Industri

Daftar Nama-Nama Pabrik Kelapa Sawit di Sumatera

daftar pabrik kelapa sawit di Sumatera - agroindustri
Loading Tandan Buah Segar / Shutterstock

AGROINDUSTRI.ID – Menjalankan bisnis perkebunan kelapa sawit memang sangat menjanjikan bagi kehidupan masyarakat Indonesia, baik untuk saat ini ataupun di masa yang akan datang. Maka tidak mengherankan jika saat ini banyak Pabrik Kelapa Sawit di Sumatera yang didirikan oleh masyarakat setempat, terutama yang memiliki lahan pertanian luas dan modal yang besar.

Wilayah-wilayah di Sumatera memang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis kelapa sawit, karena selain masih banyaknya lahan kosong tumbuhan ini juga bisa tumbuh subur di sana. Usaha kelapa sawit juga bisa dibilang menjadi salah satu mesin penggerak perekonomian.

Sektor usaha perkebunan kelapa sawit selain dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan negara juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan minyak nabati, bahkan minyak kelapa sawit hasil produksi Indonesia juga sudah diekspor ke berbagai negara.

Minyak kelapa sawit hasil produksi Indonesia dan Malaysia saat ini bahkan bisa merebut segmen pasar minyak kedelai dan minyak biji bunga matahari hasil produksi Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa, dikarenakan harga minyak sawit yang jauh lebih kompetitif.

Tidak heran jika kelapa sawit beberapa tahun ini begitu mendunia dan menjadi sorotan negara-negara asing. Di wilayah Sumatera sendiri banyak sekali orang yang membudidayakan tanaman ini, mulai dari yang mempunyai lahan sempit sampai yang memiliki lahan luas. Hampir setiap daerah di Sumatera dipenuhi tumbuhan kelapa sawit.

Tidak hanya warga asli saja yang ikut membudidayakan tanaman ini, warga yang tidak berdomisili di Sumatera pun juga banyak yang tergiur untuk mengembangkan bisnis ini. Mereka rela meninggalkan daerah asalnya untuk mencari penghidupan yang layak di perkebunan-perkebunan kelapa sawit yang ada di Sumatera dan Kalimantan.

Usaha perkebunan kelapa sawit begitu digandrungi oleh masyarakat karena keuntungan yang didapatkan begitu besar. Tak heran jika pabrik kelapa sawit di Sumatera begitu menjamur dan jaraknya tidak terlalu jauh antara satu pabrik dengan pabrik lainnya.

Dengan banyaknya pabrik kelapa sawit di Sumatera, menjadikan perekonomian Indonesia semakin maju karena kelapa sawit merupakan komoditas ekspor yang sangat besar di Indonesia.

Kelapa sawit ini sudah diekspor ke berbagai negara tetangga dan negara-negara lain yang membutuhkan. Tentu hal tersebut menjadikan pendapatan dari negara semakin meningkat dan masyarakat pun semakin sejahtera.

Banyaknya orang yang tertarik dengan bisnis ini, menjadikan mereka rela datang jauh-jauh untuk mengunjungi pabrik kelapa sawit di Sumatera guna belajar bagaimana cara mengolah kelapa sawit agar layak jual mulai dari proses awal hingga proses akhir.

Rasa keingintahuan yang tinggi mendorong sebagian orang untuk datang langsung ke pabrik kelapa sawit untuk mempelajari ilmu-ilmu yang bermanfaat dari pengelolaan kelapa sawit, bahkan mereka rela menghabiskan uang dan waktunya hanya untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman.

Maksud dan tujuan dari setiap orang memang berbeda-beda ada yang secara khusus mengunjungi pabrik kelapa sawit untuk belajar cara mengelola tanaman kelapa sawit ada juga yang datang untuk keperluan penelitian karena ada tugas kuliah atau sebagai bahan untuk membuat karya ilmiah.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari daftar nama pabrik kelapa sawit di Sumatera untuk dikunjungi, berikut adalah beberapa diantaranya.

Daftar Nama Pabrik Kelapa Sawit di Sumatera

1. Wilayah Medan

• PTP Nusantara II yang beralamat di Tanjung Mowara, Medan
• PT London Sumatera Tbk yang terletak di Jl.Jend A.Yani no.2 Medan
• PT Sidojadi yang berada di Jl. Malaka No.20 AB, Medan
• PT Satya Kisma Usaha yang beralamatkan di Jl. Monginsidi No.14/16, Medan
• PT Sago Nauli yang terletak di Jl. Glugur No.38, Medan
• PT Karya Hevea Indonesia yang berada di Jl. Alfalah No.18, Medan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kesehatan

2. Wilayah Jambi

• PT Jamer Tulen
• PT Maju Perkasa Sawit
• PT Asiatic Persada
• PT Cipta Prasarti makmur
• PT Indo Kebun Unggul
• PT Tunjuk Langit Sejahtera
• PT Secona Persada
• PT Brahma Bina Bakti
• PT Mega Sawindo
• PT Bukti Kasuar.

Beberapa daftar nama pabrik kelapa sawit di Sumatera tersebut bisa dijadikan referensi tempat yang menarik untuk mencari ilmu mengenai pengolahan kelapa sawit mulai dari proses awal hingga akhir.

Comments
To Top