Advertorial

Inilah Makanan yang Bisa Memperlancar Produksi Asi

ibu dan bayi

Memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi merupakan salah satu cara meningkatkan produksi ASI yang bisa dilakukan oleh ibu menyusui. Beruntungnya, di Indonesia ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk memperlancar produksi ASI.

Meningkatkan produksi ASI dengan cara mengatur menu makanan sendiri merupakan pilihan populer, karena selain mudah dilakukan resikonya juga relatif kecil bagi ibu maupun si buah hati. Berikut merupakan daftar beberapa makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk memperbanyak produksi ASI.

Makanan yang Bisa Memperlancar Produksi Asi

Apa saja makanan yang bisa memperlanjar produksi ASI ibu menyusui? Temukan jawabannya di sini.

1.Daun Katuk

Bagi kaum perempuan yang sudah berkeluarga, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama daun yang satu ini. Daun katuk memiliki khasiat tinggi yang terbukti mampu membantu produksi ASI. Keyakinan tersebut sudah berlangsung secara turun-temurun di masyarakat Indonesia sejak lama.

Efektifitas daun katuk sendiri disebabkan oleh kandungan protein, serat, vitamin C, folat, zinc, kalsium, magnesium serta zat besi. Selain itu, terdapat juga kandungan vitamin A, vitamin B kompleks serta beragam antioksidan yang dapat menjaga kondisi tubuh.

2.Bayam

Bayam dan beberapa jenis sayuran hijau merupakan salah satu sumber zat besi yang berfungsi untuk memperlancar pembentukan sel darah merah. Di sisi lain, kandungan vitamin B6 yang terkandung di dalam bayam segar juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Selain manfaat di atas, bayam juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, E, K dan protein. Anda juga bisa mendapatkan kandungan mineral seperti thiamin, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium dalam satu porsi sayur bayam yang diolah dengan benar.

Jadi, jika Anda ingin memperlancar produksi ASI cobalah rutin mengkonsumsi bayam segar untuk menu sehari-hari. Selain memiliki rasa segar, bayam juga sangat mudah ditanam dan didapatkan sehingga semakin memudahkan.

3.Wortel

Siapa yang tidak tahu sayuran yang satu ini, manfaatnya sudah banyak dirasakan untuk menambah asupan vitamin untuk kesehatan tubuh. Wortel terbukti banyak mengandung vitamin A, enzim Phytoestrogens yang bisa membantu memperbanyak ASI, serta beta karoten. Beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi 1 gelas jus wortel sebelum makan siang bisa menambah produksi ASI pada sore hari. Sangat luar biasa bukan? Anda wajib mencobanya jika memang produksi ASI dirasa kurang memadai.

4.Pare

Meskipun tidak banyak orang yang bisa mengkonsumsi pare karena rasanya yang pahit, tapi tidak mengubah fakta bahwa sayuran ini banyak dimanfaatkan untuk membantu memperbanyak ASI. 

Ada banyak keistimewaan di balik rasa pare yang pahit, diantaranya seperti mengandung vitamin K, fitokimia, likopen serta antioksidan yang membantu melancarkan aktivitas ibu menyusui. 

Terlepas dari itu, Anda bisa mengkonsumsi pare dengan berbagai cara, mulai dari dengan menjadikannya sayur tumis, direbus, atau bisa juga dengan cara di jus. 

5.Kacang-kacangan

Perlu diketahui, mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah, kacang kenari merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk memperbanyak produksi ASI. Pasalnya, berbagai jenis kacang tersebut mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, kandungan protein, kalsium, serta zat besi yang diperlukan oleh tubuh ibu menyusui.

6.Daun Kelor

Kandungan zat gizi mikro yang terdapat di dalam daun kelor terbukti mampu memberikan pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Anda bisa mendapatkan kandungan kalsium dan zat besi yang baik untuk pemulihan kondisi kesehatan pasca melahirkan. Terlepas dari itu, kelor juga bisa digunakan untuk merangsang kelenjar susu sehingga produksi ASI semakin meningkat.

Nah, bagi Anda yang mencari cara mengkonsumsi daun kelor agar tidak cepat bosan caranya bisa dengan menambahkan ke dalam sup, semur atau kari daging pilihan sehingga rasanya tidak terlalu dominan.

Penutup

Bagaimana, apakah Anda sudah memiliki gambaran terkait makanan apa saja yang bisa memperlancar produksi ASI? Selain dengan cara mengatur menu makanan, ada banyak cara lain untuk meningkatkan produksi ASI, salah satunya yakni dengan cara memijat payudara agar ASI lancar, selain itu bisa juga dengan mengkonsumsi obat ASI booster dan menerapkan tips-tips yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Comments

Trending

To Top