Advertorial

Tips Melatih Anak Disiplin Selama Sistem Pembelajaran Daring

belajar online

Anak merupakan impian orangtua di seluruh dunia yang mengharapkan mereka tumbuh dan berkembang sebaik mungkin. Orangtua perlu memfasilitasi anak dengan usaha maksimal agar ia bisa mendapatkan pendidikan tinggi terbaik. Jika Anda merupakan tipe orangtua pekerja seperti saya, tidak ada salahnya mempertimbangkan layanan belajar online terbaik. Apalagi pada masa pandemi, sistem belajar tatap muka telah diganti pembelajaran daring guna menekan penyebaran virus corona. 

Cara Mengalihkan Perhatian Anak dari Ponsel

fitur ruang belajar

fitur ruang belajar

Sebagai generasi kekinian, anak memang tidak bisa lepas dari pengaruh ponsel. Hal ini pula yang saya rasakan selama melakukan aktivitas di rumah saja. Saya perlu ponsel untuk melakukan pekerjaan dari rumah, tetapi si kecil ngotot mau melihat video dari Youtube. Semakin lama masa belajar dari rumah, pengaruh ponsel sangat buruk untuk perkembangannya. Kedisiplinan mulai hilang sebab anak kehilangan rutinitas yang acap dilakukan setiap pagi sebelum pergi ke sekolah. 

Demi mengantisipasi anak tidak kecanduan ponsel, saya menerapkan tips berikut :

1.Membatasi waktu pemakaian

Hanya boleh memakai 1-2 jam sehari soalnya anak sudah ketagihan melihat video di ponsel, maka saya akan mengatasi kecanduannya secara pelan-pelan.

2.Memberi jadwal belajar

Belajar harus tetap dilakukan setelah mandi dan sarapan pagi meski kadang molor mulai pukul sembilan pagi, sih. Namun, anak tetap harus belajar didampingi tutor online yang saya temukan di Ruangguru. 

3.Konsisten dan memberi contoh 

Sewaktu senggang, saya berusaha menahan diri untuk tidak pegang ponsel sehingga anak-anak di rumah bisa mendapatkan teladan. Konsistensi orangtua sangat diperlukan agar anak bisa bebas dari gadget dan rajin belajar. 

Tentu anak boleh menggunakan kecanggihan teknologi sebagai sarana belajar yang baik. Setiap waktu luang, saya lebih senang mengajak anak belajar ribuan soal pilihan dari aplikasi Ruangguru, lho! Dengan fitur ruang belajar yang praktis, saya bisa mendampingi anak belajar lebih fleksibel. 

Apa saja kelebihan Ruang Belajar dari Ruangguru?

ruang belajar

ruang belajar

Sebagai orangtua yang galau dengan kebijakan daring, tapi cemas dengan penyebaran virus corona, saya sudah merasakan sendiri bagaimana keberadaan ruang belajar melatih anak disiplin belajar di rumah saja. Si kecil bisa mendapatkan ragam manfaat dan fitur menarik dari ruang belajar yaitu :

1.Bisa belajar kapan dan di mana saja

Ada puluhan ribu video materi dengan animasi yang mudah dipahami, apalagi anak SD seperti buah hati saya yang lebih mudah belajar dengan bantuan visual. 

2.Latihan soal pilihan

Ribuan soal-soal pilihan yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku bisa menjadi latihan anak selama di rumah. Toh, akses Ruangguru memberikan kemudahan dengan fitur bisa diunduh untuk latihan offline di rumah. Saat menemukan soal sulit pun, anak tidak akan panik sebab ia bisa langsung bertanya pada tutor online yang bisa diakses lewat WhatsApp saja.

3.Fitur premium lain 

Mau konsultasi langsung dengan Master Teacher, mendapatkan laporan rapor anak, penawaran diskon harga lebih murah, dan lain-lain. Ruang belajar untuk anak SD memberikan paket belajar tahunan cuma ratusan ribu, kok. Worth it dengan hasil belajar si kecil yang semakin bagus.

Saya sudah menggunakan ruang guru selama setahun terakhir untuk anak sejak ia duduk di bangku kelas 5 SD. Terbukti nilai yang ia dapatkan meningkat drastis meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah. Berdasarkan pengalaman anak sih, dia puas dengan layanan belajar  online terbaik di ruang guru yang lebih seru dan punya banyak teman dari berbagai daerah.

Kalian yakin tidak ingin mencoba memakai fitur-fitur menarik dari ruang guru? Saya sudah membuktikan kualitas pembelajaran dari ruang belajar di Ruangguru yang murah, tapi memberikan fasilitas tutor online terbaik. Anak tetap bisa belajar selama pandemi berlangsung tanpa harus ke luar rumah, kenapa tidak?

Comments

Trending

To Top