilah Ukuran Ikan Lele Otomatis

mesin pemilah ukuran ikan lele otomatis agroindustri

Mesin pemilah ukuran ikan lele otomatis.

mesin pemilah ikan lele otomatis

Ikan lele tersortir secara otomatis sesuai ukuran.

Keuntungan dari budidaya ikan lele yaitu;

o Hanya membutuhkan tempat yang berukuran kecil, sesuai dengan jumlah bibit

o Pemeliharaannya sangat mudah, karena dapat hidup pada lingkungan apa pun dan dengan jenis tanah bagaimana pun. Dengan budidaya ikan lele menggunakan terpal juga membutuhkan biaya yang murah

o Dalam pengeringan dan penggantian air sangat mudah

o Perkembangan dari ikan lele sangat mudah dan cepat

o Menghasilkan panen yang banyak.

o Jika akan melakukan pemindahan kolam, ikan lele dapat dipindahkan dengan mudah, karena ikan lele tidak sensitif dengan pergerakan atau udara bebas.

Demikian pengetahuan tentang cara budidaya ikan lele yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Menjadikan budidaya ikan lele sebagai bisnis sangat menguntungkan, karena cara budidayanya mudah dan hasil panennya banyak, perawatannya pun juga terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan budidaya ikan jenis lain.

Comments
To Top