Connect with us

Dreamspark

Cara Mendapatkan Lisensi Windows 10 Gratis Bagi Mahasiswa UGM

Cara Mendapatkan Lisensi Windows 10 Gratis Bagi Mahasiswa UGM

AGROINDUSTRI.ID – Penerapan teknologi dikalangan kampus atau akademik di Indonesia ternyata mendapat dukungan penuh dari salah satu raksasa software asal amerika Microsoft. Melalui salah satu program yang ditujukan bagi kalangan akademik Microsoft membagikan lisensi windows 10 gratis, tidak hanya satu atau dua software saja tapi puluhan software. Salah satu universitas yang mendapat dukungan dari Microsoft yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Bagi anda civitas akademika Universitas Gadjah Mada anda bisa mendapatkan lisensi resmi produk-produk dari Microsoft secara gratis, Termasuk juga Windows 8.1 dan Windows 10 yang paling baru dirilis.

DreamSpark Untuk Mahasiswa Universitas Brawijaya dan UGM

DreamSpark adalah salah satu program dari raksasa software asal Amerika Serikat Microsoft yang bertugas khusus untuk mendukung kemajuan pendidikan teknis dengan cara menyediakan free akses atau akses gratis ke software-software keluaran Microsoft dengan tujuan pembelajaran, pengajaran, dan penelitian. Microsoft dalam program dreamspark ini sudah ada di Indonesia khususnya Universitas Gadjah Mada sejak tahun 2010 dengan satu lembaga tersendiri bernama Microsoft Developer Network Academic Alliance (MSDNAA) memberikan fasilitas yaitu penggunaan software Microsot secara cuma-cuma alias gratis.

Tidak hanya satu atau dua tapi puluhan produk dapat kita gunakan secara legal berikut dengan serial numbernya. Selain bekerja sama dengan UGM Microsoft melalui program dreamspark juga bekerja sama dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (ITS), Universitas Atma Jaya, Universitas Gunadarma, Universitas MaChung, Universitas Pelita Harapan (UPH), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Bina Nusantara (BINUS), Universitas Brawijaya (UNBRAW), Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Parahyangan (UNPAR), dan masih banyak lagi.

Cara Mendapatkan Lisensi Gratis Dreamspark di Universitas Brawijaya

Disini saya akan menjelaskan cara mendapatkan lisensi gratis Dreamspark yang bekerja sama dengan universitas Brawijaya. untuk informasi bisa dilihat di bits.ub.ac.id/dreamspark

Adapun syarat-syaratnya yaitu:

  1. Merupakan mahasiswa aktif Universitas Brawijaya
  2. Mengikuti seluruh ketentuan penggunaan yang tercantum dalam MICROSOFT DREAMSPARK DIRECT SUBSCRIPTION AGREEMENT  (dapat dilihat disini)
  3. Jika mahasiswa sudah lulus, software masih bisa dipakai sampai lisensi habis dan tidak dapat diperpanjang
  4. Untuk Sistem Operasi (Operating System, Windows 8/8.1/7/Vista/Server/dsb), setiap mahasiswa hanya diperbolehkan mendapatkan satu lisensi.

Daftar Software Yang bisa Diperoleh :

  • Access
  • Groove
  • InfoPath
  • OneNote
  • Project
  • SharePoint Designer
  • Visio
  • Windows 7
  • Windows 8 dan Windows 8.1
  • Windows MultiPoint Server
  • Windows Server
  • Windows Vista
  • Visual Studio

Setelah memahami persyaratan diatas, selanjutnya cara untuk mendapatkan lisensi tersebut. caranya sangat mudah yaitu :

  1. Download ISO software-nya (dapat diunduh disini dengan memasukan NIM dan PASSWORD)
  2. Download MICROSOFT_DREAMSPARK_DIRECT_SUBSCRIPTION_AGREEMENT
  3. Download form Pendaftaran (dapat diunduh dialamat: http://bits.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/02/MICROSOFT_DREAMSPARK_DIRECT_SUBSCRIPTION_AGREEMENT1.doc)
  4. Cetak Microsoft Dreamspark Direct Subscription Agreement dan Form Pendaftaran Pengguna Aplikasi Microsoft DreamSpark menjadi satu halaman bolak-balik.
  5. Serahkan lembar Microsoft Dreamspark Direct Subscription Agreement beserta formulir Pendaftaran Pengguna Aplikasi Microsoft DreamSpark yang sudah ditanda tangani beserta satu lembar foto copy KTM ke PPTI Universitas Brawijaya untuk mendapatkan lisensi resminya. PPTI terletak di gedung rektorat lantai 2 disana anda harus menyerahkan formulir yang telah diisi dan foto copy KTM

