Bisnis

Memanfaatkan Limbah Sebagai Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan dari limbah
Kotak hias hasil kerajinan tangan / Pixabay

AGROINDUSTRI.ID – Indonesia memiliki banyak sekali bahan dasar limbah yang bisa dijadikan sebagai karya kerajinan tangan. Salah satunya adalah barang bekas, barang bekas yang sering kali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang bahkan hanya dibuang atau pun hanya dijual dengan harga yang tidak seberapa ini ternyata memiliki nilai jual tinggi.

Dari tangan orang yang memiliki kreatifitas tinggi barang bekas bisa menjadi barang yang indah dan tidak lagi dipandang sebelah mata. Salah satu ragam kerajinan dari barang bekas yang bernilai tinggi adalah kerajinan dari bahan organik dan sintetis.

Baca Juga: 7 Komoditas Potensial Hasil Perkebunan di Indonesia

Beragam kerajinan yang dibuat oleh masyarakat dengan kreatifitas yang tinggi merupakan salah satu pemanfaatan limbah yang memiliki banyak fungsi. Selain itu, pemanfaatan barang bekas atau limbah organik yang ada di masyarakat pun bisa mengurangi pencemaran lingkungan.

Kerajinan dari limbah organik

Kerajinan tangan dari barang bekas berbahan organik merupakan salah satu ide kreatif, inovatif masyarakat Indonesia. Untuk pemasaran hasil kerajinan dari barang bekas limbah organik pun sudah berkembang dan mulai dikenal di mancanegara.

Dengan adanya pemanfaatan limbah organik yang banyak dilakukan oleh masyarakat, telah membuat nama Indonesia dikenal oleh negara lain sebagai negara eksportir kerajinan tangan atau handmade yang paling besar. Pemikiran dan ide kreatif inovatif karya masyarakat Indonesia sudah berhasil menyedot perhatian bangsa lain.

Kerajinan tangan dari bahan bekas bahan organik basah

Adapun limbah organik yang bisa dijadikan kerajinan tangan bisa dibedakan menjadi 2 sisi, yaitu limbah organik basah dan limbah organik kering.

Limbah organik basah bisa dibuat menjadi kerajinan tangan yang proses pengerjaanya dengan melalui cara pengeringan menggunakan cahaya matahari secara langsung atau pun secara tidak langsung.

Proses ini merupakan proses untuk menghilangkan kadar air yang terdapat pada bahan organik basah tersebut. Bahan yang telah kering adalah bahan dasar atau bahan baku yang nantinya bisa dibuat menjadi beragam jenis kerajinan tangan yang bagus dan bernilai jual tinggi.

Salah satu Limbah organik yang bisa dijadikan kerajinan yaitu biji-bijian atau kulit buah, kulit jagung, jerami, kulit bawang dan lain sebagainya. Jika bahan organik tersebut sudah kering bisa dibuat menjadi beragam kerajinan dan bisa juga diberi pewarna sesuai dengan keinginan.

Limbah organik kering

Limbah organik kering merupakan bahan baku pembuatan kerajinan yang memiliki kandungan air yang rendah. Seperti tempurung kelapa, kertas atau kardus, kulit telur, sisik ikan, serbuk gergaji, kerang, kayu dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa dioleh menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi dengan dibuat menjadi bunga, tempat pensil, bunga yang dipajang di pigura dan masih banyak ragam kerajinan lainnya.

Kerajinan tangan dari bahan bekas yang mudah dibuat

Barang bekas dari bahan organik basah maupun organik kering bisa dibuat menjadi kerajinan tangan yang bervariatif dan juga indah. Selain bisa dengan bahan organik, kerajinan tangan juga bisa dibuat dari barang bekas seperti botol minuman, CD bekas, dan masih banyak barang bekas lainnya.

Salah satu contoh yang bisa Anda buat menjadi kerajinan dari barang bekas yang mudah adalah botol minuman. Dari botol minuman Anda bisa membuat beragam kerajinan tangan seperti tempat pensil, pot, tempat payung, tempat lilin dan kerajinan tangan lainya.

Selain mudah, membuat kerajinan dari barang bekas botol minuman juga cukup simple dan tidak repot. Selamat mencoba membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang murah dan juga mudah. Semoga berhasil dan bermanfaat.

Comments
To Top