Connect with us

Bisnis

Mengenal Karakteristik dan Keunggulan Tepung Mocaf

keunggulan tepung mocaf - agroindustri.id

AGROINDUSTRI.ID – Saat ini, permintaan tepung terigu untuk kebutuhan sehari-hari semakin meningkat saja. Padahal permintaan pasar ini sangat tidak sebanding dengan produksi dan import tepung terigu. Menanggapi hal ini, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan bahan lain sebagai bahan pengganti tepung terigu. Lalu bahan apa yang dapat digunakan untuk menggantikan tepung terigu?

Tepung mocaf adalah salah satu alternatif yang sangat direkomendasikan untuk anda. Mengapa? Sebab selain lebih terjangkau dari segi harga, tepung mocaf juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah baiknya dengan tepung terigu.

Lalu sebenarnya apa itu tepung mocaf? Tepung mocaf adalah tepung yang terbuat dari singkong atau ketela kayu yang diolah dengan beberapa tahapan hingga menjadi serbuk bertekstur (lebih kasar dari tepung terigu).
Untuk cara pembuatan tepung mocaf ini antara lain terdiri dari beberapa langkah sebagai berikut ini :

 

Bahan Baku dan Cara Pembuatan Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)

Tahap pertama yaitu diawali dari proses pemilihan ketela yang berkualitas baik. Yaitu ketela yang besar dan bagian dagingnya putih bersih (tidak ngayu).

Setelah itu, kupas dan bersihkan dengan air mengalir.

Jika sudah bersih dan cukup kering, kemudian potong ketela menjadi potongan kecil-kecil. Untuk proses pembuatan tepung mocaf skala kecil anda bisa menggunakan pisau atau peret, namun untuk pembuatan dalam skala banyak atau skala industri biasanya menggunakan mesin pemotong ketela.

Setelah itu, ambil potongan ketela dan rendam menggunakan enzim. Proses perendaman ini bertujuan untuk memaksimalkan nutrisi dan membuat tekstur ketela menjadi lebih lembut.

Setelah direndam selama kurang lebih 1 hari, kemudian tiriskan potongan ketela dan jemur di bawah sinar matahari. Pastikan anda menjemur ketela hingga benar-benar kering agar tidak ada jamur yang menempel karena efek tidak kering sehari.

Langkah terakhir yaitu dengan menumbuk ketela kering atau menghaluskan dengan mesin penghancur.

Tepung mocaf pun siap digunakan.

Mudah bukan cara pembuatan tepung mocaf? Dengan langkah yang mudah dan cepat tersebut, anda bisa mencoba membuat tepung mocaf sendiri di rumah. Selain itu, bahan dasar yang dibutuhkan pun tidaklah sulit untuk didapatkan.

Lalu bagaimana dengan rasanya, apakah masih menyerupai rasa ketela? Jawabannya tidak. Hanya saja, tekstur dari tepung mocaf ini tidak selembut dan sehalus tepung terigu atau tepung maizena.

Dalam tekstur yang tidak begitu halus ini, nyatanya anda akan mendapat berbagai kelebihan nutrisi dari tepung mocaf, yang juga merupakan keunggulan tepung mocaf dari tepung lainnya yang antara lain adalah sebagai berikut :

  • Bahan Kering : 87.99
  • Kadar Air : 12.01
  • Kadar Abu : 1.44
  • Bahan Organik : 98.56
  • Protein Kasar : 3.42
  • Lemak Kasar : 0.83
  • Serat Lemak : 2.39
  • Betn : 83.33

Keunggulan Tepung Mocaf

Tak hanya kandungan nutrisi yang begitu beragam, anda juga bisa mendapat berbagai keuntungan dengan menggunakan tepung mocaf, antara lain yaitu.

1. Memiliki kandungan serat terlarut (soluble fiber) yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan tepung gaplek.
2. Memiliki kandungan mineral (kalsium) yang lebih tinggi (58) dibandingkan dengan padi (6) dan gandum (16).
3. Oligasakarida yang merupakan penyebab flatules susah terhidrolisir.
4. Memiliki daya kembang yang setara dengan gandum tipe II (kadar protein menengah).
5. Memiliki daya cerna yang jauh lebih baik dan cepat dibanding dengan tepung tapioka dan tepung gaplek.

Aplikasi Tepung Mocaf

Bagaimana, masih tidak tertarik untuk menggunakan tepung mocaf? Selain keunggulan tepung mocaf dari harganya lebih murah, cara pembuatannya yang mudah, mengandung banyak nutrisi, tepung mocaf juga dapat digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan layaknya tepung gandum. Aplikasi tepung mocaf juga sangat beragam, misalnya untuk pembuatan kue tepung mocaf seperti brownies, kue kering dan masih banyak lainnya.

Jika anda tertarik untuk mengembangkan tepung mocaf, saat ini kebutuhan pasar dan permintaan akan tepung mocaf sudah cukup baik terutama untuk konsumen tepung mocaf Yogyakarta dan Bandung, sedangkan produsennya di Indonesia sendiri masih sangat sedikit. Tidak heran jika banyak yang kemudian mencari situs yang menjual tepung mocaf ini secara online di Internet.

 

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Bisnis