Advertorial

Mengenal Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Cara Menghitungnya

Hampir semua orang ingin memiliki tubuh yang ideal. Tubuh ideal ini bisa didapat dengan menjaga berat tubuh. Tidak angka ideal yang pasti bagi semua orang karena tiap orang memiliki angka idealnya masing-masing. Hal ini sangat dipengaruhi oleh Indeks Massa Tubuh atau IMT pada normalnya. Jadi, tubuh yang ideal tidak hanya didapat dari angka timbangan yang kecil, namun juga angka IMT normal.

Apa Itu Indeks Massa Tubuh?

Untuk Anda yang belum tahu apa itu Indeks Massa Tubuh, tulisan ini akan mengajak Anda untuk mengenal hal ini. Indeks Massa Tubuh (IMT) atau disebut juga dengan Body Mass Index (BMI) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui rentang angka yang ideal untuk berat badan seseorang.

Dari pengukuran IMT ini, Anda akan mendapatkan rentang angka yang ideal berdasarkan tinggi badan dan berat badan Anda. Angka inilah yang disebut dengan angka IMT pada normalnya. Karena itulah berlaku, semakin tinggi tubuh seseorang, semakin besar pula angka berat badan ideal orang tersebut. Dari hasil pengukuran ini pula Anda bisa memprediksi risiko gangguan kesehatan yang mungkin terjadi pada Anda.

Cara Menghitung IMT

Lalu, bagaimana cara mengitung IMT? Angka IMT didapatkan dari rumus penghitungan berat badan (dalam Kg) dibagi dengan kuadrat tinggi badan (dalam satuan meter). Hasil dari penghitungan tersebut akan didapatkan angka indeks sesuai dengan penggolongan tertentu.

Berikut ini contoh menghitung IMT. Seseorang memiliki tinggi badan 160 cm (menjadi 1,6 meter) dan berat badan 50 Kg, maka IMT-nya adalah
IMT = BB : (TB)2 = 50 : (1.6)2 = 19.5
Dari contoh tersebut, didapatkan bahwa IMT orang ini adalah 19.5. Ini bukan hasil akhir karena angka ini hanya indeks.

Penggolongan IMT

Angka yang didapatkan dari penghitungan IMT memiliki arti tertentu. Berikut ini adalah penggolongan atau kategori dalam IMT :

1. Berat badan di bawah normal, jika angka IMT berada di bawah 18.5
2. Berat badan normal, jika IMT berada di kisaran 18.5-24.9
3. Berat badan kelebihan, jika IMT berada di kisaran 25-29.9
4. Obesitas, jika IMT berada di atas 30
Sekarang, Anda sudah tahu IMT pada normalnya berada di kisaran angka 18.5 sampai dengan 24.9.

Jika penghitungan IMT Anda sudah menghasilkan angka tersebut, berarti Anda memiliki berat tubuh yang ideal. Jika kurang dari itu, berarti Anda perlu meningkatkan berat badan lagi. Apabila lebih, Anda butuh diet agar tubuh Anda lebih ideal.

Pentingnya Menjaga IMT

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa menjaga IMT yang ideal itu penting? Selain penting untuk penampilan Anda, IMT yang ideal juga memiliki berbagai keuntungan, yaitu :

1. Mengurangi risiko gangguan kesehatan

Berat badan yang ideal membuat tubuh Anda lebih ringan dan stamina tetap terjaga. Tidak hanya itu, Anda juga terhindar dari risiko penyakit seperti nyeri sendi dan nyeri otot.

2. Metabolisme lebih baik

Keuntungan lainnya adalah metabolisme dan peredaran darah akan lebih baik. Seseorang dengan tubuh ideal memiliki metabolisme tubuh yang lebih bagus daripada yang memiliki berat badan berlebih.

3. Kerja jantung lebih ringan

Kinerja jantung juga akan lebih ringan sehingga peredaran darah lebih lancar. Hal ini juga berhubungan dengan sedikitnya jumlah lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

4. Mengurangi risiko penyakit berbahaya

Yang terakhir, Anda akan terhindar dari risiko penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjaga IMT pada normalnya. Jadi, jagalah tubuh Anda agar tetap memiliki berat tubuh yang ideal sehingga Anda bisa terhindar dari risiko gangguan kesehatan, dari gangguan kesehatan yang tidak berbahaya sampai yang bisa menyebabkan kematian.

Comments

Trending

To Top