Opini

5 Perbedaan Karakteristik Daging Babi dan Daging Sapi

PERBEDAAN KARAKTERISTIK DAGING BABI DAN DAGING SAPI

AGROINDUSTRI.ID – Karena kita tinggal di Indonesia dan mayoritas tidak mengkonsumsi daging babi, maka kita harus paham apa saja Perbedaan Karakteristik Daging Babi dan Daging Sapi. Selama ini daging sapi menjadi daging yang digemari oleh banyak orang. Apalagi di Indonesia sendiri banyak penduduknya yang muslim, sehingga otomatis tidak mengonsumsi daging babi. Namun jika di Bali atau di negara non-muslim, ternyata daging babi justru lebih banyak digemari.

Meskipun batasan nilai antara daging babi dan daging sapi sudah jelas, tetapi masih ada saja kasus di pasaran yang melakukan pengoplosan daging sapi dengan daging babi. Ini disebabkan karena permintaan daging sapi meningkat tetapi tidak diimbangi dengan suplay persedian daging sapi. Maka dari itu, timbullah kecurangan berupa pengoplosan daging babi dan daging sapi.

Biasanya kasus tersebut sangat marak terjadi ketika menjelang hari raya datang. Ini dikarenakan kebutuhan akan daging sapi sangatlah banyak. Ditambah lagi dengan tingginya harga daging sapi, sehingga kemudian banyak pedagang yang melakukan oplosan pada daging sapi dengan daging babi. Alhasil, banyak orang yang kemudian rugi, karena sudah membeli daging sapi yang sudah dicampur dengan daging babi.

Selain ditemukannya kasus pengoplosan, di Yogyakarta sendiri beberapa waktu lalu ditemukan sebuah warung soto sapi yang menggunakan daging babi sebagai pengganti daging sapi, warung soto ini sempat ramai diperbincangkan penikmat kuliner yang penasaran dengan satu mangkok soto yang terkenal dengan harganya yang murah dan isi dagingnya yang banyak.

 

Perbedaan Karakteristik Daging Babi dan Daging Sapi

Bagi orang awam, daging sapi yang sudah dioplos dengan daging babi tidak akan kelihatan perbedaannya. Karena secara sepintas, keduanya memiliki bentuk dan warna yang sama. Sehingga banyak kasus penipuan yang dilakukan oleh pedagang dan pembeli pun banyak juga yang tertipu.

Agar tidak semakin banyak orang yang tertipu, maka kita sebagai pembeli haruslah pintar. Kita harus paham tentang karakteristik daging babi dan karakteristik daging sapi dengan baik.

Berikut adalah perbedaan karakteristik daging babi dan sapi yang harus kita pahami:

1. Perbedaan Karakteristik Daging Babi Dan Daging Sapi: Warna daging

Perbedaan antara daging sapi dengan daging babi dapat diketahui dari warna daging. Untuk karakteristik daging babi, warna dagingnya cenderung lebih pucat daripada daging sapi. Selain itu, jika dilihat secara detail, daging babi ini akan sangat mirip dengan daging ayam.

2. Perbedaan Karakteristik Daging Babi Dan Daging Sapi: Serat daging

Karakteristik daging sapi ini dapat dilihat dari serat dagingnya, yakni seratnya sangat terlihat jelas. Selain itu, seratnya juga terlihat sangat padat dan garis-garis pada dagingnya juga tampak sangat jelas.
Sedangkan serat daging babi tidak sejelas serat pada daging sapi. Serat-seratnya terlihat samar-samar dan renggang. Sehingga perbedaan antara keduanya sangatlah jelas. Kita bisa melihat perbedaan seratnya hanya dengan membentangkan daging-daging tersebut.

3. Perbedaan Karakteristik Daging Babi Dan Daging Sapi: Penampakan lemaknya

Setiap daging pasti memiliki kandungan lemak. Namun perbedaan kandungan lemaknya berbeda-beda antara satu daging dengan daging lainnya. Jika dilihat dari kandungan lemaknya, karakteristik daging babi ini memiliki kandungan lemak yang berbentuk elastis, basah, dan susah untuk dilepaskan. Sedangkan pada daging sapi, kandungan lemaknya lebih kaku. Namun jika dilihat secara kasat mata, bentuk lemak daging babi dan lemak daging ayam hampir sama.

4. Perbedaan Karakteristik Daging Babi Dan Daging Sapi: Tekstur daging

Tekstur daging sapi lebih kaku dan padat. Sedangkan tekstur pada daging babi lebih lembek dan elastis atau sangat mudah untuk direnggangkan. Sehingga tekstur daging babi terasa sangat kenyal.

5. Perbedaan Karakteristik Daging Babi Dan Daging Sapi: Aroma daging

Antara daging babi dan daging sapi ada perbedaan yang sangat jelas, yaitu pada aromanya. Dimana aroma dari daging sapi lebih anyir daripada aroma pada daging babi.

Antara daging sapi dengan daging babi ssebenarnya sangatlah berbeda. Baik dilihat secara sekilas, maupun dilihat secara detail, daging sapi memang sangat berbeda dengan daging babi. Maka dari itulah, kita tidak perlu bingung bagaimana untuk membedakannya.

Perbedaan karakteristik daging babi dan daging sapi jika dilihat secara detail, bisa kita lihat dari warnanya, seratnya, teksturnya, serta baunya. Maka dari itu, kita pun harus banyak-banyak mencari informasi tentang kedua jenis daging tersebut agar resiko mengalami kesalahan dalam membeli daging pun bisa dihindari.

AGROINDUSTRI.ID – Situs Industri Pertanian Indonesia

 

Comments
To Top