Industri

Penggunaan Drone Sebagai Alat Penyemprot Pertanian

AGROINDUSTRI.ID – Penggunaan drone sebagai alat penyemprot pestisida dan pembasmi hama di area pertanian memang terbilang masih baru di Indonesia. Hal ini sangat wajar karena belum banyak petani yang mengenal teknologi ini, drone standard yang biasa digunakan sebagai alat pengambil foto dan video aerial saja di Indonesia jumlahnya masih terbatas.

Video berikut ini merupakan salah satu contoh visualisasi drone yang dimanfaatkan sebagai alat penyemprot pupuk cair atau pestisida agar meningkatkan hasil panen.

Sebelumnya, di negara tetangga Australia drone terlebih dahulu sudah dimanfaatkan oleh petani lokal untuk mengusir hama burung dari lahan pertanian mereka, awalnya mereka sudah mengupayakan untuk mengatasi hama burung dengan berbagai macam cara mulai dari manual dengan mengerahkan tenaga manusia, hingga memanfaatkan alat bantu seperti suara dan boneka buatan, namun selalu gagal.

Akhirnya drone yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mengeluarkan suara bising menjadi solusi ampuh dalam mengusir hama burung yang merusak pertanian dan merugikan petani hingga 30%.

Bagaimana anda tertarik untuk memanfaatkan teknologi ini?

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

 

Comments
To Top