Featured

Klasifikasi Kunyit, Tanaman Rempah yang Terkenal di Asia

klasifikasi kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang sangat terkenal di Asia. Biasanya tanaman ini dimanfaatkan untuk dijadikan bumbu rempah atau obat-obatan herbal. Berbagai olahan kunyit tentunya sangat berkhasiat bagi tubuh. Selain bisa digunakan untuk rempah, kunyit juga sering digunakan sebagai pengawet alami lho.

Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma domestica val ini termasuk ke dalam jenis jahe atau rempah yang kaya akan manfaat. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang klasifikasi kunyit, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Klasifikasi kunyit

Sama seperti tanaman herbal lainnya, kunyit juga memiliki beberapa klasifikasi yang harus diketahui. Selain digunakan sebagai pengetahuan, klasifikasi kunyit juga sangat bermanfaat bagi para pelajar, mahasiswa dan petani tanaman herbal. Nah, berikut beberapa klasifikasi tanaman kunyit:

  • Kingdom: Plantae
  • Sub kingdom: Tracheobionta (tanaman berpembuluh)
  • Kelas: Lillopsida (tanaman monokotil)
  • Sub kelas: Zingiberidae
  • Divisi: Magnoliopsida (tanaman berbunga)
  • Super divisi: Spermatophyta (tanaman berbiji)
  • Genus: Curcuma
  • Ordo: Zingiberales
  • Family: Zingiberaceae
  • Spesies: Curcuma longa.

Ciri-Ciri Morfologi Tanaman Kunyit

morfologi tanaman kunyit

morfologi tanaman kunyit

Kunyit merupakan tanaman parennial yang mempunyai daun berbentuk elips. Pada setiap tanaman terdapat 5-15 helai daun yang ukuran panjangnya mencapai 85 cm dan lebarnya mencapai 25 cm. Bagian pangkal daunnya berbentuk runcing dengan warna hijau tua serta bagian tepinya rata. Ciri morfologi pada kunyit selengkapnya yaitu sebagai berikut:

1.Bunga

Tanaman kunyit ini memiliki bunga yang munculnya dari rimpang dan terletak pada bagian batang. Sedangkan pada bagian ibu tangkai tanaman ini mempunyai rambut kasar yang tersusun secara rapat.

Nah, ketika kering tebal bunga kunyit ini memiliki ukuran panjang mencapai 4-8 mm dan lebar 2-5 mm. Bunga pada tanaman kunyit mempunyai bentuk yang majemuk dan pada bagian mahkotanya berwarna putih dengan dilapisi sisik dari pucuk batang.

2.Batang

Batang tanaman ini berwarna hijau dengan ukuran tinggi mencapai 70-100 cm mengarah lurus ke atas. Bagian atas batang berbentuk bulat dan bagian rimpangnya tersusun dari pelepah daun sedikit lunak. Pada bagian kulit luar rimpang berwarna jingga sedangkan bagian daging buah berwarna merah kekuningan.

3.Akar

Kunyit memiliki bau akar yang khas dengan rasa pedas dan pahit. Apabila akar tanaman kunyit ini dilarutkan dalam air maka air tersebut akan berwarna kuning. Fungsi akar ini yaitu sebagai rempah, penyedap rasa dan pewarna makanan alami. Bukan hanya itu saja, bagian yang satu ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah juga lho.

Manfaat Tanaman Kunyit

klasifikasi kunyit

klasifikasi kunyit

Tanaman yang satu ini ternyata kaya akan manfaat lho. Bukan hanya bisa digunakan sebagai pengawet alami dan obat herbal saja, tanaman ini juga memiliki manfaat lain bagi manusia. Manfaat kunyit tersebut diantaranya seperti:

  1. Membersihkan tubuh
  2. Mendinginkan badan
  3. Sebagai obat antiseptik dan gatal pada bagian tubuh
  4. Melepas gas yang berlebih di bagian usus
  5. Mencegah kepikunan atau alzheimer
  6. Menjaga kesehatan perut
  7. Mengobati diabetes dan arthritis
  8. Mengobati flu dan demam
  9. Menjaga kesehatan kulit dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk program diet.

Kunyit merupakan salah satu tanaman yang terkenal di benua Asia. Selain memiliki berbagai macam khasiat yang baik untuk tubuh, tanaman ini juga berfungsi sebagai pengawet alami. Tak heran jika banyak sekali masyarakat yang membudidayakan tanaman herbal yang satu ini.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai klasifikasi kunyit, kini Anda tidak perlu repot untuk menelitinya kembali saat akan melakukan budidaya tanaman ini. Semoga informasi di atas berguna bagi Anda para pelajar, mahasiswa atau petani yang sedang mencari tahu tentang tanaman kunyit.

Terima kasih

Comments

Trending

To Top