Connect with us

Kopi

Kopi Hijau, Minuman Yang Banyak Diburu Untuk Kesehatan

kopi hijau - agroindustri id

AGROINDUSTRI.ID – Kopi hijau atau green coffee merupakan kopi yang dihasilkan dari biji kopi muda yang belum dipanggang. Penanaman biji kopi sudah dimulai sejak 1100 Masehi di Arab, Laut Merah namun, pada waktu itu belum diterapkan proses pemanggangan atau roasting seperti sekarang ini, jadi cara menikmati kopi hanya dengan cara dihaluskan kemudian langsung diseduh sehingga warna minumannya mirip seperti teh hijau. Hingga sampai sekarang tercipta kopi hijau.

Menurut para pakar penelitian, green coffe mengandung Chlorogrnic Acid hingga 3 kali lipat dari biji kopi yang sudah dipanggang. Mengkonsumsi green coffe setiap hari juga dapat melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Namun pastikan anda minum green coffe yang 100% murni.

Karena sekarang ini sudah marak penipuan jual beli biji kopi hijau, yaitu dengan modus memalsukan minuman kopi hitam dengan daun teh Jepang. Untuk mencegah penipuan tersebut, sebaiknya anda membeli produk kopi hijau pada Apotek atau toko-toko besar yang banyak menjual aneka jenis kopi.

Harga Kopi Hijau

Untuk harganya sendiri kopi hijau di pasaran dijual dengan harga relatif setabil, yaitu:

• 1 pack Green Coffee murni ukuran 250 gram, seharga Rp. 159.000
• 2 pack Green Coffee murni ukuran 500 gram, seharga Rp. 318.000
• Biji kopi hijau organik ukuran 500 gram, seharga Rp. 159.000
• Biji Kopi hijau organik ukuran 1 kilogram, seharga Rp.318.000

Manfaat Kopi Hijau

Karena diproduksi tanpa proses pemanggangan, biji kopi hijau memiliki asam klorogenat yang sangat bermanfaatuntuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari kopi hijau bagi kesehatan tubuh:

1. Untuk Menurunkan Berat Badan

Asam klorogenat merupakan senyawa utama yang digunakan sebagai proses membantu menurunkan berat badan, biji kopi yang belum dipanggang akan mudah diserap oleh tubuh sehingga mampu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

2. Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Asam klorogenat pada kopi hijau juga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mengidap tekanan darah tinggi setelah minum kopi hijau 140 miligram setiap hari tekanan darahnya relatif turun.

3. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Antioksidan dalam green coffe berfungsi untuk menangkap radikal bebas yang merusak sel pada tubuh sehingga kerusakan jumlah sel dalam tubuh akan berkurang. Dalam penelitian, asam klorogenat dan antioksidan dalam biji kopi hijau dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

4. Untuk Mengobati Penyakit Alzeimer

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nutritional Neuroscience menyebutkan bahwa biji green coffe dapat berfungsi untuk mengobati penyakit Alzeimer. Selain itu biji green coffe juga mampu melawan resistensi hormon insulin dalam tubuh.

5. Untuk Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan senyawa klorogenat yang memproduksi antioksidan dapat meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

6. Untuk Melembabkan Kulit

Dalam biji kopi hijau terdapat kandungan asam lemak serta ester yang berfungsi untuk memelihara kelembaban kulit serta menjaga agar kulit tidak mudah kendur.

serbuk kopi hijau - agroindustri.id

Serbuk kopi hijau – Agroindustri.id

Belum lama ini saya juga sempat mencoba minuman kopi hijau, kopi ijo atau green coffe yang saya temukan di salah satu Angkringan di kawasan Condongcatur, Sleman, Yogyakarta. Green coffe tersebut saya temukan secara tidak sengaja di deretan antara berbagai jenis kopi nusantara serta minuman khas daerah seperti sapparella dan bir plethok yang saat ini sudah jarang ditemukan.

Dari segi tampilan, bubuk green coffe ini berwarna hijau muda agak putih sedikit mirip dengan serbuk biji kacang hijau yang sudah dihaluskan. Cara penyajian green coffe ini pun sangat sederhana, bubuk kopi hijau yang sudah dihaluskan dituang satu sampai dua sendok makan ke dalam gelas kemudian ditambahkan gula sesuai selera lalu diseduh dengan air panas setelah itu baru diaduk dan disajikan.

Penampakan sensoris dari biji kopi hijau yang sudah diseduh dan siap diminum ini memiliki warna yang tidak jauh berbeda dengan serbuk biji kopinya. Minuman kopi hijau ini berwarna hijau muda agak gelap dan ketika didiamkan akan muncul endapan dari biji kopi hijau berwarna putih kehijauan.

minuman kopi hijau - agroindustri.id

Minuman kopi hijau – Agroindustri.id

Bagaimana dengan rasa kopi hijau? Sebelum pesan dan mencicipi green coffe ini untuk pertama kalinya, saya sempat bincang-bincang sedikit dengan sang barista mengenai rasa serta khasiatnya. Menurutnya kopi hijau memang tidak banyak dipesan oleh orang pada umumnya, karena rasanya yang tidak senikmat kopi hitam. Hanya saja untuk kopi hijau memang diyakini oleh beberapa pelangganya bisa membantu untuk diet.

Kalau menurut saya sendiri rasa dari kopi ijo atau green coffe ini mirip seperti minuman sari kacang hijau, memang rasanya tidak senikmat kopi pada umumnya, bahkan minuman ini sama sekali tidak mengeluarkan aroma khas kopi.

Biji kopi hijau juga bisa bertahan hingga satu tahun, jadi jika anda membuatnya sendiri, anda bisa menyimpannya dalam jangka waktu lumayan lama. Demikian pengetahuan tentang green coffe dan manfaatnya dalam tubuh, Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Passionately write every review. Especially travel, tech, hobbies and all the new up and coming things!

Comments
Advertisement

More in Kopi