Connect with us

Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Dan Pengawet Makanan

manfaat bawang putih bagi kesehatan

AGROINDUSTRI.ID – Manfaat bawang putih sangat banyak bagi kesehatan. bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan anti septik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol, daya ini dapat mencegah penyakit jantung koroner, dan tekanan darah tinggi.

Manfaat dari kandungan Bawang putih memang belum banyak diketahui masyarakat secara luas, Kecuali untuk digunakan sebagai bumbu memasak.Mungkin yang kita kenal bahwa bawang putih merupakan bumbu dapur yang berfungsi sebagai pemberi cita rasa dan aroma yang khas pada makanan. Ternyata tidak hanya sebatas itu, bawang putih juga dapat berfungsi sebagai bahan pengawet alami bersama garam, gula dan kunyit. Hal ini disebabakan karena kandungan bawang putih dapat menghambat pertumbuhan kamir dan bakteri. kandungan allicin didalam bawang putih sangat efektif mematikan gram positif dan gram negatif.

Bawang putih juga bersifat antimikroba E.coli, sigella sonnei, staphylococcus dan aerobacter aerogenes. selain itu bawang putih juga dapat bermanfaat untuk mengurangi jumlah bakteri aerob, kaliform dan mikrooganisme lainya sehingga bahan makanan yang ditambahkan bawang putih menjadi lebih awet.

Allicin merupakan organosulfur yang dapat membunuh beberapa mikrobia seperti bakteri, jamur, protozoa, dan virus. Kandungan allicin dalam bawang putih berkisar antara 1-3 persen. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh Ghaly dan Dave pada tahun 2011, kandungan Allicin hasil ekstraksi pada bawang putih terbukti dapat mencegah pertumbuhan berbagai macam mikroba penyebab kebusukan daging. Daging yang diawetkan dengan bawang putih dapat bertahan dari kebusukan selama 20 hari. Dalam buku Tumbuhan Obat Indonesia, allicin terbukti memiliki potensi sebagai antimikrobia dengan aktivitas yang sama seperti antibiotika golongan penicillin maupun turunannya, misalnya amoxcyllin.

Allicin dapat menghambat pembentukan dinding sel pada bakteri sehingga akan menyebabkan cacat pada dinding sel bakteri yang berakhir pada kematian karena sistem metabolisme yang terganggu. Akan tetapi, bawang putih yang bertunas tidak baik untuk dikonsumsi karena tunasnya mengandung racun sianida. Masalah utama dalam penggunaan bawang putih sebagai pengawet adalah ketidakstabilan allicin. Senyawa ini akan kehilangan potensi sebagai antimikrobia hanya dalam waktu sekitar satu jam setelah bawang putih tersebut dipotong. Banyaknya allicin yang didapatkan dari 600-900 mg serbuk bawang putih adalah 1,3%.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Apasih manfaat bawang putih? Banyak sekali tanaman disekitar kita yang biasa dianggap sepele ternyata memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan kita. Salah satunya adalah “bawang putih” yang mempunyai nama latin allium sativum dan termasuk dalam kelas monocotyledonae.

Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan anti septik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol, daya inilah yang dapat mencegah penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Umbi batangnya mengandung zat kalsium, saltiyine, diallysulfide, alilpropida yang bersifat menenangkan merupakan pencegah hipertensi. Diallysulfide , alilpropil-disulfide yang terkandung didalamnya merupakan anti cacing.

Selain itu bawang putih juga mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. Bawang putih juga dapat digunakan untuk pengobatan alternative sebagai berikut :

  • 1. Bawang Putih Sebagai Obat Flu dan Batuk.

Kandungan sulfur yang terkandung didalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan,yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Pada tahun 1992,peneliti dari Universitas Brigham Young di Utah melaporkan bahwa bawang tumbuh dalam minyak membunuh bukan hanya membunuh rhinivirus tipe 2 (penyebab umum flu),tetapi juga membunuh 2 macam herpes (penyakit kulit menular) dan beberapa virus umum lainnya.

Bagaimana cara memanfaatkannya ?

Makanlah bawang putih sebanyak-banyaknya segera setelah anda juga dapat membuat obat batuk denagan resep ini :hancurkan bawang dan masukkan kedalam susu dingin didalam panci,lalu panaskan sekitar 1-2menit,dan minum hangat-hangat.

