Pertanian

5 Manfaat Kandungan Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

fungsi kandungan belimbing wuluh

AGROINDUSTRI.ID – Tahukah anda ada berbagai manfaat dari kandungan belimbing wuluh? Sudah banyak yang tahu kalau rasa belimbing wuluh adalah asam. Maka dari itu, tidak heran jika banyak yang tidak suka memakan belimbing wuluh secara langsung. Namun sebenarnya di balik keasaman yang tinggi pada belimbing wuluh ini, ada berbagai manfaat dari kandungan belimbing wuluh yang sangat berguna.

Keasaman dari belimbing wuluh ini sebenarnya jika dinikmati sedikit demi sedikit akan terasa kesegarannya. Belimbing wuluh ini juga sering digunakan untuk bumbu masakan. Biasanya belimbing wuluh ini akan ditambahkan di hidangan pepes. Selain itu juga bisa dimasak sayur asem untuk memberikan sentuhan rasa asam yang segar. Jika sudah menggunakan belimbing wuluh pada sayur asam, tentu saja kita sudah tidak perlu menggunakan asam lagi.

Kandungan belimbing wuluh

Ada banyak kandungan belimbing wuluh yang akan membuat banyak keuntungan bagi tubuh kita. Maka dari itulah, bagi kita-kita yang suka makan belimbing wuluh sangatlah baik. Karena ternyata ada 7 kandungan yang sangat berguna dari belimbing wuluh.

Berikut adalah 7 zat  yang terkandung dalam belimbing wuluh yang sangat berguna:

  • 32 kal energi
  • 7 gram karbohidrat
  • 0,4 g protein
  • 52 mg vitamin C
  • 10 mg kalsium
  • 10 mg fosfor
  • 1,0 mg zat besi

 

Konsentrasi kandungan vitamin C dalam belimbing wuluh sangatlah besar dibanding dengan zat-zat penyusun yang lainnya. Ini dikarenakan rasa dari belimbing wuluh yang asam, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa kandungan Vitamin C nya memang sangat besar.

Vitamin C pada kandungan belimbing wuluh ini sangat efektif untuk menyembuhkan sariawan. Kita bisa mengonsumsinya langsung setelah dipetik dari pohon. Gigit belimbing wuluh sedikit demi sedikit dan kenakan pada daerah yang sedang terkena sariawan.

Selain ketujuh kandungan buah belimbing wuluh tersebut, ada zat-zat lainnya yang terdapat dalam tumbuhan ini. Yakni tannin, asam format, perosidase, calcium oksalat, serta saponin yang ada alam batang belimbing wuluh. Kemudian di bagian daunnya, kita bisa menjumpai kandungan asam format, tannin, sulfur, serta kalsium sitrat.
Jadi kandungan belimbing wuluh tersebar di seluruh bagian tubuh tumbuhannya. Bukan hanya terdapat pada buahnya saja, melainkan juga ada pada batang dan daunnya. Sehingga pemanfaatan belimbing wuluh bukan hanya pada buahnya saja. Melainkan daunnya juga bisa digunakan untuk pengobatan.

Manfaat dari kandungan belimbing wuluh

Dari susunan zat-zat yang ada dalam belimbing wuluh, kita bisa memetik manfaatnya, di antaranya adalah belimbing wuluh dapat menyembuhkan beberapa penyakit:

 

1. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Diabetes

Belimbing wuluh dapat menyembuhkan penyakit diabetes, dengan menghancurkan  buah belimbing wuluh kemudian direbus dengan segelas air. Tunggu sampai mendidih, dan minum sebanyak dua kali dalam sehari.

 

2. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Hipertensi

Cara mengobati hipertensi dengan belimbing wuluh adalah dengan merebus belimbing wuluh dengan 3 gelas air dan bisa dikonsumsi setiap pagi.

 

3. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Sesak napas

Zat dari kandungan belimbing wuluh juga bisa menyembuhkan sesak napas. Caranya adalah dengan merebus bunga daun belimbing dengan gula batu. Kemudian bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali atau tiga kali dalam sehari.

 

4. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Batuk kering

Belimbing wuluh juga bisa menyembuhkan batuk kering yang biasanya diderita menahun. Cara mengobatinya adalah dengan mencampurkan belimbing wuluh dengan biji sari gading. Ditumbuk halus dan dan direbus dengan 3 gelas air. Kita bisa mengonsumsinya setiap pagi.

 

5. Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Panu

Belimbing wuluh juga bisa menyembuhkan panu. Caranya adalah dengan menghaluskan belimbing wuluh dengan kapur sirih, lalu oleskan pada kulit yang berpanu.

Kandungan-kandungan belimbing wuluh sangat bermanfaat untuk kesehatan. Jangan takut mengonsumsinya, selama kita masih bisa mendapatkan manfaatnya. Jangan menilai rasa belimbing wuluh dari rasanya yang asam, tetapi nilailah dari khasiatnya yang besar.

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

 

Comments
To Top