Advertorial

Mengenal Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Bayi

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sensitif serta memerlukan perhatian ekstra. Pertumbuhan gigi sendiri biasanya dimulai pada anak-anak usia 1 tahun, dan terus mengalami perkembangan sesuai fungsi serta kebutuhan usia berjalan.

Sebagai orang tua, memperhatikan tumbuh kembang anak memang menjadi satu hal yang menyenangkan sekaligus mendebarkan. Adapun pada momen pertumbuhan gigi sendiri menjadi semakin mendebarkan karena ada banyak fase yang perlu dilewatkan.

Nah, agar Anda lebih mengenal terkait pertumbuhan gigi pada anak, berikut merupakan rincian tahapan yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Tahapan Pertumbuhan Gigi Pada Bayi

 

Anak Usia 5-6 Bulan

Pada usia ini si buah hati mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi untuk pertama kali. Hal ini bisa Anda lihat melalui gejala pembengkakan pada gusi yang diiringi perubahan warna agak kemerahan.

Berdasarkan pengalaman pribadi, biasanya gigi yang tumbuh pertama kali adalah dua gigi seri di bagian depan rahang bawah. Sebagai informasi, buah hati biasanya akan sedikit lebih rewel dari sebelumnya karena merasa tidak nyaman. Dalam beberapa kasus, bayi juga sampai mengalami demam namun hal ini masih dalam batas kewajaran.

Anak Usia 7-12 Bulan

Guna menyeimbangkan pertumbuhan gigi depan ranah bawah, pada tahapan ini umumnya akan muncul gigi seri baru di bagian rahang atas. Pertumbuhan gigi seri ini juga kerap kali digunakan sebagai penanda bahwa si buah hati sudah siap untuk diberikan makanan pendamping asi atau mpasi.

Anak Usia 8-16 Bulan

Setelah pertumbuhan gigi seri di bagian depan rahang atas dan bawah cukup sempurna, gigi seri pendamping akan mulai muncul secara bersamaan pada usia ini. 

Anak Usia 13-19 Bulan

Momen ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu bagi orang tua, karena pada usia 13-19 bulan biasanya sang buah hati sudah mulai bisa mengunyah. Kemampuan mengunyah makanan tahap awal sendiri banyak dipengaruhi oleh tumbuhnya gigi geraham pada rahang bagian atas yang kemudian disusul oleh gigi geraham pada rahang bagian bawah.

Anak Usia 16-23 Bulan

Jika Anda bertanya-tanya terkait kapan waktu yang pas untuk mulai memberikan makanan padat dan berserta kepada buah hati, maka usia ini adalah jawabannya. Pada rentang waktu 16-23 bulan, umumnya bayi akan mulai menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan gigi taring. Adapun urutannya sendiri dimulai dari gigi taring pada ranah atas kemudian disusul dengan gigi taring di bagian bawah.

Anak Usia 23-33 Bulan

Pada usia 23-33 bulan, akan terjadi pertumbuhan gigi geraham yang kedua dimulai dari bagian rahang atas kemudian pada rahang bawah.

Anak Usia 2-3 Tahun

Tahapan pertumbuhan gigi biasanya akan lengkap pada usia ini. Buah hati sudah bisa mengunyah makanan dengan sempurna karena seluruh gigi sudah tumbuh sebanyak 20 buah.

Itulah tahapan pertumbuhan gigi pada bayi, mulai dari gigi seri, gigi geraham, gigi taring, dan seterusnya hingga semuanya tumbuh sempurna. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda.

Terima kasih

Comments

Trending

To Top

Pin It on Pinterest

Share This

Yuk, Bagikan Artikel ini

Share this post with your friends!