Featured

Tips Bekerja Aman Selama Pandemi Corona

Sebagaimana kita ketahui, beberapa kota di Indonesia saat ini sudah memasuki bulan ketiga dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai respon terhadap tanggap pandemi corona covid-19. Namun, kebijakan PSBB di beberapa daerah ini (termasuk DKI Jakarta) tidak serta merta mewajibkan seluruh karyawan dan pekerja untuk WFH, jadi masih ada beberapa orang yang harus keluar rumah untuk berangkat ke kantor seperti biasa.

Di sisi lain, perusahaan tercatat sudah diaanjurkan untuk melaksanakan protokol kesehatan sesuai ketentuan. Misalnya seperti memberlakukan shift kerja agar mengurangi kerumunan di tempat kerja, menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan, serta memberikan asukan nutrisi bagi para pekerja.

Nah, selain mencermati hal-hal di atas, kita sebaiknya juga lebih meningkatkan rasa waspada dengan mematuhi aturan serta kebijakan protokol kesehatan untuk membantu memutus rantai penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Berikut ini merupakan tips untuk menjaga kesehatan agar tetap aman ketika harus bekerja.

1. Wajib Memakai Masker

Sejak awal kemunculan virus corona covid-19 di mainland China. Petugas kesehatan dan paramedis yang bertugas langsung mengeluarkan anjuran untuk menggunakan masker sebagai langkah untuk mengantisipasi. Peran masker sangat penting dalam hal ini, pasalnya masker yang digunakan dengan benar bisa mencegah penyebaran virus yang terbawa dari droplet air liur ketika orang lain sedang berbicara.

Agar tetap nyaman ketika digunakan sehari-hari, Anda bisa memilih tipe masker standar yang pas dan sesuai dengan ukuran wajah. Kini pilihan masker sangat beragam di pasaran, terlebih lagi ketika WHO atau badan kesehatan dunia mengeluarkan hasil riset bahwa menggunakan masker kain juga bisa menangkal penyebaran virus corona.

2. Hindari Menggunakan Alat Makan Secara Bersamaan

Beberapa perusahaan umumnya menyediakan kantin dan pantri gratis untuk digunakan karyawan. Sementara alat-alat dapur seperti gelas, piring, hingga sendok dan garpu yang tersedia merupakan inventori kantor yang bisa digunakan bebas oleh semua tamu atau karyawan.

Di masa pandemi seperti saat ini, usahakan untuk menggunakan barang-barang keperluan makan secara pribadi. Jika kantor tidak mengakomodir hal ini, Anda bisa berinisiatif untuk membawa gelas atau sendok makan sendiri, toh kita semua juga sudah punya kan, mau di rumah ataupun di kostan.

3. Bekali Diri dengan Hand Sanitizer

Agar mudah dijangkau dan digunakan, sediakanlah hand sanitizer di meja kerja. Gunakan produk pembersih yang sudah memiliki merek terkenal dengan kandungan alkohol minimal 60 persen agar lebih efektif dalam membunuh kuman. Kendati demikian, Anda juga harus tetap rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir karena kuman yang terbunuh dengan hand sanitizer masih menempel di permukaan tangan.

4. Bersih-Bersih Saat Pulang Kerja

Usai menjalankan aktivitas di kantor selama seharian, maka Anda wajib melakukan protokol kesehatan dengan cara mengganti pakaian, mandi dan mencuci tangan. Menurut beberapa ahli, virus biasanya aktif dan menempel di permukaan kulit, rambut, atau pakain dapat bertahan dalam waktu beberapa jam, jadi untuk meminimalkan resiko masuk ke dalam tubuh Anda bisa segera melakukan anjuran sesuai anjuran menteri kesehatan, yakni mandi dan memisahkan baju kotor untuk kemudian dicuci atau dibersihkan.

5. Memperhatikan Akses Transportasi Pulang dan Pergi

Akses transportasi menjadi poin penting dalam masa tanggap pandemi. Pasalnya, di sini karyawan maupun pekerja yang datang akan bersinggungan dengan orang lain sehingga meningkatkan potensi penularan. Untuk meminimalisir hal ini, perusahaan bisa memberikan opsi anjuran untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyediakan layanan antar jemput karyawan.

TRAC adalah salah satu perusahaan logistik di Jakarta yang bisa diajak kerjasama untuk menyediakan layanan antar jemput karyawan. Terutama untuk karyawan perusahaan pada industri-industri yang masih menjalankan kebijakan WFO selama masa pandemi/PSBB (Contoh: Perbankan, Ekspedisi, PLN, Provider Internet, dll).

Untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19, maka bagi perusahaan yang masih memerlukan angkutan transportasi untuk karyawannya, TRAC menyediakan Shuttle yang sudah dilengkapi dengan standart klinis sesuai dengan anjuran WHO, adapaun yang kami lakukan adalah :

1. Melakukan penyemprotan disinfektan ke semua unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan.

2. Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang.

3. Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang.

4. Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang.

5. Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan.

6. Setiap driver yang bertugas diwajibkan menggunakan masker dan sarung tangan.

7. Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang.

Layanan Shuttle ini dapat bersifat harian maupun bulanan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk waktu antar jemput dan titik kumpul pun bisa menyesuaikan dengan permintaan dari pelanggan.

Demikianlah tips bekerja aman selama pandemi corona covid-19. Jangan lupa, untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun berada agar kita semua senantiasa tetap bisa berkarya.

Terima kasih

Comments

Trending

To Top