Industri

Inilah Prospek Kerja Alumni Jurusan Agroindustri di Indonesia

Inilah Prospek Kerja Alumni Jurusan Agroindustri di Indonesia

AGROINDUSTRI.ID – Hallo, alumni jurusan Agroindustri, seberapa sukses dirimu sekarang setelah lulus kuliah?. Ternyata tidak sedikit disekitar kita yang masih terpengaruh trend dalam memilih jurusan kuliah, dan akhirnya stuck di dalam proses mencari pekerjaan atau malah stuck di tengah-tengah masa kuliah. Kalau kamu anak agroindustri dan merasa salah jurusan mungkin artikel ini bisa memberikan pencerahan bagaimana karir menjadi seorang lulusan agroindustri yang baik.

 

Gambaran Lulusan Pendidikan Agroindustri di Indonesia

 

Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba sedikit membahas berkaitan dengan prospek kerja lulusan teknologi industri pertanian atau agroindustri dengan sudut pandang versi saya.

Di Teknologi Industri Institut Pertanian Bogor memiliki tiga stream (baca: stream adalah ranah keahlian), yaitu: Sistem dan Manajemen Industri, Teknologi Proses, dan Teknik Manajemen Lingkungan. Tapi belakangan ini ada yang baru, yaitu TEHNOPRENEUR (walaupun belum jadi stream).

Secara umum, lulusan Teknologi Industri sebenarnya disiapkan untuk menjadi MANAJER-MANAJER di perusahaan agroindustri. karena pada dasarnya mata kuliah yang kita pelajari mencakup hal-hal yang luas, sehingga banyak pengetahuan yang akan kita dapatkan mengenai industri (walaupun kulit-kulitnya saja yang akan kita pelajari).

  • 1. Untuk stream yang pertama, sangat cocok jika bekerja di bidang Analyst, IT, Programmer, Manajer, Supervisor, Marketing, HRD, Dosen dll.
  • 2. Untuk stream yang kedua, sangat cocok jia bekerja di bidang R&D, Reasearcher, Quality Control, Laboran, dan Dosen .
  • 3. Untuk Stream ketiga, sangat cocok jika bekerja di bidang K3, R&D, Researcher, Pengolahan Limbah, dan Dosen.

Untuk Stream (belum jadi) yang terakhir, sangat cocok bekerja di bidang wirausaha. Kalo mau jadi BOS atau owner perusahaan, ini dia jalurnya. Teknologi Industri juga mempelajari bagaimana cara menganalisis untuk mendirikan industri yang baik dan benar.

Dari semua stream tersebut, tempat bekerja lulusan Teknologi Industri biasanya ada di:

1) Industri Pangan

1) Industri Pangan

Misalnya: Unilever, Nestle, ABC, Indofood, Bimoli, So Good. Di sini sebagai lulusan agroindustri akan sangat bermanfaat di banyak stasiun kerja, peluang karir sebagai lulusan agroindustri tidak hanya terbatas pada bidang produksi tetapi juga sebagai manajer.

2) Industri Kosmetik

 

2) Industri Kosmetik

Misalnya: Mustika ratu, Martha tilaar, Wardah. Yap, saat ini semakin alami bahan-baku produk kosmetik yang digunakan dinilai semakin baik oleh konsumen, penanganan bahan-bahan kosmetik seperti VCO atau ekstrak buah menjadi makanan sehari-hari bagi lulusan agroindustri.

3) Industri Hilir 

 

3) Industri Hilir

Misalnya: Archiles, Pertamina, Pertambangan, Krakatau Steel, Perbankan, Pupuk Kujang. Siapa bilang lulusan industri pertanian tidak bisa kerja di Bank, semasa kuliah kami di jurusan Agroindustri juga belajar ilmu ekonomi dan manajemen yang tidak kalah rumit dengan lulusan akutansi.

4) Birokrat 

 

4) Birokrat

Misalnya: BUMN, Kementrian Perindustrian, Kementrian Pertanian. Kamu yang punya ketertarikan di bidang politik pasti punya anga-angan untuk jadi menteri perindustrian atau menteri pertanian, tapi ingat seiring dengan besarnya kekuasaan akan berbanding dengan tanggung jawab yang besar.

5) Institusi

 

5) Institusi

Misalnya: IPB, UGM, Unpad, UB, Balai Penelitian. Sampai di poin 5 ini masih bingung setelah lulus mau kemana? Ok, ambil S2 aja, jadi dosen di salah satu perguruan tinggi yang saya sebutkan tadi, selain menjadi pekerjaan bisa juga menjadi sarana mengabdi untuk kemajuan industri pertanian di Indonesia dengan melakukan penelitian-penelitian yang bermanfaat.

6) Pengusaha

 

6) Pengangguran

(Pengusaha sukses, yang tinggal diam aja dapat penghasilan). Kalo ini saya yakin pasti banyak yang mau jadi seperti ini, nggak masalah ketika kalian mau kerja keras di awal untuk membangun kerajaan bisnis kalian sendiri, didunia ini nggak ada yang lebih menyenangkan selain bisa menikmati masa pensiun secepat mungkin, agar bisa beribadah dan menghabiskan waktu dengan hobby kita.

Karena pada dasarnya lulusan Agroindustri memang mempelajari banyak hal dari mulai manajerial hingga proses produksi sebuah perusahaan, maka tidak berlebihan jika saya menyebut lulusan agroindustri sebagai salah satu aset penting bagi perusahaan yang bisa dimanfaatkan secara fleksibel di masa depan.

Sharing Pengalaman di Kerja Dari Jurusan Agroindustri

Anda punya cerita tentang pengalaman kerja dari lulusan agroindustri? Bagaimana dengan kamu yang masih ragu kuliah di jurusan agroindustri? masih mau berpetualang? Pada akhirnya apapun jurusan yang kamu pilih saat ini atau nanti ada satu kewajiban di setiap diri kita masing-masing, yakni memperbaiki lingkungan sekitar kita dengan ilmu yang kita pelajari.

Artikel ini disunting dari tulisan: 
Ridha Alfhia, Semoga bermanfaat 🙂

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Informasi Industri Pertanian Indonesia
Comments
To Top