Website dan media sosial sudah menjadi bagian hidup sebagian besar masyarakat Indonesia dan jumlah penggunanya semakin hari terus mengalami peningkatan. Sehingga promosi bisnis lewat website dan media sosial merupakan suatu hal yang wajib jika kamu ingin bisnis berkembang dan memiliki semakin banyak konsumen.
Bagi kamu yang tertarik melakukan promosi bisnis lewat media digital, namun masih bingung bagaimana cara untuk memulainya, kamu bisa mulai dari menjalankan strategi pembuatan konten dan link building. Ada banyak marketplace backlink yang bisa kamu manfaatkan untuk beli backlink contextual berkualitas secara mudah dan cepat, selain itu banyak juga jasa penulis artikel SEO yang bisa dipilih.
Berikut ini adalah 5 tips promosi bisnis lewat website dan media sosial yang bisa membantu kamu.
Tips Promosi Bisnis Lewat Media Sosial
1.Menentukan Target yang Akan Dicapai
Pertama kamu harus menentukan target yang akan dicapai karena tanpa tujuan yang jelas susah sekali menentukan ke arah mana bisnis akan dibawa. Dengan memiliki target kamu bisa dengan mudah mengukur dan menilai apakah promosi yang dilakukan melalui sosial media berjalan sukses atau tidak. Buat target yang cukup menantang namun masih masuk akal untuk dicapai.
2.Membuat Konten yang Menarik
Pemilik bisnis harus selalu memiliki ide-ide kreatif dalam menyajikan konten agar mampu menarik perhatian para pengguna sosial media. Hal ini disebabkan karena konten marketing yang sudah ada di sosial media sangatlah banyak jumlahnya sehingga agar mampu menarik perhatian calon konsumen maka harus selalu memiliki konten-konten yang kreatif yang segar dan menonjol daripada para pesaing kamu.
3.Menerima Masukan dari Konsumen
Media sosial adalah platform yang memungkinkan para pelaku bisnis untuk bisa langsung berinteraksi dengan para konsumen. Jadi sosial media tidak hanya sebagai tempat untuk promosi produk saja akan tetapi juga bisa dijadikan kanal untuk menampung masukan dari konsumen.
Manfaatkan hal ini sebaik mungkin untuk memahami apa yang diinginkan oleh mereka agar kamu bisa menciptakan produk yang benar-benar sesuai kebutuhan dan mengerti keinginan konsumen. Dengan cara ini kamu juga bisa mendapatkan konsumen yang loyal.
4.Cross Promote
Ada berbagai macam sosial media yang bisa dipilih untuk mempromosikan bisnis. Bagi kamu yang menggunakan lebih dari satu platform media sosial, kamu bisa optimalisasi dengan cara cross promote. Cara ini adalah teknik mempromosikan akun sosmed satu ke akun sosmed lainnya.
Contohnya ketika kamu mempunyai akun YouTube, Instagram, dan Tik Tok setelah kamu mengupload video promosi ke Youtube kamu bisa langsung membagikan video tersebut melalui tombol share ke sosial media lainnya atau kalau perlu gunakan juga jasa influencer. Terlebih lagi saat ini akun sosial media memiliki tombol share yang memudahkan kamu untuk membagikan konten.
5.Membuat Kalender Konten
Sedikit pelaku usaha yang mengerti bahwa sosial media merupakan platform marketing mandiri. Mengelola akun sosial media untuk promosi tidak boleh asal posting jika kamu ingin membentuk komunitas customer yang loyal dan aktif.
Sebaiknya kamu memiliki jadwal posting konten ke sosial media secara konsisten dalam jumlah waktu tertentu. Kamu juga perlu merencanakan kapan konten diposting di platform medsos yang mana.
6.Membuat Konten Grafis
Usahakan untuk membuat konten grafis baik berupa foto maupun video. Banyak sekali eksperimen yang menunjukkan hasil bahwa konten digital yang telah dilengkapi dengan visual mampu menarik perhatian konsumen dengan lebih baik sehingga mampu meningkatkan engagement.
7.Membentuk Tim Pengelola
Saat bisnis mulai berkembang tentu kamu tidak bisa mengerjakan semuanya sendiri karena idealnya bisnis online bersifat responsif di setiap saat. Dengan memiliki tim khusus untuk mengelola sosial media maka bisnis akan berjalan lancar dan akun sosmed bisa selalu aktif untuk menerima pesanan ataupun masukan dari konsumen.
