Sponsored

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman yang Perlu Diketahui

cocopeat

Dalam bercocok tanam, pemilihan media tanam merupakan salah satu faktor penting yang bisa menentukan kesuksesan. Selain media tanah, Anda bisa mencoba media lain seperti Cocopeat yang memiliki kandungan nutrisi serta zat hara cukup tinggi untuk mendukung tumbuh kembang tanaman.

Cocopeat cocok untuk tanaman yang dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik, misalnya seperti selada, sayuran kangkung, tomat, pak coy, dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu saja, Cocopeat juga bisa dimanfaatkan untuk media tumbuh tanaman hias bunga-bungaan seperti anggrek atau Lily yang memiliki nilai jual tinggi. 


Terkait komposisi, Cocopeat sendiri terbuat dari serat sabut kelapa yang sangat mudah ditemui di sekitar kita. Bentuknya yang halus merupakan hasil dari proses penggilingan hingga lebih fleksibel ketika digunakan sebagai media tanam.

Dengan kadar pH sekitar 5,0 sampai 7,0 Cocopeat tentu sangat optimal untuk menunjang pertumbuhan akar tanaman jenis apapun. Selain itu, media tanam ini juga memiliki beragam manfaat yang bisa dipelajari melalui ulasan berikut ini:

Manfaat Cocopeat Untuk Tanaman

1.Memiliki Tekstur yang Mirip Tanah

Bagi Anda yang belum tahu, Cocopeat merupakan salah satu media tanam yang memiliki tekstur halus seperti halnya tanah pada umumnya. Meski begitu, ada perbedaan mencolok antara Cocopeat dengan media tanam tanah biasa yang terletak pada kandungan nutrisi serta unsur hara.

Maka dari itu, tidak heran jika saat menanam tanaman menggunakan Cocopeat Anda akan memperoleh hasil yang maksimal, karena tanaman bisa menyerap banyak nutrisi yang membantu proses tumbuh dan berkembang.

2.Daya Serap Air Tinggi

Perlu diketahui, Cocopeat memiliki daya serap air hingga 100 kali lipat lebih baik jika dibandingkan dengan tanah konvensional. Tidak hanya mampu menyerap air yang sangat tinggi, namun Cocopeat juga bisa menyimpan air yang sangat bermanfaat untuk proses hidrasi tumbuhan ketika masuk musim kemarau.

3.Sangat Ramah Lingkungan

Sesuai namanya, cocopeat menggunakan bahan dasar dari sabut kelapa yang dikeringkan. Alhasil seluruh materialnya bisa dikatakan organik dan ramah lingkungan. Jika sudah tidak digunakan, Cocopeat juga bisa terdegradasi dengan baik di dalam tanah, jadi tidak perlu khawatir soal pencemaran lingkungan.

4.Tahan Terhadap Serangan Hama

Serangan hama memang tidak bisa dipisahkan dari proses perawatan tanaman. Namun, Anda bisa meminimalisir dampak kerusakan yang bisa terjadi dengan cara beralih menggunakan media tanam Cocopeat. Pasalnya, beberapa jenis hama yang hidup dan berkembang biak di tanah tidak suka berada di media tanam ini. 

Efeknya bagian akar tanaman tentu akan jauh lebih sehat dan optimal dalam menyerap nutrisi untuk proses perkembangan.

5.Cocok Untuk Pemula

Cocopeat merupakan media tanam yang sangat bagus untuk digunakan para pemula. Anda bisa memanfaatkan Cocopeat untuk belajar menanam tanaman secara hidroponik. Tekstur dan bentuknya yang menyerupai tanah juga baik untuk berbagai kebutuhan.

Itulah berbagai manfaat cocopeat untuk tanaman. Semoga infomasi di atas bermanfaat ya! Bagi Anda yang tertarik membeli Cocopeat salah satunya bisa order melalui Tanami dengan informasi kontak sebagai berikut ini: Whatsapp +62 812-1233-3590 dan email: [email protected].

 

Comments

Trending

To Top