News

4 Tips Merawat Sepeda Gunung Agar Awet

tips merawat sepeda

Jika Anda memutuskan untuk memiliki sepeda, maka setidaknya Anda juga harus bisa merawatnya juga. Perawatan sepeda sangat penting dilakukan untuk menjaga agar fungsinya tetap optimal, apalagi untuk model sepeda gunung atau mountain bike yang setiap hari digunakan menerjang medan berlumpur.

Berikut ini merupakan tips cara merawat sepeda gunung agar lebih awet yang perlu Anda perhatikan.

1.Mencuci secara rutin

Tidak bisa dipungkiri lagi, mencuci sepeda secara rutin merupakan tips yang sangat ampuh untuk menjaga agar sepeda gunung tetap awet meski sudah berumur beberapa tahun. Kendati demikian, cara mencuci sepeda gunung sendiri tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada teknik-teknik khusus yang perlu diperhatikan, sabunnya pun sebaiknya menggunakan jenis khusus agar tidak merusak komponen.

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin mencuci sepeda gunung yakni terlebih dahulu melepaskan aksesoris seperti lampu, speedometer, kabel, dan lain sebagainya. Kemudian, gunakan alat pembersih atau lap yang lembut agar tidak merusak cat body. Ketiga, ketika masuk ke proses pembersihan rantai dan gir, gunakan lap basah yang sudah diberi sabun.

Selain itu, Anda harus memperhatikan pemakaian sabun untuk mencuci sepeda. Gunakan jenis sabun atau shampo dengan kadar PH rendah agar tidak merusak cat sepeda, hal ini juga untuk meminimalisir karat agar tidak muncul di body. 

Untuk membersihkan roda serta bagian jari-jari, sebaiknya Anda melepas roda belakang terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kotoran yang menempel bisa hilang dengan maksimal.

2.Memoles sepeda agar makin kinclong

Selain mencuci sepeda agar bersih dari kotoran, salah satu tips merawat sepeda gunung yang bisa dilakukan adalah dengan cara memberikan polesan ke bagian body serta part-part aksesoris lain.

Hal ini bertujuan untuk melindungi bagian cat body agar tidak cepat berkarat serta melakukan inspeksi jika ada kerusakan kecil di bagian tidak terlihat yang perlu diperbaiki. Adapun jika bagian body sepeda terlanjur berkarat Anda bisa menerapkan tips efektif menghilangkan karat pada sepeda di salah satu artikel dari Cleanipedia.

3.Pengecekan komponen secara berkala

Bagi para penghobi sepeda, melakukan pengecekan seringkali menjadi kebiasaan yang terlewat. Kondisi ini memang sangat wajar terjadi, terutama ketika pemilik sepeda memiliki kesibukan tinggi di weekdays dan hanya punya waktu beberapa jam selama weekend untuk bersepeda.

Pengecekan komponen secara berkala sendiri bertujuan agar sepeda tetap bisa digunakan secara optimal. Biasanya, bagian yang wajib dicek yakni di sistem pengereman, bagian gir atau rantai, serta kondisi tekanan ban.

Selebihnya, masing-masing pesepeda bisa melakukan pengecekan tergantung dengan aksesoris serta part tambahan yang dipasang di sepeda gunung. 

4.Mengganti part dengan onderdil asli

Pemilihan onderdil atau part komponen sepeda asli mungkin belum banyak diperhatikan oleh para pesepeda. Padahal komponen asli, OEM, dan palsu masing-masing memiliki perbedaan yang sangat signifikan ketika digunakan.

Agar sepeda gunung Anda semakin awet, sebaiknya perhatikan juga penggunaan komponen. Pilih bengkel yang hanya menggunakan onderdil asli sehingga tidak mengganggu kinerja sepeda yang sudah dirancang oleh perusahaan.

Adapun jika komponen yang dibutuhkan tidak tersedia di bengkel, solusinya Anda bisa melakukan order part yang dibutuhkan secara online kemudian baru minta tolong ke bengkel untuk memasangkan sesuai kebutuhan. 

Itulah beberapa tips dari kami terkait cara merawat sepeda gunung yang baik dan benar. Merawat sepeda memang susah-susah gampang, namun jika ingin sepeda semakin awet dan tahan lama setidaknya Anda bisa mengikuti tips di atas.

Comments

Trending

To Top