Advertorial

Tips Mengatasi Batuk dengan Bahan Herbal

Beberapa minggu terakhir cuaca di Jogja cukup kontras, terik panas di siang hari kemudian suhu berubah menjadi sangat dingin ketika menjelang malam hari. Fenomena ini memang bisa dibilang sangat wajar, terutama jika kita menlihat pergerakan matahari yang pada bulan-bulan ini sedang berada di utara garis khatulistiwa atau menjauh dari posisi Kota Yogyakarta di selatan garis khatulistiwa.

Perubahan suhu yang relatif kontras tentu bisa mempengaruhi mood kerja, apalagi jika kantor masih mewajibkan karyawan untuk masuk seperti biasa. Alhasil, bagi sebagian orang hal ini bisa menurunkan imunitas sehingga mudah terserang penyakit musiman seperti flu, batuk, hingga demam.

Batuk pilek merupakan tipe penyakit yang tidak hanya menyerang pada orang dewasa, tapi juga bisa menimpa anak-anak yang memiliki ketahanan tubuh rendah. Cuaca dingin yang sering terjadi di malam hari juga menjadi salah satu Penyebab Batuk, terutama batuk kering dengan dahak bening yang bisa bertahan selama beberapa hari.

Penyakit ringan seperti ini biasanya memang bisa sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Meski begitu, masyarakat di Indonesia pada umumnya kerap kali memanfaatkan ramuan herbal atau empon-empon untuk meredakan batuk agar tidak semakin parah.

Sebagaimana kita ketahui, pada dasarnya batuk sendiri menjadi indikasi bahwa tubuh kita sedang berusaha untuk melawan adanya iritasi, virus, atau benda asing yang dibawa dari lingkungan sekitar. Agar lebih jelas, berikut merupakan beberapa penyebab batuk lengkap dengan tips mengatasinya.

 

  1. Sinusitis / Alergi

Alergi menjadi salah satu penyebab batuk yang sering terjadi. Tanda-tanda yang disebabkan oleh hal ini bisa dilihat dari adanya tenggorokan gatal, ruam, mata berair, dan lain sebagainya.

 

  1. Adanya Infeksi

Infeksi biasanya disebabkan oleh adanya bakteri atau virus yang masuk kedalam tubuh. Ada beberapa tingkat infeksi yang bisa dibedakan mulai dari tingkat rendah, sedang, hingga berbahaya. Untuk menghindari infeksi, salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah rajin menjaga kebersihan diri.

Di era pandemi virus covid-19 seperti saat ini, kita bisa mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat di antaranya melalui rajin cuci tangan, menggunakan masker ketika berpergian, serta menghindari kontak langsung dengan orang lain.

 

  1. Asma

Selain disebabkan oleh beberapa faktor di atas, penyebab batuk juga bisa ditimbulkan akibat adanya riwayat penyakit asma yang sudah diderita. Untuk menghindari hal ini, penderita asma bisa menggunakan selimut serta pakaian yang lebih hangat di malam hari, menghindari aktivitas fisik yang berlebihan, serta meminimalisir berada di tempat berpolusi atau berasap.

 

 

Cara Mengatasi Batuk

Biasanya, penyebab batuk yang dipicu oleh virus akan reda sendiri dalam beberapa hari meski tidak diberikan perawatan. Kendati demikian, kondisi tersebut tentu bakal membuat penderita merasa kurang nyaman, apalagi ketika harus menjalankan aktivitas normal.

Lantas, bagaimana sih tips cara mengatasi batuk yang efektif?

  1. Mengkonsumsi madu

Perlu diketahui, madu murni memiliki kandungan antibakteri yang bagus untuk tubuh. Zat ini tentunya bakal memudahkan tubuh dalam melakukan detoks infeksi di saluran pernafasan maupun tenggorokan, sehingga rasa sakit akibat batuk secara terus-menerus bisa sedikit berkurang.

 

2.Banyak minum

Mengkonsumsi banyak cairan ketika sedang batuk adalah kunci agar kerongkongan tidak cepat kering. Usahakan untuk selalu minum air putih atau teh hangat agar tubuh tidak dehidrasi, namun jangan sekali-kali mengkonsumsi soda atau minuman kemasan karena minuman tersebut mengandung bahan kimia yang bisa bereaksi ketika melewati tenggorokan.

Itulah pembahasan mengenai penyebab batuk dan tips cara mengatasinya. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Comments

Trending

To Top