Connect with us

Opini

Pengertian Agroindustri, Agribisnis dan Agroteknologi

pengertian agroindustri

AGROINDUSTRI.ID – Beberapa orang mungkin belum familiar dengan istilah atau pengertian Agroindustri, Agribisnis dan Agroteknologi. Dalam dunia pertanian, sebenarnya banyak ilmu yang dapat anda pelajari. Tak hanya sebatas bagaimana cara menanam suatu tumbuhan, namun seluruh bagian dari tumbuhan tersebut mulai dari bibit hingga tumbuhan siap panen semuanya dipelajari dengan detail.

Selain itu, dalam pertanian anda juga akan mempelajari seluruh bagian terkait dengan pertumbuhan tanaman seperti tanah. Nah ilmu ini sering kali disebut dengan ilmu agronomi atau ilmu pertanian. Namun tahukah anda jika nantinya ilmu agronomi ini akan berlanjut ke ilmu lain yang beberapa diantaranya adalah agribisis, agroindustri dan agroteknologi.

Dalam ketiga bidang pertanian ini tentu memiliki pengertian dan perbedaan yang sangat jelas. Ingin tahu pengertian agribisnis, agroindustri dan agroteknologi secara lengkap? Simak ulasan di bawah ini.

  • Agribisnis

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika ilmu agribisnis adalah ilmu lanjutan dari agronomi. Dimana ketika anda mempelajari ilmu agronomi maka anda akan mempelajari segala hal terkait bidang pertanian. Nah setelah anda menguasai ilmu agronomi, lanjutkan pengetahuan anda dengan mempelajari ilmu agribisnis. Dimana pengertian ilmu agribisnis sendiri adalah ilmu yang akan mempelajari bagaimana cara mendapatkan keuntungan atau profit dari penerapan ilmu agronomi yang sudah anda pelajari sebelumnya. Dan ilmu agribisnis sendiri tak hanya mencakup  mengenai pengolahan hasil pertanian, namun juga segala hal terkait keuntungan di bidang pertanian seperti penyediaan pupuk, bibit, peralatan pertanian dan masih banyak lainnya.

  • Agroindustri

Hampir sama dengan agribisnis, dimana pengertian agroindustri sendiri secara umum adalah sebuah ilmu yang akan mempelajari bagaimana pengembangan industrialisasi dalam dunia pertanian. Ilmu Agroindustri pada dasarnya akan banyak mempelajari tentang industri dan teknologi yang digunakan untuk mengolah hasil pertanian atau istilahnya pascapanen. Produk-produk yang dihasilkan dari sektor agroindustri yaitu merupakan produk jadi yang siap digunakan sehari-hari maupun produk setengah jadi yang dikembangkan dari berbagai hasil pertanian.

Sehingga diharapkan, perkembangan ini tidak hanya menaruh perhatian utama pada sub sektor melainkan usaha untuk memberikan perhatian yang sama pada setiap sub. Jadi dengan adanya ilmu argoindustri ini diharapkan, para petani kelak akan tahu bagaimana mendapatkan uang lebih banyak dibanding hanya sekedar bercocok tanam saja.

  • Agroteknologi

Mungkin sebagian besar dari anda beranggapan bahwa pengertian ilmu agroteknologi adalah sebuah ilmu yang akan mempelajari bagaimana teknologi untuk pembuatan peralatan pertanian dan segala hal terkait dengan teknologi.

Namun sebenarnya, ilmu agroteknologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari teknologi ilmu pertanian. Seperti halnya teknik pembibitan dan lain-lain. Nah ilmu yang dipelajari dalam satu jurusan kuliah dan sudah mulai populer pada tahun 2007 2008 lalu ini mempelajari 2 komponen khusus yaitu tanah dan tanaman Dimana keduanya adalah komponen utama yang saling berkaitan atau saling membutuhkan dalam dunia pertanian.

Untuk pembelajaran mengenai tanah sendiri antara lain yaitu terkait bagaimana mengukur tingkat keasaman tanah, suhu basa tanah dan lain sebagainya. Sedangkan pembelajaran pada tanamannya sendiri yaitu dapat dilakukan sejak tanaman masih dalam masa pembibitan hingga masa panen datang. Bahkan, dalam ilmu argoteknologi ini anda juga akan belajar banyak tentang ilmu pembibitan.

Perbedaan Agroindustri, Agribisnis Dan Agroteknologi

Dengan mengetahui pengertian agroindustri dan masing-masing ilmu di atas, mungkin akan menjadi lebih mudah untuk membedakan ketiganya. Dimana sebenarnya tidak banyak perbedaan yang dapat diambil karena ketiganya merupakan ilmu yang masih mempelajari satu sektor, yaitu sektor pertanian.

Hanya saja, masing-masing memiliki ilmu detail atau pengarahan tujuan pembelajaran yang berbeda. Yang sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memaksimalkan perkembangan sektor pertanian.
Bagaimana, anda tertarik untuk belajar ilmu agribisnis, agroindustri dan agroteknologi? Jangan sungkan dan enggan belajar pertanian, sebab dunia pertanian merupakan tulang punggung utama Indonesia sebagai negara agraris, dan dengan menguasai serta  menerapkan ilmu dan teknologi pascapanen kita bisa membantu meningkatkan perekonomian melalui industri pertanian.

Tahukah kamu, negara maju seperti Amerika Serikat dan China terlebih dahulu memajukan sektor industri pertaniannya, untuk menjamin ketersediaan pangan dan gizi yang cukup agar warganya memiliki asupan nutrisi untuk menciptakan penemuan-penemuan hebat?

 

AGROINDUSTRI.ID- Situs Industri Pertanian Indonesia

 

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Opini