Advertorial

Mengenal Manfaat Latihan Back Lift

Dalam dunia bina raga ada berbagai macam pelatihan yang bisa kita gunakan. Mulai dari aktivitas latihan untuk membentuk otot tubuh bagian atas, lengan, bagian dada, otot perut, hingga bagian kaki.

Back lift merupakan salah satu sistem latihan bina raga yang cukup familiar dikalangan masyarakat awam. Dari segi definisi, back lift merupakan jenis olah raga yang ditujukan untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris. Latihan fisik ini biasanya dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurur kemudian perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai terangkat maksimal.

Agar lebih jelas Anda bisa mengikuti ilustrasi langkah-langkah cara melakukan latihan back lift berikut ini:

1.Pertama posisikan badan tidur telungkup, kaki rapat,dan kedua tangan berpegangan di belakang kepala

2.Setelah posisi 1 sempurna, Anda harus mengangkat badan dengan dada tidak menyentuh ke lantai

3.Posisi kaki tetap masih menyentuh pada lantai tidak boleh ikut bergerak ke atas atau justru bergeser ke samping kanan kiri

4.Pergelangan kaki bisa dipegang oleh teman, instruktur daataun dapat pula tidak dipegang (dibiarkan loss)

5.Gerakan back lift dengan mengangkat kepala ke atas ini dilakukan berulang-ulang selama sekitar 15-30 detik agar mendapatkan hasil maksimal

Gerakan yang lazim dilakukan saat latihan back lift melibatkan banyak bagian otot di tubuh, di antaranya seperti otot pada bagian punggung, kaki, dan tangan. Latihan ini dipercaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kondisi fisik menjadi jauh lebih prima dan maksimal. Terutama untuk atlet yang sehari-hari harus berlatih secara ekstra.

Setelah belajar tentang pengertian back lift dan tata cara penerapannya, kini kita masuk ke pembahasan terkait manfaat dari melakukan aktivitas latihan back lift bagi jiwa dan raga.

Berikut beberapa manfaat dari latihan deadlift yang bisa membuat Anda tergugah untuk melakukannya.

  1. Meningkatkan Kekuatan Tubuh

 

Latihan back lift mampu meningkatkan kekuatan tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Musculoskeletal and Neuronal Interactions latihan back lift bakal meningkatkan kekuatan serta menaikkan stabilitas. Jenis latihan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan otot-otot di bagian belakang dan depan tubuh dan melindungi sendi dari stres dan cedera yang tidak dibutuhkan.

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

 

Latihan back lift dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Berlatih back lift secara rutin dan teratur akan membantu menurunkan berat badan sehingga menjadi lebih ideal. Latihan ini akan membantu meningkatkan massa otot tanpa lemak, yang pada gilirannya meningkatkan laju metabolisme, membuat tubuh Anda lebih efisien dalam membakar lebih banyak kalori.

 

  1. Mencegah Cidera

 

Tidak hanya atlet, kita sebagai orang biasa juga rawan cidera. Terutama ketika mengangkat beban atau saat merespon sesuatu dengan gerakan refleks. Menjalani latihan back lift sedikit banyak mampu menurutnkan potensi cidera dari bagian punggung karena setiap hari otot sudah terlatih sedemikian rupa.

 

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

 

Pada intinya, hampir sebagian besar aktivitas olah raga berperan penting dalam menjaga postur tubuh seseorang. Begitu pula dengan pola latihan back lift yang saat ini sedang kita bahas, dengan melakukan latihan secara teratur beberapa ahli mengatakan hal ini sangat efektif untuk mengatasi bungkuk atau kurang lurusnya tulang belakang.

Selain itu, jenis latihan ini juga memungkinkan untuk otot-otot di bagian sendi untuk bergerak lebih fleksibel sehingga menekan laju pertumbuhan lebih optimal.

Kiranya demikian artikel pembahasan tentang apa itu back lift pada kesempatan kali ini.

Semoga bermanfaat.

Comments

Trending

To Top