Advertorial

Mengenal Payment Gateway dan Manfaatnya Bagi Pengguna

Di era perkembangan komunikasi dan teknologi seperti sekarang ini kita semakin mudah dalam mengakses berbagai kebutuhan. Mulai dari berbelanja online, melakukan remote working, hingga fleksibel dalam mengelola antrian.

Kini kita tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk sekadar berbelanja di mall atau toko konvensional, karena dengan duduk manis dan rebahan kita bisa mengakses dan melakukan banyak hal di waktu bersamaan.

Kemudahaan dalam proses transaksi maupun pembayaran ini tidak lepas dari peran merchant toko online serta instansi terkait yang telah menyediakan sistem payment gateway. Sebagai informasi, di sini peranan aplikasi payment gateway sangat dibutuhkan agar bisnis online yang dijalankan dapat berjalan lancar tanpa adanya gangguan pada proses pembayaran.

Lantas, apa sih sebenarnya payment gateway itu?

Nah, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak pembahasan terkait payment gateway berikut ini, mulai dari sejarah perkembangannya hingga macam-macam perusahaan penyedia layanan payment gateway di Indonesia.

Perkembangan Payment Gateway

Secara umum, payment gateway adalah aplikasi yang secara khusus ditugaskan untuk melayani e-commerce dengan cara membaNtu memproses sekaligus memberikan otorisasi pembayaran sesuai yang diinginkan oleh kustomer.

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa ‘gateway’ berasal dari pilihan dua kata bahasa Inggris yang dijadikan satu. Gate dan Way, memiliki arti gerbang (pintu) dan jalan, apabila dijadikan satu urutan maka hasilnya jalan antar gerbang, memungkinkan isi gerbang untuk menempuh akses antar jaringan.

Sistem payment gateway ini bisa dibilang sebagai pihak ketiga yang menjembatani proses pertukaran informasi antara toko online (e-commerce) dengan pihak bank.

Cara kerja payment gateway memang sekilas tidak nampak secara kasat mata, namun aplikasi yang baru berkembang di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir ini mampu memberikan manfaat yang begitu besar kepada masyarakat. Terutama seiring menjamurnya ekosistem jual-beli online di Tanah Air.

Manfaat Payment Gateway

  • Transaksi Bisa Dieksekusi Secara Cepat

Pernahkan Anda membayangkan bagaimana seorang penjual pakaian bisa mengeksekusi belasan atau bahkan puluhan order perhari dari para pelanggan? Dengan menggunakan payment gateway seorang penjual atau toko online tidak perlu memproses pembayaran satu per satu, karena sistem aplikasi payment gateway bisa melakukan hal ini secara massal.

  • Meminimalisir Tindak Kejahatan

Salah satu kekhawatiran konsumen ketika berbelanja online adalah adanya potensi tindak kejahatan, mulai dari penipuan, fraud, hingga pencurian identitas kartu pembayaran. Anda tidak perlu khawatir lagi akan hal ini karena aplikasi payment gateway dilengkapi berbagai fitur canggih dan kekinian untuk mencegat terjadinya tindak kejahatan.

  • Fleksibel Terhadap Segala Jenis Rekening

Sebagai penjual kadang kita harus mempersiapkan banyak rekening bank untuk bisa menerima pembayaran dari konsumen. Hal ini tentu sangat merepotkan, maka dari itu Anda bisa menggunakan aplikasi payment gateway yang dapat menerima transfer dana pembayaran dari berbagai rekening. Tidak hanya antar bank, beberapa layanan payment gateway bahkan sudah mengakomodir pembayaran melalu dompet digital, kartu kredit, bahkan via minimarket secara offline. Sangat menarik bukan?

Standar Keamanan Payment Gateway

Karena melibatkan uang, prosedur operasional perusahaan penyedia aplikasi payment gateway seluruhnya sudah berada dalam pengawasan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, untuk bisa beroperasi di Indonesia, aplikasi payment gateway juga diwajibkan memiliki beberapa standar keamanan seperti berikut ini:

1.AVS (Address Verification System)

Sebagaimana proses verifikasi data di dunia nyata, sistem keamanan yang satu ini bertugas untuk mencocokkan data pelanggan atau customer bisnis Anda dengan alamat kartu yang tertera pada informasi yang sesungguhnya.

2.3D Secure Password

Sesuai namanya, 3D secure password merupakan tools sistem keamanan untuk melakukan otorisasi atau konfirmasi jika yang bersangkutan menmang beanr-benar pemilik asli.

3.Card Security Code (CV2)

Jika Anda memiliki kartu debit atau kartu kredit berlogo Visa atau Master Card. maka Anda bisa melihat tiga digit kode angka di bagian belakang kartu. Kode ini biasa disebut dengan CVV, yang wajib dimasukkan ketika ingin melakukan transaksi pembayaran di toko online.

 

Contoh Perusahan Payment Gateway di Indonesia

Prismalink adalah salah satu perusahaan payment gateway di Indonesia yang menawarkan layanan terbaik di kelasnya. Tercatat mereka kini sudah menawarkan layanan pembayaran yang cukup lengkap bagi konsumen, mulai dari kartu debit, kartu kredit, virtual account, QR Code, dan bill payment.

Bagaimana menurut Anda? Apakah tertarik untuk menggunakan aplikasi payment gateway sebagai solusi pembayaran otomatis untuk toko online Anda?

Semoga bermanfaat

Comments
To Top