Bisnis

Purice Kombucha Inovasi Minuman Dari Beras Karya Mahasiswa IPB

Purice Kombucha Inovasi Minuman Dari Beras Karya Mahasiswa IPB

AGROINDUSTRI.ID – Indonesia is a rich country, but poorly managed, Banyak yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa Pertanian ataupun alumninya. Kita butuh banyak profesional untuk terjun ke bidang pertanian, Pertanian kita butuh pengusaha-pengusaha muda yang punya hati dan ingin memajukan bangsanya. Karena selama manusia masih membutuhkan makanan, selama itu pula ilmu pertanian masih dibutuhkan.

 

Purice Kombucha, Hasil Inovasi Mahasiswa IPB Memenangkan Kompetisi AUCFA

 

Purice kombucha adalah minuman fermentasi yang dihasilkan dari beras dengan menggunakan jamur SCOBY (Symbiosis Colony of Bactery Yeast), nama Purice Kombucha saat ini memang masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia. Kombucha awalnya adalah sejenis minuman fermentasi yang terbuat dari larutan teh dan gula dengan menggunakan jamur SCOBY (Symbiosis Colony of Bactery Yeast). Tapi ditangan dua orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor kali ini kombucha berhasil dibuat dari bahan baku beras.

Dua sosok mahasiswa IPB tersebut adalah Aldrian Kuswadi dan Eric Prasetya, mereka berdua mencoba mengaplikasikan ilmu yang sudah didapatkannya semasa kuliah menjadi karya nyata dan ladang prestasi. Aldrian, mahasiswa DepartemenTeknologi Industri Pertanian (TIN) Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) yang pernah belajar bioteknologi ditambah dengan Eric, mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fateta yang ahli di bidang mikrobiologi, berhasil membuat kombucha dari susu beras.

“Saya pernah mendapatkan ilmu tentang kombucha ketika kuliah. Kemudian saya mencoba membuatnya juga dari teh, hingga kini menjadi sebuah bisnis. Dari pengalaman ini, saya mencoba membuatnya kembali dari bahan beras untuk diikutkan dalam ajang AUCFA,” – Aldrian Kuswadi (Mahasiswa Institut Pertanian Bogor).

AUCFA sendiri merupakan singkatan dari ASEAN University Consortium on Food and Agro-based Engineering and Technology Education. “AUCFA beranggotakan unversitas yang memiliki fakultas teknologi pertanian dalam kompetisi yang digelar di Kasetsart University, Thailand ini mereka bersaing dengan 21 tim lain dari universitas di Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Vietnam.

 

Hakko Purice Kombucha

Dikutip dari Tempo(dot)co, Pria kelahiran Bekasi, 11 Agustus 1994 ini mengaku mengikuti kompetisi untuk memperkenalkan kombucha kepada masyarakat. Di Thailand, Aldrian mengemukakan konsep produk Hakko Purice Kombucha. Purice kombucha adalah minuman fermentasi dari beras dengan menggunakan jamur SCOBY (Symbiosis Colony of Bactery Yeast). Di hadapan juri, Aldrian memaparkan seluk beluk produk, manfaat, teknologi, hingga pendekatan marketing untuk memasarkan kombucha.

Aldrian sendiri sejak awal memang tertarik untuk mengembangkan produk kombucha sekaligus merintis karir bisnis dengan produk ini. Setelah melakukan inovasi, dia tertarik untuk membuat minuman beras kombucha. Kemudian melalui berbagai studi literatur dia dan beberapa rekannya melakukan percobaan untuk mendapatkan konsep produk Hakko Purice Kombucha terbaik.

Kombucha beras hasil karya Aldrian dan Eric diberi nama Purice Kombucha dengan merk dagang Hakko. Bedanya dengan Kombucha Tea, Purice Kombucha tidak perlu ditambahkan gula untuk proses fermentasi, karena beras sendiri sudah mengandung pati yang bisa diubah menjadi gula (Glukosa dan Maltosa). Gula inilah yang akan dimakan oleh SCOBY (Jamur Kombucha) dan nantinya mengubah menjadi zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Berdasarkan hasil perhitungan ekonomis, Purice Kombucha dipatok dengan harga $ 0.75  atau setara dengan Rp 10.000 per 250 mililiter. Jika dibandingkan Kombucha Tea dengan harga Rp 25.000, minuman fermentasi dari susu beras ini justru lebih murah. Aldrian menyebutkan bahwa rasa Purice Kombucha ini belum senikmat Kombucha Tea, karena disebabkan dari proses pemecahan pati menjadi gula yang belum sempurna. Meskipun tidak senikmat Kombucha Tea, inovasi produk buatan dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor berhasil menarik perhatian para juri dan mendapatkan predikat “First Prize” di event AUCFA.

Proses Pengolahan Purice Kombucha

Purice Kombucha Inovasi Olahan Minuman

Inovasi Purice Kombucha Sebagai Solusi Nutrisi

Inovasi Purice Kombucha Sebagai Solusi Nutrisi

Seperti kita ketahui Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia, kampus yang khusus diperuntukkan bagi peminat dunia pertanian ini memang sudah terkenal dengan segudang prestasi yang membanggakan Indonesia, dengan berbagai inovasi yang dilakukan saat ini semakin menambah optimisme dari para pelaku usaha di Indonesia untuk bisa bersaing di tengah persaingan pasar global.

 

AGROINDUSTRI.ID – Situs Informasi Industri Pertanian Indonesia
Comments
To Top