News

9 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Jengkol

Siapa yang suka makan jengkol? Makanan dengan aroma yang khas ini memang memiliki cita rasa yang memikat, terutama bagi para penikmatnya. Namun karena itu pula, Anda harus berhadapan dengan aroma khas jengkol ini setelah Anda memakannya. Yang tentunya menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menghilangkan bau jengkol?

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Jengkol

Selalu ada solusi untuk setiap masalah, termasuk masalah bau jengkol ini. Anda masih bisa makan jengkol dan kemudian bisa menyelesaikan masalah bau jengkol yang muncul. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan cara-cara berikut ini.

1.    Gosok gigi dan berkumur

Yang pertama, Anda bisa menggosok gigi Anda dan berkumur setelah makan jengkol untuk menghilangkan baunya. Agar hasilnya maksimal, Anda juga sebaiknya menggosok lidah Anda sehingga tidak ada lagi sisa jengkol yang menempel di rongga mulut Anda.

2.    Perbanyak minum air putih

Cara yang kedua yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Tidak hanya efektif menghilangkan bau jengkol dari mulut Anda, namun juga efektif menghilangkan baunya di sistem pencernaan. Ketika Anda makan jengkol, senyawa kimia pada jengkol akan mempengaruhi urin sehingga urin Anda juga akan berbau jengkol.

 

Dengan memperbanyak minum air putih, akan menjadikan senyawa jengkol dalam urin menjadi tidak terlalu pekat sehingga intensitas bau bisa dikurangi.

3.    Beras

Yang ketiga, Anda bisa menggunakan beras untuk menghilangkan aroma jengkol pada mulut Anda. Caranya sangat mudah. Ambil satu sendok makan beras. Cuci hingga bersih kemudian kunyah beras. Setelah Anda mengunyahnya, buang beras tersebut dan jangan ditelan.

4.    Garam

Yang keempat, Anda bisa mengunyah garam untuk menghilangkan bau akibat makan jengkol. Meskipun rasanya asin dan tidak enak, cara ini ampuh untuk mengusir bau jengkol. Garam yang Anda kunyah akan menghasilkan air liur di mulut. Apakah Anda berani mencobanya?

5.    Kopi

Kopi juga bisa Anda gunakan untuk mengurangi bau jengkol. Untuk Anda yang suka minum kopi, bisa menggunakan cara ini. Anda bisa mengunyah bubuk kopi secara langsung atau bisa juga menyeduhnya terlebih dahulu. Minuman kopi yang paling ampuh untuk mengurangi bau jengkol di mulut bukan minuman kopi kekinian, melainkan minuman kopi pahit tanpa gula.

6.    Mentimun

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan menggunakan mentimun. Jika di rumah Anda ada mentimun, Anda bisa menggunakan sayuran ini. Kandungan air yang tinggi pada mentimun bisa digunakan untuk menyegarkan mulut dan mengurangi bau akibat makan jengkol.

7.    Minuman bersoda

Yang ketujuh, Anda bisa minum minuman bersoda setelah makan jengkol. Ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang suka makan jengkol. Selalu sediakan minuman bersoda tiap kali Anda makan jengkol sehingga Anda tidak lagi bermasalah dengan bau jengkol di mulut.

8.    Permen karet

Mengunyah permen karet juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan aroma khas dari jengkol. Ini bisa menjadi pilihan jika Anda tidak sempat untuk menggosok gigi. Anda bisa memilih permen karet mint untuk menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut, termasuk bau jengkol.

9.    Susu

Yang terakhir, Anda bisa menggunakan susu. Susu ternyata memiliki kandungan senyawa yang mampu menghilangkan bau jengkol. Jika Anda tidak suka minuman bersoda, Anda bisa menggunakan minuman sehat dan menyegarkan ini.

Nah itulah 9 cara menghilangkan bau jengkol yang bisa Anda coba. Jangan sampai aroma tidak sedap membuat Anda tidak bisa menikmati makanan favorit Anda. Ketahui cara mengatasinya sehingga Anda tetap bisa menikmati makanan beraroma khas ini. Selamat mencoba.

Comments

Trending

To Top

Pin It on Pinterest

Share This

Yuk, Bagikan Artikel ini

Share this post with your friends!