Advertorial

5 Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil

asam folat

5Kehamilan merupakan momen yang ditungu-tunggu oleh para ibu. Banyak persiapan yang dilakukan dalam mempersiapkan kehamilan, salah satunya yaitu kebutuhan nutrisi bagi ibu. Nutrisi yang seimbang diperlukan agar tubuh ibu dapat mengalami proses kehamilan yang sehat. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi yaitu asam folat. Asam folat adalahbentuk vitamin B kompleks yang bisa larut dalam air.

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam makanan dapat membantu perkembangan janin dengan baik, sehingga bisa mengurangi risiko cacat lahir pada bayi. Kandungan asam folat ini bisa Anda temukan pada beberapa jenis makanan, seperti hati sapi, telur, salmon, susu rendah lemak, sayuran yang berdaun hijau dan brokoli, kacang-kacangan, sereal yang diperkaya asam folat, beras merah, dan gandum utuh. Buah-buahan yang kaya asam folat diantaranya papaya, jeruk, alpukat, mangga, dan pisang,

Pola makan juga menjadi salah satu faktor penentu saat merencanakan kehamilan. Karena itu, banyak dokter yang merekomendasikan gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk memastikan tubuh Anda mengalami proses kehamilan yang baik. Peranan asam folat sendiri bagi kehamilan sangatlah penting. Bahkan, mengkonsumsi asam folat ini disarankan sebelum Anda merencanakan kehamilan.

Manfaat Asam Folat untuk Program Hamil

Untuk itu, kenali beberapa manfaat mengkonsumsi asam folat sebelum hamil, berikut rangkumannya.

  1. Asam folat adalah nutrisi yang membantu meminimalisir terjadinya keguguran dan cacat lahir seperti cacat tabung saraf, cacat jantung, dan bibir sumbing. Tabung saraf merupakan bagian dari embrio tempat otak janin dan tulang belakang berkembang. Cacat tabung saraf bisa terjadi pada awal perkembangan janin, bahkan pada saat kehamilan belum diketahui.
  1. Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, asam folat wajib untuk dikonsumsi. Asam folat juga berfungsi untuk meningkatkan kesuburan wanita. Asam folat dikenal dapat mempengaruhi fungsi implantasi, ovarium, pembentukan embrio dan keseluruhan proses kehamilan. Suplemen yang mengandung melatonin, asam folat, dan myo-inositol dapat membantu meningkatkan fungsi ovarium dan kualitas sel telur.
  2. Manfaat asam folat lainnya yaitu dapat meningkatkan kesuburan pria. Antioksidan seperti asam zinc dan asam folat dapat membantu peningkatan jumlah sperma yang dapat berpeluang untuk keberhasilan pembuahan dan kehamilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asam folat dan zinc sangat penting untuk pembentukan sperma dan DNA.
  3. Selain sangat penting untuk perbaikan, produksi, dan fungsi DNA, asam folat adalah nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang plasenta dan janin.
  4. Asam folat mampu menurunkan resiko preeklamsia pada masa kehamilan. Oleh sebab itulah Anda harus menjaga kehamilan dengan baik sebelum hamil maupun saat sedang hamil, sejak kehamilan awal sampai dengan trimester akhir. Namun, usahakan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya karena asam folat berlebih akan berakibat buruk untuk kesehatan.

Demikianlah beberapa manfaat asam folat bagi Anda yang sedang merencanakan program kehamilan. Zwitsal mendukung program kehamilan Anda dengan menyediakan berbagai rangkaian produk bayi untuk kebutuhan si kecil. Selain tumbuh sehat, si kecil pun senang dengan memakai produk Zwitsal yang aman untuk kulit bayi yang sensitif.

Comments
To Top