Agrowisata

Mengenal Lebih Dekat Sistem Bisnis Agrowisata Merapi Farma Herbal

Mengenal Lebih Dekat Sistem Bisnis Agrowisata Merapi Farma Herbal

AGROINDUSTRI.ID – Agrowisata atau sistem wisata yang dikonsep dari segi wawasan pertanian ini merupakan suatu hal yang masih asing bagi sebagian orang. Padahal peluang bisnis dari pengelolaan agrowisata ini banyak yang meramalkan akan semakin dicari kedepannya, terutama oleh para keluarga perkotaan yang ingin mengenalkan sistem pertanian kepada anak-anak mereka.

 

Agrowisata Merapi Farma Herbal Yogyakarta

 

Salah satu agrowisata yang cukup terkenal di Yogyakarta yaitu agrowisata Merapi Farma Herbal, agrowisata yang terletak di kawasan lereng gunung merapi ini merupakan tempat yang tepat untuk berwisata sambil belajar aneka tanaman herbal.

Lokasi agrowisata merapi farma herbal tepatnya berada di desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Selain sebagai kawasan agrowisata tempat ini juga sebagai tempat produksi jamu godhog, mulai dari produksi sampai penbibitan dan penanaman bahan baku semuanya dilakukan di tempat ini.

Inilah salah satu keunggulan model bisnis dengan konsep agrowisata, selain bisa menghasilkan bahan baku dan berproduksi secara mandiri, kawasan produksi juga bisa dijadikan sebagai objek wisata yang bernilai edukasi tinggi. Konsep inilah yang sekarang mulai ditekuni oleh beberapa perusahaan berbasis pertanian di Jawa Tengah.

Di kawasan perkebunan Merapi Farma Herbal ini terdapat setidaknya 200 jenis tanaman herbal, yang sebagian besar merupakan bahan baku utama Jamu godhog, Merapi Farma Herbal saat ini mampu membuat 19 macam jamu racikan umum, 9 jamu instan, 400 jenis racikan khusus dan sudah memasarkan produknya ke seluruh wilayah di Indonesia.

Tidak hanya itu, produk jamu dari industri ini pun sudah merambah pasar Amerika dan Malaysia sebagai obat tradisional khas Yogyakarta. Harga jual jamu khas lereng Merapi ini bervariasi dari Rp 5.000 hingga Rp 40.000 tergantung  jenis jamu yang dipilih .

Untuk memasyarkatkan jamu godhog, pemilik Merapi Farma Herbal membuka cabang warung jamu di beberapa tempat. Namun, minat masyarakat terhadap jamu godhog yang sekarang tidak terlalu tinggi, membuatnya fokus pada pengolahan rempah untuk jejamuan.

Tidak hanya jamu godhog siap minum, Merapi Farma herbal pun menyediakan jamu dalam kemasan yang siap dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Pengunjung dapat membeli racikan jamu asam urat, jamu untuk darah tinggi, jamu untuk kolesterol, atau racikan jamu godhog lainnya.

Bagi pengunjung yang tidak tahan merasakan pahitnya jamu godhog, disediakan pula jamu instan seperti kunir asem, kunir putih, jahe merah, dan masih banyak lagi.

Peta Lokasi Merapi Farma Herbal


Agroindustri.id merupakan media yang khusus menyajikan artikel-artikel seputar industri pertanian di Indonesia. Dengan tujuan agar masyarakat lebih mengenal dan memanfaatkan potensi hasil pertanian yang sampai saat ini belum dikelola secara maksimal.

Follow Twitter: @Agroindustri_id

Comments
To Top