  • 2. Bawang Putih dan Kolesterol

Lebih dari 12 studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dalam berbagai bentuk dapat menurunkan kolesterol.oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa bawang dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi,penyakit jantung.salah satu studi yang dipublikasikan di “the jornal of the royal college of physicians” oleh Silagy CS dan Neil HAW tahun 1994 menyebutkan bahwa bawang putih merupakan agen untuk mengurangi lemak.suplemen bawang putih merupakan bagian terpenting dalam penyembuahn kolesterol tinggi.secara keseluruhan,penurunan terjadi sebesar 12% dari total kolesterol.penurunan ini terjadi setelah 4 minggu perawatan.

  • 3. Bawang Putih dan Kanker

Bawang juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker,terutama kanker perut dan usus besar.organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun,termauk senyawa kimia yang menyebabkan kanker. Beberapa penelitian epidemiologis menunjukkan orang yang banyak mengkonsumsi bawang putih lebih rendah resikonya terkena kanker perut dan usus besar.

  • 4. Bawang Putih dan Kehamilan

Riset terbaru menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih selama kehamilan mengurangi resiko komplikasi kehamilan pre-eclampsia (meningkatkan tekanan darah kandungan protein dalam urine) .bawang putih juga membantu menaikkan lambatnya berat badan bayi yang terlalu kecil. Riset dilakukan oleh Dr.D.Sooranna,Ms J.Hirani dan Dr.I Das d Academis departement of Obserterrics dan Gynaecology,Chelsea dan Westeminster Hospital in London UK.Mereka memfokuskan pada kelambatan pertumbuhan pada bayi dan pre-eclampsia,kondisi yang sangat berbahaya bagi ibu dan anak yang terjadi pada kira-kira satu diantara spuluh kehamilan.

Eksperimen menunjukkan bahwa menambahkan ekstrak bawang putih pada sel-sel plaasenta yang kemungkinan menderita kondisi-kondisi tersebut terbuktidapat menstimulasi pertumbuahan.lebih jauh lagi,kegiatan enzim-enzim penting yang berkuran pada kehamilan tidak normal juga sangat meningkat dengan diberikannya bawang putih.

  • 5. Sebagai Penyembuh Wasir

Pertama bersihkan dulu daerah anus dan sekitarnya dengan air hangat dan sabun,oleskan jus/beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan sebanyak 3-5 kali pada anus yang telah dibersihkan,tunggu beberapa menit lalu bersihkan.

  • 6. Meningkatkan Stamina

Setelah dikaji secara mendalam,ternyata bawang putih dapat menjadi sumber stamina dan kekuatan fisik yang tinggi.walaupun sebelumnya mereka jarang sekali sakit,tiba-tiba mereka mudah terserang flu,orang-orang seperti inilah yang terutama membutuhkan daya pembangun stamina yang terdapat di bawang putih. Orang-orang yang mudah lelah seharusnya menambah stamina dengan makan sedikit bawang putih setiap hari dalam jangka waktu yang lama.caranya bisa kita campurkan dalam olahan masakan kita dan menelannya.

  • 7. Mengontrol Gejala Diabetes

Diabetes mellitus adalah suatu penyakit bawaan yang ditandai dengan tak cukupnya insulin didalam tubuh,sebagai akibat kelebihan gula di dalam darah dan urine,serta kelaparan yang hebat dan kehausan.penderitanya selalu ingin makan yang manis-manis ,berat badan cenderung berkurang. Gejala utamanya ,menurunnya daya tahantubuh terhadap kuman dan bakteri,penyakit usus dan pembuluh darah.penggunaan bawang putih secara bijaksana dalam diet merupakan salah satu cara mendapatkan manfaaat terbesar dari makanan yang dimakan ,dengan demikianmenyumbang pada kondisi tubuh yang baik.

Selain memiliki nilai positif yang sangat bagus bagi tubuh kita,bawang putih juga memiliki nilai negatif jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak yaitu dapat membuat napas kita bau, untuk menghilangkannya kita dapat melakukan cara-cara berikut ini :

  • a. Meminum air teh kental / kopi setelah mengkonsumsi bawang putih
  • b. Mengimbangi dengan makanan yang terbuat dari protein,hati dan telur
  • c. Menggunakan bawang putih dengan cara direbus terlebih dahulu.

Dalam mengkonsumsi bawang putih sebaiknya tidak dimakan mentah, karena dapat mengganggu lambung.oleh karena itu, dianjurkan agar bawang putih terlebih dahulu direbus, digoreng atau dipanggang dahulu sebelum dimakan. 7 Manfaat Kandungan Bawang Putih Bagi Kesehatan

Selamat mencoba !

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Bawang Putih