Opini

Jenis Tanaman Hias Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

tanaman hias

AGROINDUSTRI.ID – Tanaman hias memiliki kegunaan untuk penghias atau memperindah sebuah tempat atau sebuah ruangan. Selain memperindah adanya tanaman hias juga berfungsi sebagai penyegar udara di dalam ruangan, yang biasanya sulit untuk keluar masuk udara segar.

Berikut ini merupakan referensi beberapa jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah maupun di luar rumah.

1. Tanaman Aglaonema

Aglaonema atau dikenal juga dengan tanaman sri rejeki, memiliki batang daun yang bulat seperti telur dengan daun berbentuk lonjong memiliki bintik dan garis pada tengah daun.

Tanaman ini bisa di letakan di dalam ruangan karena tanaman jenis ini tumbuh pada lingkungan lembab atau tidak terkena sinar matahari secara langsung. Untuk merawat tanaman ini adalah dengan menjauhkannya dari uap air yang berasal dari dapur, hindarkan dari asap rokok dan sering memangkas daun yang sudah layu.

Baca Juga: Tanaman Nilam, Penghasil Minyak Atsiri Dengan Nilai Jual Tinggi

2. Bunga mawar

Bunga mawar bisa dijadikan sebagai hiasan karena memiliki bunga yang harum dan bentuk bunga yang indah. Bunga Mawar memiliki banyak warna seperti ; merah, putih, pink dan warna lainnya. Untuk menghasilkan warna-warna yang indah bunga mawar dapat di steak atau dikawin silang agar menghasilkan warna campuran yang indah.

3. Kuping gajah

Disebut dengan kuping gajah karena tanaman ini memiliki daun yang berbentuk seperti telinga gajah dan batangnya yang kecil. Daunya memiliki warna yang hijau dan memiliki garis hijau muda.

4. Begonia

Begonia merupakan tanaman bunga yang berasal dari Peru Amerika Selatan. Jenis bunga ini memiliki batang yang lunak berair dan daunnya berbentuk jantung dan tidak simetris, serta perkembangbiakannya relatif lambat. Bunga begonia memiliki dua warna yaitu berwarna hijau dengan sisi bawah berwarna perak, dan warna merah muda dengan bentuk gelombang.

Bunga begonia dapat tumbuh pada lingkungan yang lembab atau tidak terjadi kontak langsung dengan sinar matahari. Jadi bunga ini sangat cocok jika di letakan di dalam ruangan. Untuk perkembangbiakan bunga begonia dapat dilakukan dengan dua cara yaitu ; dengan cara steak atau dengan menanam langsung tunasnya.

5. Anggrek

Bunga anggrek biasanya tumbuh dengan menempel pada sebuah pohon serta hidup pada lingkungan yang lembab karena jika terkena cahaya matahari secara langsung bunga anggrek dapat menguning dan layu atau bahkan bisa mati.

6. Bugenvil

Bunga bugenvil atau disebut juga bunga kertas sangat cocok bila dijadikan sebagai tanaman hias di depan rumah, karena memiliki bunga yang berwarna cerah seperti; pink, putih, ungu, merah bata. Dengan menanam pohon ini di depan rumah maka suasana rumah akan serasa ramai dan cerah.

Tanaman Hias Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain hanya dijadikan sebagai hiasan ternyata ada jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai obat atau berguna untuk kesehatan. Berikut ini jenis tanaman hias untuk kesehatan:

1. Bunga Telang

Bunga telang memiliki kandungan senyawa kimia seperti; asam amino, asam stearik, protein, xilos, antosianin, aparajitim, lakton, klitorin dan tematin. Senyawa-senyawa tersebut memilki fungsi untuk; menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan menstruasi, menghilangkan jerawat serta melancarkan bab.

2. Bunga tapak dara

Bunga tapak dara mengandung senyawa kimia seperti; Vindoline, Lochnerine, Vincristine, Vinblastine, Nurharma, Vindrosidin dan Serpentine yang  berfungsi untuk mengatasi perut mual, mengobati penyakit leukimia, menurunkan panas demam, dan mengobati tendon yang hilang.

3. Tanaman lidah mertua

Kegunaan yang paling menonjol dari tanaman lidah mertua adalah untuk menyerap karbondioksida pada ruangan. Sanyawa yang terkandung di dalamnya adalah abamgenin, Sponin, dan kardenolin yang bermanfaat untuk mengobati wasir, mengobati kencing manis, serta dapat mencegah tumbuhnya kanker.

Tips untuk merawat tanaman hias di dalam rumah

•    Meletakan tanaman pada tempat yang bias dijangkau dengan cahaya
•    Menyiram dua kali sehari
•    Pada pagi hari di letakan di luar ruangan agar mendapatkan cahaya matahari
•    Bagi yang hidup di tempat lembab maka letakan pada sudut ruangan yang lembab

Semoga bermanfaat.

Comments
To Top