Cara Mendapatkan Lisensi Gratis Dreamspark di Universitas Gadjah Mada

Buat kamu mahasiswa UGM yang mau memanfaatkan lisensi Microsoft gratis, simak baik-baik ya. Kalau bisa dapat yang asli, kenapa harus cari crack!!

A. Lisensi Asli Windows

Anda bisa mendapatkan serial key Windows 8.1 atau langsung Windows 10 melalui akun Dreamspark, tapi terlebih dahulu anda harus cek dahulu, karena tidak semua fakultas di Universitas Gadjah Mada bisa mendapat akses Dreamspark Premium. Kalau anda termasuk kedalam fakultas Kedokteran, MIPA, Teknik, serta Teknologi berarti anda beruntung dan bisa mendapatkan lisensi Microsoft Premium, Sedangkan jika anda tidak termasuk dalam fakultas tersebut anda hanya bisa mendapatkan Dreamspark Standar. Jika anda sudah memiliki Windows 7 / 8 / 8.1 yang teraktivasi, anda bisa langsung Upgrade ke Windows 10 secara gratis selamanya.

  1. Dreamspark PREMIUM untuk seluruh mahasiswa Kelompok Farmasi, Kedokteran, Science, Technology, Engineering, atau Mathematics (STEM).
  2. Dreamspark STANDARD untuk selain kelompok mahasiswa pada point no.2.
  3. Singkatnya, Dreamspark PREMIUM bisa mendapatkan serial number untuk sistem operasi Windows 8, Windows 7, Windows xp, visio 2010 dan Visio 2013.
  4. Sedangkan Dreamspark STANDARD HANYA bisa mendapatkan serial number untuk aplikasi VIsual Studio.
  5. Link Download iso Dreamspark melalui KONEKSI LOKAL UGM http://10.55.1.101/dreamspark.
  6. Untuk koneksi luar bisa langsung menuju website dreamspark :
  7. Klik bit.ly/dreamsparkUGM dan search Windows 8, atau Klik untuk langsung menuju link Windows 10 disini
 Lisensi Windows 10 Gratis Bagi Mahasiswa UGM
  • B. Office

Selain lisensi Windows gratis anda juga dapat memiliki lisensi resmi Microsoft Office 2010 atau 2013 asli, Tersedia bagi seluruh fakultas tanpa terkecuali, caranya yaitu:

  1. Kirim email ke [email protected], menggunakan email ugm (WAJIB) dengan format sbb :
  2. – Subject : link office msca for student
  3. – Isi email (konten) sebagai berikut;
  4. nama lengkap :
  5. NIM :
  6. Fakultas :
  7. Versi Office yang diinginkan :(Misal; Office 2013 64bit atau office 2010 32bit. Petugas akan mengirimkan email link download iso dan panduan instalasi office yang diinginkan.

Mahasiswa melakukan instalasi mandiri (baca panduan http://dsdi.ugm.ac.id/blog/2015/03/05/office-2010-atau-office-2013-untuk-mahasiswa/ ). Selesai instalasi, mahasiswa membawa ktm dan laptop yang telah terinstall dengan ms office ke dsdi ugm untuk dilakukan proses aktivasi ms office-nya.

UPDATE SEPTEMBER 2016

Untuk “Cara Mendapatkan Lisensi Gratis Dreamspark di Universitas Gadjah Mada“cara terbaru bisa dilihat di http://layanan.dssdi.ugm.ac.id/tiket/

NB: diharuskan login menggunakan email UGM untuk bisa melihat petunjuk instalasi dan download file .iso nya.

 

AGROINDUSTRI.ID merupakan media yang khusus menyajikan artikel-artikel seputar industri pertanian di Indonesia. Dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan memanfaatkan potensi hasil pertanian yang sampai saat ini belum dikelola secara maksimal.

 

Follow Twitter: @Agroindustri_ID

 

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Dreamspark