Life

Kenali Sistem Imunitas Tubuh, Berikut Tips Menjaga Kekebalan Tubuh di Masa Pandemi

imunitas tubuh

Sistem imunitas merupakan bentuk sistem kekebalan atau pertahanan tubuh yang berperan dalam menyingkirkan benda-benda asing yang masuk kedalam tubuh. Dapat dibayangkan jika tubuh Anda tidak memiliki imun, pastinya Anda akan sangat mudah jatuh sakit akibat serangan virus dan bakteri. Mari kenali lebih dalam mengenai sistem imunitas tubuh dan tips menjaga imunitas tubuh di masa pandemi.

Mengenal Sistem Imunitas Tubuh

Sistem imunitas tubuh dapat dikatakan sebagai tameng yang menghalangi benda-benda asing masuk kedalam tubuh. Sebenarnya fungsi utama sistem imunitas tubuh ini yaitu untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyerang tubuh hingga menimbulkan berbagai penyakit kronis.

Kesehatan seseorang sangat bergantung pada daya tahan tubuhnya. Jika kekebalan tubuh Anda berfungsi dengan baik maka akan sulit bagi virus dan bakteri menembus sistem kekebalan tubuh Anda. Begitupun sebaliknya, jika kekebalan tubuh Anda tidak bekerja secara optimal makan virus dan kuman dapat dengan mudah menyerang tubuh Anda.

Sistem imun terbagi menjadi 3 tipe, yaitu:

  • Sistem imun adaptif,  imun ini biasanya terbentuk setelah mendapatkan vaksinasi sehingga sistem imun adaptif ini dapat membentuk antibodi yang bisa membedakan jenis-jenis patogen.
  • Sistem imun bawaan, sistem imun ini merupakan imun yang terbentuk sejak lahir dan merupakan garis pertama melawan patogen.
  • Sistem imun pasif, merupakan sistem imun yang terbentuk dari antibodi milik seseorang diberikan ke individu lainnya. Misalnya seperti imun yang didapatkan oleh bayi dari plasenta ibunya pada saat belum lahir dan dari air susu ibunya setelah lahir.

Umumnya setiap individu memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Namun, biasanya imun dapat bertambah kuat seiring dengan bertambahnya usia. Karena sistem imun biasanya akan berkembang secara otomatis ketika sering terpapar jenis patogen.

Fungsi Sistem Imunitas Tubuh

Ada berbagai fungsi sistem imunitas didalam tubuh. Berikut beberapa tugas penting sistem imun tubuh yang perlu Anda ketahui:

  • Fungsi utama yang mungkin sudah banyak diketahui yaitu sebagai proteksi tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit
  • Mendeteksi adanya jaringan sel yang abnormal dan mengeliminasinya keluar dari tubuh, serta menyingkirkan jaringan sel yang sudah tidak berfungsi baik karena rusak ataupun mati.
  • Menghancurkan sel kanker ataupun zat asing lainnya yang ingin masuk kedalam tubuh.

Tips Menjaga Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk menjaga imunitas tubuh terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Berikut ini tips cara menjaga imunitas tubuh yang dapat Anda lakukan di masa pandemi:

  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung banyak vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem daya tahan tubuh seperti vitamin A dan vitamin C. Kandungan antioksidan di dalam vitamin C berfungsi untuk melawan molekul-molekul lain yang merusak sel dalam tubuh. Sedangkan vitamin A berfungsi untuk merangsang sel darah putih atau  biasa disebut dengan leukosit.

  • Mengatur pola makan

Makanan menjadi sumber nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga perlu diperhatikan makan-makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya. Pastikan untuk memenuhi nutrisi harian Anda.

  • Berolahraga secara rutin

Olahraga dapat membantu imun tubuh menjadi lebih kuat. Meskipun perubahan tersebut tidak terlihat secara langsung, namun umumnya bagi orang yang secara rutin berolahraga imunnya bekerja lebih optimal sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Relaksasi

Pada dasarnya stres pasti pernah dialami setiap orang, rutinitas sehari-hari tentunya kadang membuat beban pikiran bertambah hingga mengalami kekhawatiran yang berlebih. Relaksasi menjadi hal yang harus Anda lakukan agar tetap positif dalam menjalani kehidupan. Menjalani hobi seperti melukis, bermain alat musik, atau sekedar berjalan-jalan santai bisa dijadikan pilihan untuk membuat tubuh rileks.

  • Beristirahat dengan cukup

Istirahat sangat diperlukan bagi tubuh, karena selama tidur biasanya tubuh akan meregenerasi otot dan jaringan kita sehingga dapat membuat otot-otot yang tadinya tegang menjadi rileks. Maka dari itu kekurangan istirahat bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Itu tadi penjelasan mengenai sistem imunitas tubuh dan juga bagaimana cara menjaga imunitas tubuh di masa pandemi. Walaupun sudah menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat, pastikan untuk tetap patuhi protokol kesehatan agar tetap terhindar dari paparan virus COVID-19, ya.

Comments

Trending

To Top