Advertorial

Manfaat Minyak Kelapa Murni Bagi Kesehatan Tubuh

minyak kelapa murni

Minyak kelapa murni merupakan salah satu superfood yang digunakan banyak orang karena memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat minyak kelapa ini tak terhitung jumlahnya. Mulai dari mencegah kerusakan gigi hingga membakar lemak. Sehingga tidak heran jika banyak orang menggunakan minyak kelapa sejak jaman dahulu.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Nah, jika Anda belum mengetahui apa saja manfaat dari minyak kelapa, kali ini, kami akan membahas beberapa manfaat dari menggunakan minyak kelapa untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)

Minyak kelapabisa mencegah pengeroposan tulang. Ini terjadi karena minyak kelapa bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam perawatan tulang seperti magnesium dan kalsium. Bertambahnya asupan dan serapan kalsium bisa memperbaiki struktur dan kepadatan tulang agar lebih kuat, sehingga osteoporosis bisa dicegah dan tulang tidak keropos.

  • Mengatasi Peradangan

Minyak kelapa  memiliki kandungan antioksidan. Itu artinya, minya ini mempunyai manfaat sebagai penangkal radikal bebas. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa bisa digunakan untuk menangkal gejala infeksi dan peradangan seperti arthritis, batu empedu, dan pankreatitis.

  • Mencegah penyakit gigi dan gusi

Teknik oil pulling menggunakan minyak kelapa murni telah digunakan selama bertahun-tahun. Metode ini digunakan untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi, dengan mencegah kebusukan gigi dan gusi berdarah. Oil pulling yang dilakukan secara rutin dapat mencegah bertumbuhnya plak pada gigi dan mencegah infeksi gusi.

  • Mengatasi kanker

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh minyak kelapa murni yang menguntungkan adalah asam lemak rantai sedang (MCT). MCT dapat dimetabolisme lebih cepat daripada karbohidrat dan lebih mudah diserap oleh hati. MCT jika diolah lebih lanjut oleh tubuh akan diubah menjadi keton. Keton bisa digunakan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker.

Sel kanker membutuhkan glukosa untuk mendapatkan energinya. Jika konsumsi minyak kelapa dikombinasikan dengan pola diet rendah karbohidrat, tubuh akan memiliki simpanan energi yang mempunyai keton yang lebih banyak daripada glukosa. Oleh karena itu, minyak kelapa murni bisa mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

  • Menstabilkan tingkat gula pada darah

Jika Anda melakukan diet dengan menu makan menggunakan minyak kelapa, kandungan MCT yang ada di dalam minyak ini mampu meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi penumpukan lemak. Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

  • Membakar lemak pada tubuh

Dari hasil penelitian, minyak kelapa telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Kebutuhan yang bertambah membuat tubuh membakar simpanan lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi.

Dengan demikian lemak tidak menumpuk dan mampu mencegah berbagai penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung. Konsumsi minyak kelapa yang teratur dalam jangka waktu yang panjang dapat menurunkan berat badan.

  • Merawat kesehatan rambut dan kulit

Minyak kelapa tidak harus dikonsumsi secara oral untuk menikmati khasiatnya. Banyak sekali masyarakat yang menggunakan minyak ini untuk merawat kulit dan rambut. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya mudah kering.

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai tabir surya alternatif. Minyak ini mampu memblokir dua puluh persen dari sinar UV matahari. Minyak kelapa juga efektif dalam melindungi rambut dari kerusakan.

Itu dia beberapa manfaat yang dimiliki oleh minyak kelapa murni untuk kesehatan tubuh. Minyak ini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Comments
To Top

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Agroindustri will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.