Advertorial

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Perusahaan Logistik

Perubahan pola konsumsi masyarakat menjadi salah satu perkembangan e-commerce di Indonesia. Pola jual beli manual di semua sektor saat ini banyak terganti dengan bisnis online. Hal ini juga menjadi faktor berkembangnya bisnis logistik internasional maupun domestik. Perusahaan logistik di Jakarta menjamur, memenuhi permintaan antara pedagang dan konsumen di seluruh daerah.

Indonesia merupakan negara kepulauan. Hal ini memberikan landasan bahwa kunci perdagangan dan pemerataan pada distribusi barang berada pada sektor logistik. Distribusi dalam jumlah kecil atau besar memberikan dampak signifikan pada sektor ini.

Memilih Layanan Logistik

E-commerce membuka peluang besar bagi kerjasama business-to-business (B2B) antar pulau. Oleh karena itu, pemilihan logistik yang tepat sangat mempengaruhi perkembangan bisnis. Untuk memilih perusahaan logistik yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

1. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu pengiriman kargo ataupun barang tergantung pada manajemen dari perusahaan logistik. Waktu tentu menjadi salah satu kendala, terutama apabila komoditas Anda berupa barang yang mudah rusak, seperti makanan atau minuman.

Hitunglah perkiraan barang yang sampai dengan waktu tunggu kargo. Pemilihan hari juga tergantung pada barang yang akan Anda kirim. Oleh karena itu, pastikan pada perusahaan logistik mengenai pelayanan mereka dan juga komitmen dalam ketepatan waktu.
Bisnis akan berjalan dengan lancar apabila distribusi tidak terhambat. E-commerce sangat tergantung pada logistik karena pengiriman barang yang tepat waktu akan memberikan kesan yang baik di mata konsumen.

2. Kelengkapan Pelayanan

Kelengkapan servis dari perusahaan logistik juga layak menjadi pertimbangan. Beberapa perusahaan logistik di Jakarta, misalnya, menyediakan pelayanan contract logistic sehingga mempermudah Anda untuk fokus pada pengelolaan bisnis.

Terkait dengan pelayanan, perusahaan logistik SERA memiliki unit logistik SELOG yang menangani contract logistic hingga courier service berskala domestik hingga internasional. Unit courier service pada SELOG juga bisa dimanfaatkan untuk kerjasama B2B antar pulau, termasuk pengiriman dokumen yang sangat penting dan kargo barang-barang berharga.

3. Keamanan dalam Pengiriman

Dalam memilih perusahaan logistik, Anda juga harus mempertimbangkan faktor keamanan pengiriman barang. Pilihlah perusahaan dengan reputasi yang baik. Review atau testimoni dari konsumen lain merupakan hal yang bisa Anda pertimbangkan. Selain itu, pastikan pula perusahaan logistik memiliki standar keamanan pengiriman barang yang jelas.

4. Adanya Standar Tarif

Standar tarif jelas dan juga sesuai dengan pelayanan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Sebagai pengguna layanan jasa, Anda juga memiliki hak untuk bertanya secara mendetail mengenai standar tarif ini. Dengan demikian, Anda bisa mengestimasi dana untuk kebutuhan pengiriman.

5. Kemudahan Penyimpanan dan Pelacakan

Pertimbangkan pula perusahaan yang memiliki kemudahan pelacakan, pengelolaan, dan juga penyimpanan barang. Pilih perusahaan yang telah memiliki Warehouse Management System (WMS) agar mudah menyimpan dan melacak barang.

Dengan sistem WMS, Anda tidak perlu memikirkan mengenai pelacakan barang yang rusak atau barang yang tertahan. Hal ini karena perusahaan logistik tersebut telah menangani pelayanan yang dilakukan secara waktu yang sebenarnya (real time).

Logistik memegang peran penting dalam perkembangan perdagangan secara daring. Perusahaan logistik di Jakarta maupun di daerah saat ini tengah berlomba untuk memenuhi pelayanan jasa konsumen. Pastikan bahwa pilihan Anda telah tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan juga yang bisa menunjang perkembangan bisnis Anda.

Comments

Trending

To Top