Advertorial

Manfaat Menggunakan Manajemen Kabel 1U di Rack Server  

Rack Server

Rack server merupakan sebuah rack yang difungsikan untuk menyimpan peralatan jaringan. Di samping itu sebagian besar rak diisi oleh kabel-kabel yang berhubungan satu sama lain. Untuk mengatur kabel terdapat sebuah alat manajemen kabel 1U agar semua kabel dapat tertata dengan rapi. Apa saja manfaatnya?

Jenis rack server terdiri dari berbagai jenis, untuk desainnya ada beberapa yaitu wallmount rack atau rack server gantung, open rack server dan closed rack. Sedangkan untuk ukuran rack server ada beberapa macam seperti rack server 12u, rack server 20u, rack server 42u dan lain sebagainya.

Yang membedakan dari semua jenis dan desainnya hanyalah kemudahan, seberapa besar kapasitas yang mampu menampung peralatan dan pastinya harga rack server yang berbeda-beda. Apapun bentuk dan jenisnya tetap saja kita akan dibuat lelah dengan kabel yang berantakan jika tidak ditata dengan rapi.

Bukan hanya itu, kabel yang berantakan akan membuat peralatan menjadi lebih cepat rusak. Apalagi harga rack server, bukanlah harga yang murah. Seperti harga rack server 42u yang berkisar 10 jutaan. Dengan harga rack server 42u yang segitu mahalnya pasti Anda akan sangat rugi bila terjadi kerusakan.

Manfaat Memasang Manajemen Kabel 1U di Rack Server

Bentuk dari pengelola kabel 1U ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak menggunakan banyak ruang di dalam rack server. Oleh karena itu menerapkan manajemen kabel 1U adalah cara yang tepat karena dapat membantu Anda menjaga kinerja jaringan khususnya membuat kabel tertata lebih rapi.

Biasanya manajemen kabel 1U ini diletakkan di antara panel saklar dan patch untuk memudahkan mengatur rak. Untuk hasil yang maksimal Anda membutuhkan beberapa produk manajemen kabel IU agar dapat menjangkau lebih banyak kabel.

Ada beberapa manfaat yang Anda bisa peroleh bila menerapkan manajemen kabel 1U di rack server Anda seperti :

  1. Memudahkan dalam mengatur kabel seperti kabel patch ethernet RJ45.
  2. Rack server lebih tertata rapi dan terlihat lebih profesional.
  3. Membuat rak terlihat lebih unik karena dapat didesain sesuai dengan keinginan.
  4. Kemudahan dalam penginstalan peralatan dan kabel di dalam rack.
  5. Beratnya yang cukup ringan sehingga tidak menambah beban rack server.
  6. Penginstalannya bisa dilakukan sendiri hanya dengan mengikuti pedoman yang ada, sehingga dapat menghemat biaya instalasi karena tidak perlu menggunakan jasa orang lain.
  7. Pelepasan kembali yang mudah dilakukan.
  8. Sebagian besar manajemen kabel 1U telah dilengkapi bulu nion yang mengelilingi kabel sehingga dapat mengurangi akumulasi debu di sekitar peralatan

Karena beberapa manfaat yang diberikan tersebut, mengatur kabel di dalam rack jadi lebih mudah dilakukan. Dengan peralatan serta kabel yang tertata rapi dapat menambah umur atau masa pakai rack server Anda.

Comments

Trending

To Top

Pin It on Pinterest

Share This

Yuk, Bagikan Artikel ini

Share this post with your friends!