Connect with us

Industri

7 Manfaat Minyak Kelapa Sawit Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat minyak kelapa sawit

AGROINDUSTRI.ID – Pohon kelapa sawit adalah salah satu tumbuhan yang banyak di tanam di daerah Kalimantan dan sekitarnya. Selain karena berbagai manfaat minyak kelapa sawit, iklim dan suhu yang begitu sesuai, masyarakat Kalimantan banyak memilih untuk menanam pohon kelapa sawit yaitu karena harga jual buah sawit yang cukup tinggi.

Dimana buah sawit ini biasanya akan diolah menjadi minyak kelapa sawit yang banyak anda gunakan untuk proses memasak. Namun, tahukah anda jika minyak kelapa sawit ini memiliki manfaat yang sangat beragam?
Ya, manfaat minyak kelapa sawit nyatanya tak hanya pada bidang kecantikan kulit yaitu untuk menjaga kelembaban alami kulit namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Apa sajakah manfaat minyak kelapa sawit untuk kesehatan? Simak ulasan berikut.

1. Sumber energi

Selain di dapat dari makanan pokok seperti beras, jagung atau ubi-ubian, energy juga dapat diperoleh dari cadangan lemak dalam tubuh. Nah minyak kelapa sawit ini memiliki kandungan lemak baik yang sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energy cadangan.

Selain itu, minyak kelapa sawit juga memiliki kandungan beta karoten yang begitu tinggi. Sedangkan manfaat minyak kelapa sawit dengan kandungan beta karotennya ini adalah untuk menjaga keseimbangan hormone dalam tubuh.

2. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya beta karoten, minyak kelapa sawit juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang tinggi. Dimana zat antioksidan ini mampu menjaga tubuh dari radikal bebas yang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan penglihatan. Tak hanya itu, manfaat minyak kelapa sawit lainnya yaitu untuk mencegah timbulnya penyakit katarak.

3. Mencegah kanker

Manfaat minyak kelapa sawit berikut ini juga akan anda peroleh berkat kandungan tokoferol atau sejenis vitamin A yang merupakan zat antioksidan. Ya, zat antioksidan ini tak hanya mampu menjaga kesehatan mata namun juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia. Cara kerja dari tokoferol ini adalah dengan mencegah mutasi sel yang nantinya bisa menjadi sel kanker.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh yang memiliki daya tahan baik pastinya akan kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Namun apa jadinya jika daya tahan tubuh sudah melemah? Nah manfaat minyak kelapa sawit berikutnya ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh anda akan kebal dari serangan penyakit. Dimana kandungan vitamin A, D dan E adalah zat yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh anda.

5. Mencegah penyakit otak

Sebagai salah satu organ vital tubuh, tak heran jika otak memerlukan perawatan dan perhatian khusus. Salah satunya yaitu dengan pemberian nutrisi yang baik. Sayangnya, otak juga sangat rentan dengan berbagai penyakit berbahaya. Sehingga anda pun harus ekstra untuk mencegah munculnya berbagai penyakit otak tersebut. Yang salah satunya adalah dengan banyak mengonsumsi minyak kelapa sawit.

6. Mencegah stoke

Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa kandungan lemak pada minyak kelapa sawit dapat menimbulkan flek dan menghambat saluran darah sehingga muncul penyakit stroke. Namun yang terjadi sebenarnya justru terbalik, dimana manfaat minyak kelapa sawit adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat mencegah penyakit stroke. Ya, sebab kandungan lemak pada minyak kelapa sawit adalah jenis lemak baik.

7. Baik untuk wanita hamil

Bagi ibu hamil, mengonsumsi minyak kelapa sawit sangat disarankan. Mengapa? Karena salah satu manfaat minyak kelapa sawit yang sukar anda dapat dari bahan lain adalah untuk memaksimalkan penyerapan vitamin.
Jika biasanya seorang ibu hamil akan sangat rentan menghadapi masalah kurang vitamin, namun secara alami minyak kelapa sawit ini mampu mempertahankan vitamin yang masuk dalam tubuh dengan baik.

Meskipun manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan tubuh sangat beragam, namun pastikan anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Selain memiliki berbagai manfaat diatas, Minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) hasil produksi Indonesia saat ini sudah di expor ke berbagai negara di dunia, karena saat ini CPO merupakan jenis minyak nabati yang memiliki harga lebih murah dan kaya akan nutrisi jika dibandingkan dengan minyak nabati produksi negara-negara maju.

Maka dari itu tidak mengherankan jika seiring dengan semakin banyaknya permintaan CPO Indonesia dan Malaysia di pasar global muncul juga berbagai upaya untuk menjatuhkan citra minyak kelapa sawit Indonesia.

Artikel Lainnya:

Nasib Kelapa Sawit Indonesia di Tengah Konspirasi Isu Lingkungan

10 Produk Unggulan Agroindustri di Indonesia

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

 

Passionately write every review. Especially travel, tech, hobbies and all the new up and coming things!

Comments
Advertisement

More in Industri