News

5 Manfaat Manajemen Stok Produk Online Shop Anda

inventory produk

Online shop merupakan bisnis kekinian yang wajib Anda pertimbangkan demi mendapatkan penghasilan besar. Toh, bisnis online shop bisa dilakukan sebagai usaha sampingan yang memberikan omzet diluar gaji utama. Jika Anda yakin ingin mengembangkan bisnis online shop menjangkau pemasaran media sosial dan e-commerce, pastikan memiliki sistem inventory bisnis yang baik. 

Manfaat memiliki aplikasi inventory bisnis yang berkualitas

Bila Anda memiliki bisnis online shop, memastikan barang selalu tersedia merupakan hal paling vital. Apalagi Anda yangbmembuka sistem reseller dan dropshipper. Maka mitra Anda wajib mendapatkan produk berkelanjutan dengan baik. Berikut manfaat memiliki sistem inventory bisnis menggunakan aplikasi otomatis yaitu :

1.Mencegah toko kehabisan produk

Jika permintaan Anda laris manis, maka pastikan untuk menyiapkan persediaan produk di gudang. Jangan sampai Anda mengalami kehabisan stok sehingga menimbulkan kekecewaan di hati reseller dan pelanggan tercinta. Jika produk sudah menipis, Anda bisa segera melakukan restock produk lebih cepat.

2.Mencegah risiko barang overload

Selain bisa mencegah kehabisan produk yang laris manis di pasaran, Anda juga bisa memantau stok tetap stabil. Jangan sampai Anda tergoda menambah stok lebih banyak tanpa mengecek ketersediaan produk di gudang. Tinggal cek ketersediaan produk di aplikasi sehingga memudahkan Anda dalam menjaga stok tidak berlebihan. 

Stok yang overload tanpa permintaan berkesinambungan bisa menimbulkan kerugian besar.  Jangan biarkan bisnis Anda berhenti karena barang menumpuk di gudang, apalagi jenis produk fashion yang berganti mode seiring waktu.

3.Mengontrol modal perusahaan 

Mengecek stok yang ada di gudang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam mengontrol modal perusahaan yang masih mengendap. Stok yang masih menumpuk menjadi indikasi modal Anda masih bertahan dalam bentuk barang. Semakin banyak produk yang ingin Anda beli dari supplier dan disimpan di gudang usaha, maka semakin banyak modal yang harus dikeluarkan.

4.Data produk keluar masuk lebih akurat

Keberadaan tim gudang yang menerima dan mendata barang masuk atau keluar bisa lebih mudah berkat aplikasi inventory ini. Dengan menggunakan sistem yang otomatis, maka Anda bisa mengecek ketersediaan produk yang keluar atau masuk ke gudang baru lebih efisien. Data dijamin nyata minim error yang acap dilakukan sumber daya manusia konvensional. 

5.Mendukung perkembangan bisnis online shop 

Dewasa ini, Anda bisa menggunakan sistem website untuk memudahkan pembeli dalam memilih katalog produk dan melakukan transaksi pembelian.

Selain itu, ada pula sistem pembelian manual yang dilakukan lewat media sosial hingga marketplace. Peluang transaksi bisa dari mana saja sehingga Anda tidak boleh melewatkan satu potensi yang menghasilkan penjualan produk. 

Pastikan untuk memiliki sistem inventory yang praktis dan mudah di perusahaan. Kemudahan mengecek ketersediaan produk yang ada dalam wishlist dan keranjang pelanggan bisa membuat Anda mampu mengontrol produksi atau pembelian produk ke supplier.

Manajemen yang tepat dalam membeli dan menjual produk sangat membantu perusahaan berkembang lebih pesat. Barang yang selalu tersedia membuat pelanggan setia Anda tidak akan mencari produk yang sama ke tangan kompetitor, lho!

Dengan https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/ kini Anda wajib memilih aplikasi inventory bisnis yang multifungsi dengan ragam manfaat bagi perusahaan. Anda tidak perlu melakukan pencatatan manual sebab segalanya bisa dilakukan secara otomatis.

Mau memantau ketersediaan barang di gudang, cek harga beli, barang yang paling laris, cek keuntungan per produk sampai menarik laporan penjualan yang praktis, kenapa tidak? Anda wajib memilih pencatatan produk di perusahaan yang lebih cepat, mudah dan fleksibel, ya!

Comments

Trending

To Top