Kopi

Mengenal Berbagai Jenis Kopi Unggulan Di Indonesia

Jenis Kopi Unggulan

AGROINDUSTRI.ID – Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Berbagai macam jenis kopi unggulan di hasilkan dari Negara agraris ini. Mulai dari kopi dengan tingkat keasaman rendah hingga kopi dengan tingkat keasaman tinggi.

Ya, rasa asam pada kopi inilah yang biasanya akan mempengaruhi perbedaan satu macam kopi dengan kopi lainnya. Dan dari sekian banyak jenis kopi yang dihasilkan oleh petani kopi di Indonesia, ada beberapa yang paling terkenal dan menjadi favorit bagi para penikmat kopi. Berikut ini merupakan 7 macam kopi di Indonesia yang paling terkenal.

7 Jenis Kopi Unggulan di Indonesia

 

1. Kopi Luwak

Salah satu jenis kopi yang memiliki harga tertinggi di Indonesia adalah kopi luwak. Mengapa kopi ini disebut dengan kopi luwak (salah satu nama binatang)? Karena kopi ini telah melalui proses fermentasi alami melalui proses metabolism luwak.

Atau dengan kata lain, kopi luwak adalah kopi yang sebelumnya telah dimakan luwak (namun tak dihancurkan), dan kemudian dikeluarkan sebagai feses dalam bentuk biji kopi utuh.

Nah selama dalam pencernaan luwak inilah kopi akan mengalami fermentasi dan memiliki tingkat keasaman yang sempurna.

2. Kopi Java

Layaknya macam-macam kopi di Indonesia sebelumnya, kopi Java juga merupakan salah satu kopi yang banyak di ekspor ke negara-negara besar di dunia. Dimana rasa khas dari kopi Java yang lembut manis dan berat adalah alasan mengapa kopi ini begitu laris di pasaran dunia.

3. Kopi Sumatera

Dari namanya saja mungkin anda sudah bisa menebak jika macam-macam kopi di Indonesia paling terkenal ini berasal dari pulau Sumatera. Ya, selain sebagai wilayah peghasil tembakau dan kelapa sawit, Sumatera juga merupakan pulau penghasil kopi terbaik di Indonesia. Dimana kondisi geografis Sumatera sangat mendukung untuk perkebunan kopi dan sangat baik untuk menghasilkan tanaman kering seperti kopi ini.

4. Kopi Toraja

Beralih ke daerah di kawasan timur, berikutnya anda bisa menjumpai kopi dengan cita rasa yang begitu menakjubkan di Toraja. Bahkan kopi yang berasal dari salah satu daerah di pulau Sulawesi ini sudah ditetapkan di Jepang dan Amerika sebagai kopi terbaik yang penjualannya harus kepada perusahaan yang terdapat di kedua Negara tersebut.

5. Kopi Kintamani

Berbeda dengan jenis kopi lainnya yang lebih menonjolkan rasa yang berat dan cukup pahit, untuk jenis kopi di Indonesia yang satu ini anda akan merasakan sensasi kopi yang manis dan lembut.

Salah satu keunggulan dari kopi Kintamani adalah proses produksi dan perawatan yang menggunakan bahan organic. Jadi selain nikmat ketika disruput, kopi Kintamani juga sangat sehat.

6. Kopi Lanang

Sesuai dengan namamnya, kopi lanang (dalam bahasa Jawa lanang adalah sebutan untuk seorang pria), dimana macam-macam kopi di Indonesia yang cukup terkenal ini memiliki khasiat khusus yaitu untuk menambah stamina pria.

Kadar kafein yang tinggi dalam kopi lancang menjadi alasan mengapa kopi ini dapat digunakan untuk meningkatkan stamina. Selain itu, kopi lanang juga sangat cocok untuk dikonsumsi di daerah berhawa dingin karena rasa dan ketahanan kopi ini.

7. Kopi Wamena

Kopi Wamena yang tepatnya berasal dari sebuah daerah di Papua ini berjenis kopi arabika. Untuk perawatannya sendiri kopi Wamena menggunakan bahan organic. Sehingga dapat dipastikan selain rasanya yang masih begitu alami, kopi wamena ini juga baik bagi kesehatan.

Itu dia 7 macam-macam kopi di Indonesia yang paling banyak disukai. Dan tak jarang dari beberapa macam kopi tersebut dibandrol dengan harga yang begitu tinggi. Bahkan mencapai jutaan rupiah per kilogramnya. Saat ini pertumbuhan komunitas penggemar kopi di Indonesia menunjukkan tren yang semakin baik, terbukti dengan mulai populernya profesi sebagai barista atau peracik kopi dan menjamurnya berbagai kedai kopi di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan.

Padahal jika dihitung-hitung modal awal membuka coffe shop tidaklah murah, biaya untuk membeli peralatan dan mesin pembuat kopinya sendiri bisa mencapai belasan juta, belum lagi untuk biaya kursus atau sekolah baristanya.

Kopi di Indonesia memang bisa dibilang sudah naik kelas, jika dulu kopi identik dengan teman ngeronda atau begadang, belakangan ini bahkan kopi menjadi semacam gaya hidup atau lifestyle anak-anak muda kekinian yang merasa aktivitasnya belum lengkap jika belum menyeruput secangkir kopi di pagi hari.

Bahkan Starbucks perusahaan minuman kopi asal Amerika Serikat pun dalam daftar top menunya mencantumkan beberapa jenis kopi dari Indonesia yang memang ditanam dan di ekspor langsung dari Indonesia.

Menarik memang melihat perkembangan kopi di Indonesia dari waktu ke waktu, semoga saja dengan mulai berkembang dan dikenalnya kopi asli Indonesia ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan petani kopi di seluruh Indonesia.

Comments
To Top