Advertorial

Ingin Punya Mobil? Ini Loh Biaya Perawatan Mobil Setahun

mobil

Memiliki impian untuk membeli mobil? Biaya punya mobil bukan hanya uang yang Anda kumpulkan untuk membeli tetapi juga perawatan setiap tahunnya. Sama seperti rumah, mobil juga membutuhkan perawatan rutin agar nyaman digunakan bertahun-tahun. 

Oleh karena itulah memiliki mobil membutuhkan persiapan yang tidak bisa dibilang sedikit. Anda harus memikirkan pembiayaan jangka panjang minimal untuk setahun ke depan. Apa saja biaya perawatan yang perlu diperhatikan itu? Yuk cek. 

5 Jenis Biaya Perawatan Mobil yang Wajib Dipenuhi 

biaya perawatan mobil

biaya perawatan mobil

Segudang manfaat memiliki mobil tentunya akan dirasakan Anda khususnya yang telah berkeluarga. Anda dan keluarga tidak perlu bingung akan panas ketika bepergian. Biaya transportasi yang harus dipertimbangkan saat wisata yang jauh pun akan terpangkas. 

Bahkan ada juga sebagian masyarakat yang menjadikan mobil sebagai sumber mata pencaharian seperti disewakan atau ojek online. Semua manfaat yang didapatkan dari alat transportasi roda empat ini pun harus diimbangi dengan perawatannya. 

Rencanakan keuangan Anda mulai dari sekarang dengan mengetahui apa saja biaya punya mobil selama setahun yang harus diperhatikan berikut ini. 

  • Biaya Bahan Bakar

Mobil tidak akan bekerja tanpa bahan bakar, oleh karena itu Anda harus memiliki biaya untuk bisa membelinya. Ditambah lagi jenis bbm yang digunakan tidak boleh sembarangan seperti beroktan rendah yang bisa merusak mesin mobil. 

Setidaknya Anda harus menggunakan bahan bakar seperti Pertamax yang oktannya cukup tinggi dengan harga 1 liternya Rp. 9.400. Apabila sehari Anda membutuhkan 3 liter dengan harga Rp. 28.200, maka sebulan perlu Rp. 846.000. Setahun Anda perlu 10 jutaan untuk bbm. 

  • Biaya Servis dan Tune Up 

Jika ingin mobil lebih awet Anda juga wajib melakukan servis secara berkala dan juga tune up. Apalagi jika mobilitas kendaraan cukup tinggi seperti digunakan setiap hari. Servis adalah kegiatan pengecekan oli, kondisi mesin dan perbaikan jika terdapat kerusakan. 

Waktu servis disesuaikan dengan jarak yang telah ditempuh biasanya mulai dari 10.000 km dan kelipatannya. Sekali servis bisa menghabiskan mulai dari 500 ribu. Sedangkan tune up adalah pengecekan performa mobil secara keseluruhan yang biasanya jauh lebih besar. 

Tune up mobil biasa dilakukan setahun sekali dengan biaya 1 juta lebih. Ada banyak penggantian suku cadang yang dilakukan saat tune up, oleh karena itu biayanya bisa lebih mahal. 

  • Biaya Perpanjangan STNK

Pajak kendaraan dibayarkan setiap tahun sekali dan hal ini juga wajib dilakukan. Tanpa perpanjangan STNK mobil Anda tentu akan merasa tidak nyaman mengendarainya. Denda jika Anda ketahuan belum memperpanjang pajak tentu sangat besar. 

Besar kecilnya pajak STNK mobil disesuaikan dengan cc dan tahun keluaran. Sebagai gambaran, Anda yang memiliki mobil jenis low MPV membutuhkan biaya 4 jutaan untuk pajak. Jika mobil yang Anda miliki mobil high MPV tentu lebih mahal bisa mencapai 7 juta lebih. 

Selain pajak tahunan, Anda juga harus mempersiapkan pajak lima tahunan yang biayanya bisa dua kali lipat pajak tahunan. Jadi akan lebih baik untuk mempersiapkan biayanya mulai dari pertama kali membeli mobil. 

  • Biaya Asuransi

Tidak ada yang lebih aman dari mengikuti asuransi bagi mobil kesayangan Anda. Asuransi kendaraan kini sangat membantu hampir semua pemilik mobil untuk menghadapi hari hujan. Biaya asuransi jumlahnya memang tidak terlalu besar tetapi harus tetap diperhitungkan. 

Saat ini ada begitu banyak jenis asuransi mobil yang bisa dipilih.  Ada asuransi all risk yang dapat menanggung segala jenis kerusakan baik itu ringan hingga berat. Khusus asuransi ini premi yang harus dibayarkan bisa mencapai 5 juta per tahun. 

Pilihan lainnya adalah asuransi Total Loss Only (TLO) yang akan menjamin resiko kehilangan karena pencurian atau kerusakan. Biaya dari asuransi ini bisa sebesar 1,4 juta per tahunnya.   

  • Biaya Cicilan Mobil

Pilihan membeli mobil dengan mencicil kini jadi jenis pembayaran yang cukup membantu masyarakat untuk bisa memiliki kendaraan dengan segera. Angsuran akan termasuk biaya perawatan kendaraan bagi Anda yang memilih membeli secara kredit. 

Hal ini juga yang jadi perhatian besar ketika hendak membeli mobil, karena daya beli harus disesuaikan dengan kantong. Kemampuan mengangsur bulanan ini harus Anda bandingkan dengan penghasilan jangan sampai jumlahnya mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari. 

Biasanya yang jadi pemikiran angsuran adalah bunga berlebih merugikan debitur. Namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi masalah cicilan ini. Selama memilih perusahaan leasing yang memberikan penawaran angsuran dengan bunga rendah tidak akan jadi masalah. 

Anda bisa mendapatkan mobil impian sekaligus memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Solusi dari angsuran bunga rendah ini bisa Anda dapatkan di Maybank Finance. 

Anda bisa mendapatkan layanan cicilan mobil dari Maybank Finance bahkan melalui aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store. Melalui aplikasi ini ada penawaran cashback 1 juta rupiah jika melakukan transaksi sekarang. 

Apabila Anda masih penasaran dengan simulasi kredit juga bisa langsung mengakses di website resmi maybankfinance.co.id. Pada simulasi kredit Anda tinggal memasukkan ingin membeli mobil baru atau bekas, harga mobil, uang muka, wilayah dan tambahan asuransi. 

Hadirnya Maybank Finance ini sangat menguntungkan Anda dalam mengelola keuangan untuk perawatan mobil tahunan. Bagaimana tidak, Maybank Finance menyediakan tenor sampai 7 tahun dengan bunga mulai dari 0%. 

Anda bisa mengikuti kredit kepemilikan mobil sejak dini dan merencanakan keuangan di masa depan jadi lebih baik. Semua perawatan mobil terpenuhi dan impian memiliki mobil pribadi pun tercapai. 

Comments

Trending

To Top