Connect with us

Industri

6 Perbedaan Karet Alami dan Karet Sintetis

perbedaan karet alami dan karet sintetis - agroindustri.id

AGROINDUSTRI.ID – Sebenarnya perbedaan karet alami dan karet sintetis cukup mencolok, apalagi ketika kedua jenis karet ini sudah diolah dan berubah menjadi sebuah produk jadi.

Ketika kita membayangkan benda yang elastis, maka kita akan terpikirkan tentang karet. Karet menjadi benda yang paling elatis. Sehingga banyak benda yang terbuat dari karet, seperti bola, karet gelang, ban kendaraan, dan lain-lain. Namun tahukah sebenarnya ada perbedaan karet alami dan buatan.

Sebenarnya bahan baku karet akan terbagi menajdi 2, yaitu bahan baku dari karet alami dan bahan baku dari karet buatan. Karet buatan ini sering disebut dengan karet sintetis. Keduanya sama-sama karet, namun ada  perbedaan karet alami dan buatan yang harus kita tahu.

Karet didapat dari getah yang bisa diambil dari pohon karet. Banyak kebun karet yang tersebar di dunia. Di benua Asia sendiri, daerah penghasil karet terbesar adalah negara Indonesia dan negara Malaysia. Sehingga kedua negara ini sering menjadi negar pengekspor karet terbesar.

Namun kebutuhan akan karet sangatlah besar, sehingga banyak cara mengakalinya agar kebutuhannya tercukupi. Salah satu caranya adalah dengan membuat karet sintetis atau karet buatan. Karet-karet ini akan bisa digunakan untuk meminimalisir kebutuhan karet alami.

Perbedaan karet alami dan karet Sintetis

Perbedaan mendasar dari kedua karet ini adalah dari asalnya. Karet alami didapat dari getah pohon karet yang ditoreh dari batangnya langsung. Kemudian getahnya itu akan membeku dan kemudian bisa dibuat menjadi beberapa barang-barang.

Sedangkan untuk karet buatan terbuat dari minyak bumi, batu bara, gas alam, minyak. Dan atau acetylene. Sehingga karet ini bisa menggantikan keberadaan karet alami untuk bahan baku membuat beberapa barang tertentu.

Berikut adalah perbedaan-perbedaan antara kedua jenis karet tersebut secara detail:

1. Daya elastisitas

Berdasarkan daya elastisitasnya, karet alami ini memiliki daya elastisitas yang lebih baik dan sempurna daripada karet buatan.

2. Daya plastisitas

Karet buatan memiliki daya plastisitas yang buruk, sehingga pengolahannya sulit. Sedangkan untuk karet alami, daya plastisitasnya bagus sehingga pengolahannya sangat mudah.

3. Daya aus

 

ban karet - agroindustri

Ban karet – agroindustri.id

Karet alami memiliki daya aus yang tinggi, karena memang sifat karet yang asli. Sehingga kita harus sering memperbarui benda-benda dari karet. Berbeda dengan karet sintetis yang daya ausnya rendah, sehingga agak tahan lama. Tetapi lama kelamaan juga akan aus dan tidak bagus lagi bentuknya.

4. Daya panas

Karet alami ini tidak mudah panas ketika diolah, sehingga kita akan memerlukan waktu cukup lama agar karet menjadi panas. Sedangkan untuk karet buatan akan sangat cepat panas, sehingga cepat sekali meleleh jika dipanaskan.

5. Daya tahan

Penggunaan karet yang sangat sering digunakan adalah pada ban kendaraan. Kita bisa menilai daya tahannya bagus atau tidak dari kondisi ban kendaraan tersebut. Ketika ban tersebut gampang retak-retak, maka karet yang digunakan pada ban kendaraan tersebut adalah karet buatan.

Berbeda lagi jika ban tersebut tidak retak-retak atau tidak gampang retak. Berarti ban kendaraan tersebut memakai bahan karet alami. Selain itu, daya tahan karet dari alam ini juga bisa dilihat dari ketahanannya terhadap bahan-bahan kimia.

6. Daya beli

Daya beli konsumen terhadap karet dari alam ini masih tetap tinggi, karena memang keaslian dari karet yang tidak bisa dibohongi. Walaupun harga karet selalu berubah, tetapi tidak akan pernah kehilangan pelanggannya.
Demikianlah perbedaan karet alami dan buatan yang bisa kita ketahui. Jangan sampai kita tertipu dengan karet buatan. Karena memakai yang asli dari alam itu lebih baik dan bermanfaat.

Nah, setelah membahas tentang 6 hal dasar perbedaan karet alami dan karet sintetis, di artikel berikutnya akan kami tampilkan contoh-contoh hasil olahan karet Indonesia yang dipasarkan hingga keluar negeri. Semoga bermanfaat.

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

 

 

Situs Industri Pertanian Indonesia

Comments
Advertisement

More in Industri