Uncategorized

Resep Mpasi Untuk Bayi Berusia 6 Bulan Yang Mudah Dibuat

resep mpasi

Resep MPASI mungkin adalah hal yang paling banyak dicari para orang tua ketika si kecil sudah berada di usia 6 bulan pertama. Menginjak usia 6 bulan pertama, bayi sudah bisa mulai diperkenalkan dengan berbagai makanan padat pertamanya atau yang dikenal sebagai MPASI. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun juga menyarankan jika menu-menu MPASI hanya bisa diperkenalkan ketika si kecil sudah berusia 6 bulan. Mengapa? Karena di saat usia 6 bulan, umumnya bayi sudah mempunyai kemampuan koordinasi gerak tangan dan mata yang matang. Selain itu di saat bayi berusia 6 bulan, umumnya mereka juga sudah mampu untuk menegakkan kepala serta leher pada saat makan.

Waktu pengenalan MPASI adalah momen yang sangat penting dimana dapat mempengaruhi kesehatan bayi di waktu yang akan datang. Pemberian MPASI di saat usia 6 bulan dapat dikatakan berhasil saat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, bayi dapat menelan makanan tersebut dengan baik, sera tidak melebihi kapasitas dari sistem pencernaan serta ginjal dalam mencerna makanan. Bagi anda yang masih bingung mencari menu MPASI terbaik untuk 6 bulan pertama anak. Berikut ini ada beberapa menu MPASI yang cocok dan direkomendasikan serta mudah dibuat.

  1. Pure Pisang

Anda bisa memberikan buah pisang sebagai menu utama dalam MPASI 6 bulan pertama. Buah pisang tak hanya disukai oleh orang dewasa saja, namun banyak anak kecil pula yang menyukainya. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan 1buah pisang manis yang berukuran sedang. Kerok pisang namun hindari bagian tengah pisang karena rasanya pahit dan mudah membuat bayi sembelit. Jika dirasa kurang halus anda bisa menghaluskan buah pisang dengan menggunakan sendok. Kemudian sajikan kepada anak.

  • Pure Pepaya

Sama seperti pisang, buah papaya juga bisa menjadi pilihan bagi menu MPASI 6 bulan pertama. Ada banyak kandungan enzim di dalam buah papaya yang baik untuk sistem pencernaan bayi. Selain itu papaya juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti asam folat dan zat besi yang mmebantu perkembangan otak. Gunakan 2 ptg papaya dan ASI/Susu formula secukupnya. Cuci dan kupas buah papaya dan kemudian haluskan. Saring dan campur dengan ASI, kemudian sajikan.

  • Pure Buah PIr

Anda bisa memilih jenis buah pir xiang lie sebagai bahan utama dalam menu MPASI anak. Hal ini karena buah pir ini terbilang cukup manis dna tidak butuh tambahan gula. Karena memang disarankan saat anak masih berusia 6 bulan untuk tidak mengkonsumsi gula dan garam. Sehingga biarkan bayi belajar dengan merasakan rasa alami yang ada dalam buah tersebut. Untuk penyajiannya masih sama seperti sebelumnya.

  • Bubur Susu

Bayi berusia 6 bulan sudah bisa anda coba berikan bubur susu sebagai menu pendamping ASI. Bubur ini bisa anda buat sendiri dengan tepung beras merah serta ambahan susu. Tepung beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih.

  • Puree Wortel

Wortel tak hanya enak dibuat untuk jus saja, namun cocok pula untuk MPASI dan direkomendasikan sebagai menu untuk proses pengenalan makanan pada si kecil. Anda bisa memberikan wortel yang telah direbus, kemudian haluskan dan campurkan dengan ASI/Susu Formula sesuai dengan selera.

Nah itu tadi beberapa menu MPASI yang cocok untuk diberikan pada saat perkenalan makanan padat di usia 6 bulan pertama si kecil. Berikan makanan-makanan yang bernutrisi tinggi sehingga membantu perkembangan dan pertumbuhan anak lebih baik. .

Comments
To Top

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Agroindustri will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.