Industri

Inilah 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Perawatan Rambut

Manfaat Minyak Kelapa

AGROINDUSTRI.ID – Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sudah terkenal dan banyak digunakan sejak zaman kerajaan ratusan tahun lalu. Manfaat minyak kelapa sering digunakan untuk perawatan rambut oleh para ratu atau permaisuri zaman dahulu dan sampai sekarang pun masih banyak digunakan.

Malah beberapa tahun belakangan ini minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk perawatan rambut kaum perempuan, seiring dengan trend atau maraknya penggunaan Pomade oleh kalangan anak muda, membuat banyak varian minyak rambut yang berbahan dasar dari minyak kelapa yang di gunakan oleh kaum pria. Harganya pun sangat kompetitif dan menjadi salah satu produk jadi yang membantu meningkatkan nilai jual minyak kelapa di Indonesia.

Manfaat Minyak Kelapa

Salah satu manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah mampu melembutkan rambut. Meskipun masih ada sebagian orang yang beranggapan bahwa menggunakan minyak kelapa untuk rambut terkesan ketinggalan zaman. Namun terlepas dari anggapan tersebut, minyak kelapa memang memiliki segudang manfaat.

Jika pada zaman kerajaan terdahulu masih alami dan belum dicampur dengan bahan lain, berbeda dengan sekarang yang sudah banyak dikreasikan menjadi minyak kelapa modern dan dicampur dengan berbagai varian essens.

Seperti produk perawatan rambut yang dibuat dari minyak kelapa yang sudah dicampur dengan bahan lain. Berikut adalah beberapa manfaat minyak kepala untuk rambut:

1. Melembutkan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang pertama yaitu bisa membantu melembutkan rambut.Rawatan minyak kelapa ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki masalah rambut kering dan berantakan. Anda bisa menggunakan minyak kelapa ini dengan cara mengoleskanya pada rambut dimulai dari bagian tengah dan kemudian dilanjutkan pada bagian bawah. Dengan cara perawatan minyak kelapa ini akan membuat rambut Anda lembut dan mudah diatur.

2. Mengatasi rambut keriting

Salah satu penyebab rambut keriting adalah kurangnya kelembapan pada rambut sehingga mengakibatkan rambut kusut dan kering. Masalah rambut keriting tersebut bisa diatasi dengan minyak kelapa. Inilah manfaat minyak kelapa untuk rambut yang masih jarang diketahui oleh sebagian orang. Cara untuk mengaplikasikan minyak kelapa ini cukup sederhana, yaitu cukup dengan mengoleskanya pada rambut dimulai dari bagian tengah. Lakukan perawatan ini rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mengatasi rambut bercabang

Selain bisa melembutkan dan mengatasi rambut keriting, manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah bisa untuk mengatasi rambut bercabang. Minyak kelapa ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki permasalahan rambut bercabang. Rambut bercabang biasanya disebabkan oleh terlalu sering mewarnai rambut atau juga bisa disebabkan karena terlalu sering mencatok rambut.

Untuk mengatasi rambut bercabang ini biasanya wanita akan memotong secara terus menerus rambut cabang tersebut. Padahal dengan cara tersebut justru tidak akan mengatasinya, namun justru akan semakin rusak.
Oleh karena itu anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai solusinya. Caranya juga tidak terlalu sulit, Anda cukup mengoleskanya pada bagian rambut yang bercabang atau rusak saja.

4. Mempercepat pertumbuhan rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang ampuh adalah membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pertumbuhan rambut selain harus ada nutrisi dari dalam pun juga harus dibantu dengan perawatan dari luar. Seperti dengan minyak kelapa yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut.

Perawatan seperti ini cocok sekali untuk Anda yang memiliki rambut tipis atau tidak tumbuh panjang. Caranya yaitu cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit kepala disertai dengan memijat pelan. Jika cara ini rutin dilakukan hasilnya akan lebih maksimal meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama.

5. Menghilangkan ketombe

Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa bisa membantu melancarkan udara dan peredaran darah pada kulit kelapa. Untuk cara mengaplikasikanya cukup mudah yaitu cukup dengan mengoleskanya ke seluruh bagian rambut sebelum tidur dengan menggunakan sisir agar merata.

Setelah itu bungkus dengan handuk dan tunggu sampai semalaman. Anda bisa membilas dengan air bersih pada waktu pagi hari.

Demikianlah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut yang sudah terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah rambut selama ratusan tahun, tanpa menggunakan bahan tambahan lainnya. Semoga bermanfaat.

Comments
To Top