Bisnis

Melihat Peluang Inovasi Dari Adanya Product Opportunity Gap

Melihat Peluang Inovasi Dari Adanya Product Opportunity Gap - agroindustri

AGROINDUSTRI.ID – Apa itu POG? Product Opportunity Gap atau biasa disingkat POG adalah suatu analisa tentang peluang yang lahir dari kesenjangan suatu produk dengan produk lain, selain karena kesenjangan antar produk POG juga bisa dianalisa dari ekspektasi dan permintaan pasar yang belum terpenuhi.

 

Manfaat Pengembangan Produk Bagi Industri

 

Kenapa perlu adanya pengembangan produk dalam sebuah industri? Hal ini merupakan salah satu strategi untuk memperpanjang daur hidup produk (life cycle produk) sehingga produk tidak mengalami tahap decline. Pengembangan produk ini diperlukan jika produk sudah memasuki tahap maturity, yaitu dimana produk mengalami titik jenuh ditandai dengan tidak terjadi penambahan konsumen sehingga angka penjualan tetap di titik tertentu.

Selalu menjadi perbincangan tanpa henti dalam berbagai komunitas bisnis tentang praktek bisnis terkini yang dapat mengantarkan para pengusaha ke posisi pemenang. Dengan adanya management tools yang semakin beragam, para pengusaha saat ini memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan bisnisnya dengan cara yang tidak jauh berbeda.

Kemudian, bagaimana persaingan bisnis bisa melahirkan sosok pemenang?

Melalui serangkaian proses berkualitas yang serba terukur dan handal, setiap pengusaha pada akhirnya akan menciptakan produk dengan kualitas yang tidak jauh berbeda satu sama lain.

Inovasi, Ya, inovasi adalah pemegang peran terbesar dari terciptanya keunggulan kompetitif sebuah perusahaan. Sejak diingatkan oleh Peter Drucker tentang kewajiban bagi setiap perusahaan untuk menjadikan inovasi sebagai fokus inti, perusahaan sepertinya dipojokkan pada pilihan biner, inovasi atau mati.

Meskipun sekarang ini kata inovasi sejatinya sudah menjadi jargon yang sering diucapkan, tetapi esensinya masih belum sepenuhnya tersentuh. Inovasi bukan hanya sebuah ide yang brilian, inovasi bukan sekedar bertumpu pada kampanye iklan kreatif untuk menutupi produk inferior (produk pelopor).

Inovasi haruslah dipandang sebagai suatu sweating process atau proses berkeringat, mulai dari identifikasian masalah , pengembangan ide serta konsep, penentuan konsep terbaik dan pendetailan desain produk yang merupakan solusi atas masalah yang ada, sampai dengan tahap peluncuran produk ke pasar.

Sedikit gambaran tentang inovasi di atas memang menjelaskan salah satu pilihan dalam berinovasi, yaitu inovasi produk. Bersama-sama dengan inovasi dalam proses maupun model bisnis, inovasi produk merupakan pilihan yang dapat diambil oleh sebuah perusahaan. Di ranah teknologi perusahaan inovatif seperti Apple Computer memainkan inovasi produk dan model bisnis secara bersamaan lewat produk iPod dan model bisnis iTunes-nya.

Baik iPod maupun iTunes, keduanya menjadi sangat fenomenal karena menawarkan simplicity bagi para pencinta musik di seluruh dunia untuk mendapatkan dan memainkan musik pilihannya. Selain itu, Apple mengerti betul tentang pentingnya inovasi desain untuk dapat menghasilkan produk yang memiliki nuansa keindahan.

Di sektor agroindustri perusahaan rokok merupakan salah satu industri yang paling inovatif, dalam beberapa bulan produsen rokok bisa mengeluarkan produk-produk rokok baru dengan merek dan segmen berbeda. Sengitnya kompetisi di ranah ini membuat mereka mau tidak mau harus selalu berinovasi agar life cyrcle produk mereka tetap terjaga.

Mungkin kita sering bertanya mengapa di perusahaan tertentu inovasi produk begitu mudah dilakukan dan selalu mendatangkan hasil yang memuaskan, tetapi disatu sisi perusahaan yang lain inovasi merupakan sesuatu yang sangat sulit dilakukan.

Para pakar mengatakan, semuanya tergantung pada manajemen inovasi yang dijalankan. Dianalogikan dengan proses problem solving & decision making yang selalu diawali dengan mendefinisikan problem yang sesungguhnya, inovasi yang dikejar setiap perusahaan haruslah berawal juga dari adanya product opportunity gap (POG), yaitu kesenjangan antara apa yang seharusnya diberikan oleh produk dan apa yang sudah ditawarkan oleh produk tersebut. Di sinilah kunci keberhasilan dari inovasi yang dilakukan.

Kreativitas Menjadi Kunci Inovasi dan Pengembangan Produk 

Setelah POG ditentukan, proses berkeringat terus berlanjut ke pengembangan konsep produk. Di sinilah kreativitas tim pengembang produk dituntut. Beberapa model pengembangan konsep yang tersedia, mulai dari yang sangat presisi sampai model-model yang lebih pragmatis, dapat digunakan. Apa pun model yang digunakan, tim pengembang produk harus menyiapkan kriteria desain yang tepat.

Konsep-konsep yang dikembangkan nantinya akan dipilih berdasarkan kriteria tersebut. Pemilihan konsep yang tepat berdasarkan sekumpulan kriteria yang tepat menjadi begitu krusial dalam tahap pengembangan produk. Di tahap inilah kesuksesan produk baru dapat diproyeksikan.

Menghasilkan produk inovatif tidak lepas dari serangkaian keputusan dalam lanskap keambiguan yang kompleks. Di sinilah ketajaman intuisi dan kedalaman berpikir dari tim pengembang produk akan memainkan peran krusialnya untuk dapat menghasilkan produk yang useful, usable, dan desirable yang benar-benar dicintai penggunanya. Memang tidak mudah, karena tidak semua pengusaha bisa sukses!


Agroindustri.id merupakan media yang khusus menyajikan artikel-artikel seputar industri pertanian di Indonesia. Dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan memanfaatkan potensi hasil pertanian yang sampai saat ini belum dikelola secara maksimal.

Follow Twitter:[email protected]_id

Comments
To Top